Sukses

7 Kekurangan Windows 10 dan Kelebihannya, Ketahui Sebelum Instal

Windows 10 punya kelebihan dan kekurangan sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Kekurangan Windows 10 bisa jadi bahan pertimbangan apakah kamu harus beralih ke sistem operasi ini atau tidak. Windows 10 merupakan sistem operasi baru yang dimiliki oleh Windows. Meski kini sudah mulai muncul Windows 11, Windows 10 masih banyak digunakan dalam sebagian besar perangkat Windows teranyar.

Sejak kali pertama perilisannya, Windows 10 langsung punya banyak peminat. Namun, hingga kini masih banyak orang yang belum memperbarui sistem operasinya menjadi Windows 10. Ini bisa jadi mereka mencoba mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Windows 10.

Sebelum memasangnya, memang penting mengetahui kelebihan dan kekurangan Windows 10. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Windows 10, kamu bisa tahu apakah kamu perlu memperbarui sistem Windowsmu. Mengetahui kekurangan Windows 10 juga bisa membuatmu mengetahui bagaimana harus mengatasinya.

Meski ada kekurangan Windows 10, kelebihan juga bisa dirasakan pengguna sistem operasi ini. Berikut kekurangan Windows 10 dan kelebihannya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (8/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Update belum sepenuhnya rampung

Bagi kamu pengguna Windows 10 yang tidak selalu terhubung dengan internet kondisi ini akan cukup menyulitkan. Pasalnya, masih banyaknya update Windows 10 yang belum dirampungkan oleh Microsoft.

Berbeda dengan sistem operasi Windows sebelumnya yang tercatat melakukan update beberapa tahun sekali, jadwal update Windows 10 ini dianggap tidak terjadwal. Program yang belum utuh ini juga membuat Windows 10 masih belum memiliki performa yang maksimal.

3 dari 9 halaman

Terlalu sering update

Demi menghadirkan sistem operasi yang canggih, Microsoft secara rutin meluncurkan pembaruan untuk Windows 10. Namun, dibanding Windows sebelumnya, Windows 10 lebih sering mengalami pembaruan atau update.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pembaruan pada sistem operasi Windows 10 masih belum sempurna. Dengan kondisi seperti ini, pembaruan Windows 10 akan sering muncul tiba-tiba.

Pengguna yang tidak terhubung internet akan kewalahan saat menggunakan Windows 10. Menengok kekurangan Windows 10 ini, sistem operasi tersebut tidak direkomendasikan untuk kamu yang tidak memiliki koneksi internet setiap saat.

4 dari 9 halaman

Sulit dioperasikan

Pengguna komputer biasanya tidak memandang usia. Banyak penggunanya yang hanya seorang anak-anak, ataupun orang dewasa yang baru memulai mengoperasikan komputer. Oleh karena itu dibutuhkan sistem operasi yang ramah untuk semua kalangan.

Sayangnya, kekurangan Windows 10 adalah disinyalir sulit dioperasikan karena sistem operasi ini kurang sesuai untuk orang-orang awam. Windows 10 dinilai cukup rumit untuk digunakan jika belum terbiasa.

5 dari 9 halaman

Aplikasi yang tersedia masih sedikit

Kekurangan Windows 10 lainnya adalah aplikasi yang terdapat dalam store terhitung tidak banyak. Kebanyakan aplikasi yang ada di Windows store merupakan aplikasi UWP.

Adanya aplikasi UWP ini memungkinkan penggunanya untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan serta semua program dapat dijalankan di semua tampilan layar.

6 dari 9 halaman

Tidak adanya Windows Media Center dan aplikasi tertentu

Salah satu perubahan paling aneh yang dibuat Windows 10 adalah menghilangkan Windows Media Center. Meskipun hal ini mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian orang, mereka yang menggunakan program untuk mengakses konten multimedia mereka harus menemukan cara baru untuk melakukannya.

Selain itu, tidak ada pemutar DVD standar yang tersedia setelah proses instalasi. Juga Windows Photo Viewer dihapus dalam versi ini. Namun ini bisa disiasati dengan pengganti seperti VLC yang dapat diunduh dengan mud

7 dari 9 halaman

Kompatibilitas software dan hardware

Masalah dengan kompatibilitas perangkat lunak dan perangkat keras dapat menjadi kekurangan Windows 10. Beberapa program atau game lama mungkin tidak lagi berfungsi pada sistem operasi terbaru dari Microsoft ini.

Microsoft memiliki persyaratan sistem hardware dan sofrware minimum dan yang direkomendasikan secara online. Jadi sebelum memasang Windows 10, pastikan mengecek kompatibilitas Windows 10 dengan perangkat dan sofrware yang biasa kamu gunakan.

8 dari 9 halaman

Boros pemakaian data internet

Kekurangan windows 10 yang terakhir adalah borosnya pemakaian data internet. Karena pembaruan yang tidak sempurna, Windows 10 memiliki masalah lain. Sistem akan sering mengunduh pembaruan yang berujung penggunaan data internet yang tinggi.

Pengguna bisa dengan cepat kehabisan kuota internet untuk melakukan pembaruan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini karena Windows 10 terus mencoba mencari celah keamanan yang perlu diatasi, bug, dan performa yang tidak stabil.

9 dari 9 halaman

Kelebihan Windows 10

Sistem operasi yang lebih ringan dan lebih cepat

Keuntungan penting dari Windows 10 adalah peningkatan kecepatan sistem operasi. Windows 10 tidak hanya terlihat lebih modern, tetapi juga berfungsi lebih cepat daripada versi Windows yang lebih lama. Sistem operasi lebih efisien dan oleh karena itu membutuhkan lebih sedikit daya pemrosesan dari perangkat keras. Waktu start-up, waktu untuk memuat aplikasi dan konsumsi baterai pada laptop semuanya telah meningkat dibandingkan dengan Windows 8 dan iterasi sebelumnya.

Fitur modern

Salah satu kelebihan Windows 10 adalah fitur modernnya yang disesuaikan dengan trend masa kini. Fitur andalan Windows 10 adalah OneDrive yang memungkinkan program sinkronisasi data dengan cloud. Pengaturan Windows 10 ini terus tersinkronisasi antar perangkat. Kelebihan fitur Windows 10 yang satu ini adalah konsep always sync yang sangat memudahkan untuk diakses pengguna.

Cocok untuk main game

Bagi para gamer, sepertinya meng-upgrade komputer kalian ke Windows 10 akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, Windows 10 disebut dirancang untuk penggemar game. Kelebihan Windows 10 dilengkapi dengan DirectX 12 yang sudah powerful dan teroptimasi untuk hardware saat ini.

Lebih aman

Kelebihan Windows 10 lainnya adalah sistem kemanaan yang lebih canggih. Hal ini karena adanya fitur Windows Hello, sistem operasi terbaru ini menyuguhkan fingerprint atau retina scanner guna mengamankan privasi penggunanya. Ditambah lagi, Windows 10 bisa dibuka menggunakan fingerprint smartphone Samsung.

Sistem keamanan lainnya yang tidak kalah hebatnya adalah Windows Defender. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan virus dan malware yang mungkin menyerang.

Antarmuka yang lebih baik

Salah satu keluhan paling umum tentang Windows 8 adalah antarmuka tile-nya. Windows 10 menempatkan menu Start kembali di tempatnya dan mengintegrasikan antarmuka tile jauh lebih efektif ke dalam desain keseluruhan.

Browser Internet yang Lebih Baik

Windows 10 menggunakan Microsoft Edge sebagai browser bawaannya. Hebatnya, Edge berdiri berhadapan dengan Chrome dan Firefox di atas tumpukan browser, menawarkan desain yang cepat dan elegan yang mencakup fitur praktis.

Kontrol penuh atas Windows 10

Pusat Kontrol Windows 10 telah diperbarui. Cara mengaktifkan dan menonaktifkan aplikasi sangat disederhanakan di Windows 10 dibandingkan dengan sistem operasi lama. Ini memungkinkan kamu untuk memutuskan sendiri program mana yang dimulai secara otomatis saat komputer dihidupkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini