Sukses

10 Makanan yang Aman Dikonsumsi Setelah Pasang Kawat Gigi, Ketahui Pantangannya

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang aman dikonsumsi saat baru pakai kawat gigi penting untuk diperhatikan oleh seseorang yang kini tengah memakai kawat gigi. Penggunaan kawat gigi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan mulut, terutama saat baru dipasang. Salah satunya sariawan.

Saat memakai kawat gigi atau behel, gigi belum bisa menerima makanan bertekstur keras lantaran bisa menyebabkan ngilu. Makanan yang lembut dan mudah dikunyah merupakan makanan yang cocok untuk kamu konsumsi saat pakai kawat gigi. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui makanan yang aman dikonsumsi saat baru pakai kawat gigi.

Tentunya dibutuhkan waktu beberapa minggu untuk daerah sekitar mulut bisa beradaptasi terhadap rasa sakit dan tekanan pada gusi dan gigi. Saat baru memakai kawat gigi, kamu harus lebih selektif memilih makanan yang aman dikonsumsi saat baru pakai kawat gigi. Jika tidak, dapat menyebabkan makanan tersangkut di kawat gigi dan menyebabkan rasa sakit.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang makanan yang aman dikonsumsi saat baru pakai kawat gigi, Kamis (8/10/2020).

2 dari 4 halaman

Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Baru Pakai Kawat Gigi

Makanan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan ketika memakai kawat gigi. Pasalnya, jika salah memilih makanan maka menyebabkan gigi terasa ngilu. Untuk mengatasinya, kamu harus lebih selektif memilih makanan.

1. Bubur

Jenis makanan pertama yang bisa kamu konsumsi saat baru memasang kawat gigi adalah bubur. Bubur memiliki tekstur yang lembut, sehingga bisa memudahkan kamu untuk mengunyahnya. Ada banyak jenis olahan bubur yang bisa kamu konsumsi, seperti bubur ayam, bubur kacang hijau, atau bubur sumsum. Jadi, kamu tidak akan cepat bosan dengan menu yang itu-itu saja.

2. Yogurt

Yogurt merupakan jenis makanan yang juga aman dikonsumsi saat kamu baru memakai kawat gigi. Kamu bisa mengonsumsi yogurt saat sarapan. Biasanya, lantaran gigi terasa ngilu, seseorang memilih untuk tidak sarapan daripada harus menahan rasa sakit. Namun yogurt bisa dijadikan pilihan untuk menu sarapan kamu saat baru memasang behel.

Tekstur yogurt yang kental dan lembut membuat kamu tidak perlu mengunyahnya, sehingga menghindari gusi sakit. Yogurt juga merupakan sumber protein yang sangat baik dan dapat mengganjal rasa lapar lebih lama. Jangan lupa menyikat gigi setelah makan yogurt untuk menghindari sisa gula dan melindungi kesehatan gigi Anda.

3. Pisang

Pisang adalah makanan yang cocok untuk kamu yang baru pasang behel. Pisang memiliki tekstur yang empuk dan lembut, jadi gusi dan gigi tidak terasa ngilu saat mengunyahnya. Kamu dapat memilih jenis pisang apapun seperti pisang susu, pisang mas, atau pisang cavendish yang sudah matang.

Selain enak, manfaat pisang adalah sebagai sumber energi yang baik, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem kerja otak, dll. Pisang juga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Jadi, kamu apat tetap makan enak dan sehat tanpa ngilu gusi.

4. Agar-agar

Selain teksturnya lembut, agar-agar juga bisa dijadikan menu sampingan kamu saat baru memasang behel. Rasa manis dari agar-agar juga tentunya menambah semangat dan mood kamu walaupun tengah merasakan ngilu lantaran baru memasang kawat gigi.

Dengan mengonsumsi agar-agar yang memiliki tekstur lembut, kamu tak perlu mengunyah agar-agar terlalu lama. Selain aman dikonsumsi saat baru memakai kawta gigi, agar-agar juag mengenyangkan dan memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan.

5. Aneka Jus

Meski sulit mengonsumsi makanan, kamu tetap perlu menjaga kesehatan tubuh dengan memperhatikan asupan nutrisinya, termasuk vitamin dan mineral. Nah, dua nutrisi ini bisa kamu dapatkan dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Pilihlah buah yang tak terlalu keras agar kamu tidak susah mengunyah, seperti semangka, alpukat, pisang, atau mangga. Selain langsung dimakan, buah-buahan juga bisa kamu nikmati dalam bentuk jus.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Baru Pakai Kawat Gigi

6. Mashed Potato

Makanan yang aman selanjutnya yang bisa kamu konsumsi saat baru pasang behel adalah mashed potato. Makanan rebus satu ini cocok untuk kamu yang giginya terasa ngilu lantaran memakai behel. Mashed potato juga mudah diolah dan memiliki banyak manfaat.

Mashed potato adalah olahan kentang rebus yang ditumbuk dan dicampur keju. Mashed potato memiliki tekstur yang creamy dan sangat lembut, sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika gusi, gigi, atau rahang sedang sakit. Mashed potato juga lebih sehat dan nikmat daripada kentang goreng. Manfaat mashed potato adalah sebagai sumber karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhan energi harian kamu.

7. Scrambled Egg

Scrambled egg atau telur-orak arik adalah makanan yang cocok untuk yang baru pasang behel. Telur orak arik memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah dikunyah. Selain itu, telur orak-arik juga mudah dibuat dan cocok kamu makan di waktu kapan saja. Kamu juga dapat memasak telur dalam olahan lainnya seperti telur dadar, telur ceplok, atau telur rebus. Semua bentuk olahan telur bertekstur lembut dan tidak akan membuat gigi dan gusi sakit saat memakai behel.

8. Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis makanan selanjutnya yang bisa kamu konsumsi saat baru pasang behel. Selain yogurt, oatmeal juga bisa dijadikan menu sarapan kamu. Oatmeal adalah makanan yang penuh dengan vitamin, mineral, nutrisi, dan kandungan antioksidan. Oatmeal juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol, menyeimbangkan kadar gula darah, menjaga kesehatan pencernaan, dll.

9. Sayuran

Walaupun baru memasang behel, kamu juga harus memenuhi asupan nutrisi kamu dengan sayuran yang sehat. Saat memasang behel, kamu harus lebih menjaga kesehatan kamu.

Kamu dianjurkan makan berbagai jenis sayuran yang sudah dimasak sampai teksturnya lunak, sehingga mudah dikunyah. Kamu dapat mengolahnya dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus selembut mungkin. Rekomendasi sayuran yang paling cocok adalah wortel, brokoli, zucchini, bayam, labu, dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya.

10. Ikan dan Sup Ayam

Saat memakai kawat gigi, kamu juga tetap bisa mengonsumsi ikan. Kamu bisa memiilih jenis ikan yang tidak berduri banyak atau ikan fillet seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan gurame, dan lain-lain. Kamu dapat mengolahnya dengan cara direbus, digoreng, dikukus, dipanggang, atau olahan sayur ikan lainnya. Selain mudah ditelan untuk orang yang baru pakai behel, ikan mempunyai banyak manfaat.

Sup ayam juga merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi saat baru memasang behel. Kandungan sup ayam yang terdiri dari protein, vitamin, dan mineral dapat membantu mempercepat proses pemulihan gusi dan mulut. Kamu dapat mengonsumsi sup ayam dengan roti atau biskuit yang direndam cukup lama agar teksturnya lembut dan mudah dimakan. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menambahkan kandungan karbohidrat dalam asupan kamu.

4 dari 4 halaman

Pantangan Makanan saat Pakai Kawat Gigi

Selain mengetahui makanan yang aman dikonsumsi saat baru memasang kawat gigi, kamu juga harus memperhatikan pantangan makanan saat pakai kawat gigi. Walaupun rasa ngilu sudah berkurang, namun kamu harus tetap selektif memilih makanan.

1. Makanan Kenyal dan Lengket

Makanan kenyal dan lengket dapat menyangkut di antara celah behel, hal tersebut membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan. Jika kondisi ini dibiarkan terus-terusan, akan menjadi tempat yang ideal untuk bakteri di dalam mulut berkembang biak. Bukan hanya merusak kawat behel, hal ini tentu juga dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Oleh sebab itu, selama pakai behel, berusahalah menahan keinginan untuk makan permen, permen karet, cokelat, dan makanan lain yang bertekstur kenyal dan lengket.

2. Makanan Keras

Selain makanan kenyal dan lengket, makanan keras juga menjadi pantangan kamu ketika memakai behel. Selama menjalani perawatan gigi ini, penting untuk menghindari segala jenis makanan yang keras. Termasuk buah dan sayur yang punya tekstur keras. Hal ini karena makanan yang keras dapat membuat kawat behel gigi bengkok atau bahkan patah.

Meski harus menghindari makanan keras, bukan berarti jadi tidak makan buah dan sayur sama sekali. Kamu dapat memotong buah dan sayur menjadi beberapa bagian kecil lalu dikukus hingga teksturnya jadi lebih lunak.

Hindari pula mengonsumsi makanan yang punya ukuran kecil, seperti biji-bijian atau kacang-kacangan. Pasalnya, makanan yang berukuran sangat kecil rentan untuk terselip di celah behel. 

3. Makanan Berserat Kasar

Makanan yang memiliki serat kasar seperti daging merah juga harus dihindari ketika pakai kawat gigi. Tak hanya sulit dikunyah, serat daging merah juga rentan terselip di celah kawat gigi maupun gigi.

Jika ingin makan daging merah, pastikan daging tersebut lembut dan empuk. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengunyahnya. Alternatif lainnya, kamu juga bisa makan daging ayam dan ikan. Keduanya sama-sama tinggi protein namun punya serat daging yang lebih halus.