Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2, Ponsel Tizen Pertama di Indonesia

Penjelasan lengkap kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 OS Tizen.

Liputan6.com, Jakarta Samsung Z2 merupakan salah satu produk Samsung yang mengusung OS Tizen. Pertama kali di risil pada bulan Agustus tahun 2016. Tak bisa dipungkiri, jaringan 4G sudah tersedia di Samsung Z2 ini. Selain jaringan, masih ada kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 yang perlu diketahui. 

Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 ini terbilang cukup seimbang. Tentu saja setara dengan harga terjangkau yang ditawarkannya. Samsung Z2 ini dibandrol dengan harga Rp 700.000 sampai Rp 900.000 saja. Murah sekali dan cukup mumpuni.

Samsung Z2 menggunakan OS Tizen yang dikembangannya sendiri oleh Samsung. OS ini baru pertama kali dirilis pada tahun 2016 lalu dan cukup menggemparkan industri teknologi. Samsung pun mengatakan bahwa OS Tizen dan Android akan tetap menjadi bagian dari masa depan. Tentu saja terlepas dari kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 yang masih harus dikembangkan lagi.

Berikut Liputan6.com ulas kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 dari berbagai sumber, Kamis (8/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Samsung Z2 OS Tizen

Vendor gadget Samsung Indonesia memasarkan smartphone dengan OS yang dikembangkan sendiri, Tizen. Samsung Z2 menjadi smartphone pertama di Indonesia yang membawa OS Tizen dengan harga terjangkau

Samsung Z2 merupakan entry level smartphone. Karena itu, smartphone pertama di Indonesia dengan OS Tizen ini menyasar pengguna featurephone, yang ingin beralih ke smartphone. Apalagi jumlah pengguna featurephone di Indonesia masih tinggi.

Presiden Samsung Electronics Indonesia, meyakini OS Tizen adalah bagian dari masa depan perangkat teknologi, yang mana konektivitas antar perangat akan menjadi kebutuhan bagi para pengguna teknologi.

OS Tizen akan dikembangkan lebih banyak dan menjadi prioritas Samsung di masa mendatang, baik dari sisi hardware maupun software yang dimiliki Samsung sendiri. Meski begitu, OS Android juga tetap ditawarkan oleh Samsung. Konsumenlah yang nantinya berhak membandingkan dan memilihnya terlepas dari kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 ini.

3 dari 6 halaman

Spesifikasi Samsung Z2

Spesifikasi ini akan mempermudah pemaparan kelebihan dan kekurangan Samsung Z2. Terlihat berapa besar inci layarnya, chipset yang digunakan, versi OS-nya, RAM, bobot, dan masih banyak lagi lainnya. Samsung Z2 merupakan smartphone 4G Tizen pertama yang Samsung rilis di Indonesia. Kini harganya berkisar Rp 700.000 sampai Rp 900.000 saja.

Berikut spesifikasi Samsung Z2:

Layar: 4.0 inci 480 x 800 piksel

OS: Tizen OS, v2.4

Chipset: Spreadtrum SC9830

CPU: Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7

GPU: Mali-400MP2

RAM: 1 GB

Memori internal: 8 GB

Kamera: Depan VGA f/2.4, Belakang 5 MP f/2.2 flash LED

Konektor: jack audio 3.5 mm, microUSB v2.0

Dimensi: 121.5 x 63 x 10.8 mm

Bobot: 127 g

SIM: Dual SIM GSM (Micro-SIM, dual stand-by)

Waktu bicara: hingga 8 jam (3G)

Warna: Emas, Hitam, dan Merah

4 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2

Desain

Kelebihan Samsung Z2 ini cukup memukau dengan desain compact dan tampilan yang cukup kece dengan dimensi 121.5 x 63 x 10.8 mm. Samsung Galaxy Z2 hadir dengan layar 3.97 inchi. Ukuran ini merupakan salah satu kelebihan Samsung Z2 yang membuatnya nyaman digunakan dan dioperasikan menggunakan satu tangan.

Kekurangan Samsung Z2 pada bagian layarnya adalah masih menggunakan teknologi TFT dengan resolusi yang masih kecil yakni hanya 480 x800 piksel dengan kerapatan ~ 233ppi. Teknologi dan resolusi tersebut tidak cukup baik mengingat hampir semua smartphone low end sudah menggunakan IPS dan layar yang lebih besar.

Dapur Pacu

Kelebihan Samsung Z2 disokong Chipset Spreadtrum SC9830 Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7, GPU Mali-400MP2. Kombinasi tersebut menghasilkan kinerja yang cukup cepat dan responsif. Samsung membekali ponsel ini dengan sistem operasi tizen os yang didalamnya sudah tersedia aneka macam tema menarik buat mempercantik user interface.

Selain itu, tizen os juga praktis dioperasikan menggunakan tampilan antarmuka tidak tidak sama jauh dengan smartphone samsung yg mengadopsi sistem operasi android. Jenis OS Tizen ini memiliki kualitas hampir sama dengan OS Android v5.1 Lollipop. 

Kekurangan Samsung Z2 dari efek menggunakan sistem operasi tersebut adalah aplikasi yang bisa diunduh terbatas dan cenderung sedikit sekali. Ekosistem software serta game sistem operasi tizen os memang kalah telak dibandingkan android ataupun ios, Samsung menyebut tizen store hanya mempunyai 6500 software. 

5 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2

Konetivitas

Kecepatan download 150 mbps serta upload 50 mbps, sehingga mampu memanjakan sobat saat browsing, streaming, ataupun bermain game online dengan koneksi internet yang lancar serta pastinya sangat cepat.

Masih soal konektivitas, Samsung Z2 juga memiliki fitur Dual DIM stanby yang keduanya bisa aktif bersamaan. Sehingga bisa mempermudah akses komunikasi 2 arah melalui telepon ataupun sms.

Kekurangan Samsung Z2 pada sektor ini adalah tidak adanya fitur LED Notifikasi, yang digunakan sebagai penanda kala ada pesan masuk. Namun, kekurangan Samsung Z2 ini bukan hal yang krusial.

Baterai

Kekurangan Samsung Z2 pada sektor daya adalah, kapasitas baterai smartphonenya tergolong kecil, yakni hanya 1.500 mAh. Kapasitas tersebut, membuat posel ini hanya memiliki waktu bicara selama 8 jam (3g) dan bisa digunakan memutar musik selama 30 jam. 

Tentu saja baterai ini sudah lumayan jika dilihat dari fitur pendukung yang dimilikinya. Jika dibandingkan dengan ponsel keluaran terbaru Samsung memang jauh sekali. Meski begitu, pengguna yang cocok memilikinya adalah orang tua.

Tentu saja yang tidak memiliki kebutuhan bermain games dan bersosial media berjam-jam. Ponsel ini sudah cukup mumpuni jika dibandingkan dengan ponsel barengannya. Apalagi harganya sangat terjangkau.

6 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2

Kamera

Kamera depan ponsel ini hanya menggunakan VGA. Ini merupakan salah satu kekurangan Samsung Z2 yang tak bisa diabaikan jika Anda adalah orang yang doyan selfie. Pasalnya, dengan spesifikasi tersebut, bisa dibilang Samsung Z2 kurang mumpuni jika dipakai berfoto selfie.

Kelebihan Samsung Z2 dari sektor fotografi adalah kamera belakangnya sudah memiliki resolusi 5MP dengan aperture f/2.2. Kamera belakang tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash sehingga bisa digunakan untuk mengambil gambar di kondisi yang minim cahaya. 

Kekurangan Samsung Z2 juga masih ditemukan pada kamera belakang tersebut. Kamera belakang pada ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur autofocus sehingga kurang maksimal untuk memotret objek yang bergerak.

Fitur Pendukung

Kelebihan Samsung Z2 telah dibekali teknologi VoLTE (Voice over LTE), yang memungkinkan Anda melakukan panggilan suara dengan kualitas audio dan video call yang lebih baik dan lancar. Panggilan telepon super jernih tersebut menggunakan koneksi data LTE.

Kamera depan VGA yang dimilikinya sudah cukup mumpuni untuk video call. Begitu juga dengan kamera belakangnya yang dengan harga terjangkau sudah dilengkapi 5 MP. Samsung Z2 pun sudah menggunakan Prosesor Spreadtrum SC9830 dan processor Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 yang kinerjanya cukup cepat dan responsif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.