Sukses

5 Kekurangan HP Xiaomi Keluaran 2020 dan Kelebihannya, Disertai Info Harga Terbaru

Sebelum membeli HP Xiaomi, pahami dulu kelebihan dan kekurangannya.

Liputan6.com, Jakarta HP Xiaomi kini sedang menjadi merek smartphone yang sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran di samping harganya yang relatif murah, Xiaomi juga sudah dilengkapi berbagai fiturnya yang canggih. Namun sebelum membelinya, alangkah lebih baik jika anda memperhatikan kekurangan HP Xiaomi terlebih dahulu agar tak kecewa nantinya.  

Setiap merek HP atau smartphone pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meski kerap menjadi primadona dipasaran karena harganya yang relatif murah, tapi salah satu kekurangan HP Xiaomi adalah cepat overheat.

Meski demikian, selain kekurangan HP Xiaomi tersebut, namun Xiaomi terus berinovasi untuk memperbaiki kekurangan tersebut dalam unit keluaran tahun 2020. Sehingga akhirnya membuat Xiaomi tetap menjadi primadona di kalangan pengguna smartphone.

Berikut ini merupakan ulasan tentang kekurangan HP Xiaomi keluaran tahun 2020 dan kelebihannya yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (8/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kekurangan HP Xiaomi

Overheat (Cepat Panas)

Salah satu kekurangan HP Xiaomi yang banyak dikeluhkan oleh para penggunanya adalah sering mengalami overheat atau cepat panas. Jika kamu browsing di internet, masih banyak pengguna Xiaomi mengalami masalah overheating dengan ponsel mereka.

Overheat ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari baterai, RAM, hingga prosesor. Meski demikian, demi mengatasi keluhan ini Xiaomi terus berinovasi untuk mengatasi kekurangan ini.

Harga Jual Rendah

Ketika harga beli Xiaomi disebut termasuk relatif murah di pasaran ketimbang HP lainnya, tentu hal ini menjadi berpengaruh kepada harganya ketika di jual kembali. 

Jika kamu berniat menjual kembali HP Xiaomi lamamu, maka sebaiknya tidak berharap banyak. Pasalnya, sala satu kekurangan HP Xiaomi yakni harga jual kembalinya cukup anjlok karena inovasinya yang sangat cepat. Penurunan HP Xiaomi bekas dengan garansi resmi sekitar 30 persen. Namun harga jual kembali HP Xiaomi dengan garansi distributor sangat rendah.

3 dari 6 halaman

Kekurangan HP Xiaomi

Tidak Memberikan Aksesoris Tambahan

Salah satu hal yang disayangkan oleh banyak pengguna Xiaomi yakni merek ini tidak memberikan aksesoris tambahan seperti headset. Hal ini tentunya berbeda dengan beberapa smartphone lain yang menyediakan headset langsung di dalam kotak ponsel. Namun, jika anda masih menginginkan headset ori, maka anda bisa membelinya secara terpisah di gerai resmi Xiaomi atau di e-commerce.

Xiaomi percaya bahwa calon konsumen memiliki preferensinya tersendiri dalam penggunaan headset. Oleh karena itu, Xiaomi lebih memilih menyediakan headset tersebut dalam paket penjualan terpisah.

Itulah beberapa kelemahan HP Xiaomi yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Setelah itu, kamu bisa mengenali beberapa kelebihannya sebagai bahan pertimbangan.

 

Biaya perbaikan mahal

Banyak HP Xiaomi yang beredar di masyarakat merupakan garansi distributor atau bukan garansi resmi. Sehingga jika terjadi kendala pada unit, pihak service center enggan bertanggung jawab terhadap hal ini. 

Bahkan jika anda tetap membawanya ke service center, bisa jadi akan dikenakan biaya perbaikan yang cukup mahal karena anda membawa HP dengan garansi yang tidak resmi. 

Akan tetapi untuk garansi resmi, jaminan 5 hari kerja selesai atau ganti unit. Selain itu untuk kirim produk gratis untuk kawasan Jabodetabek (selama masa PSBB)

4 dari 6 halaman

Kelebihan HP Xiaomi

Harga Murah

Salah satu keunggulan  HP Xiaomi yang paling menonjol tentunya adalah harganya yang murah. HP keluaran Xiaomi 2020 hampir semuanya ditawarkan dengan harga murah. Bisa dibilang harganya lebih murah dibanding HP dengan spesifikasi yang sama dari vendor lain.

Hal inilah yang membuat HP Xiaomi menjadi primadona di pasar menengah ke bawah. Dalam penerapan strategi penjualannya, Xiaomi menggunakan cara penjualan flash sale dengan jumlah barang terbatas.

MIUI

Keunggulan HP Xiaomi lainnya dapat ditemukan pada perlengkapannya. Xiaomi memiliki MIUI, yaitu firmware dari Xiaomi, atau yang bisa dibilang sebagai OS yang berbasis Android. Sebelum Xiaomi terkenal dengan produknya, MIUI lebih dikenal terlebih dahulu.

MIUI memiliki tampilan yang mirip dengan iOS pada produk Apple dan TouchWiz milik Samsung. MIUI juga memiliki berbagai aplikasi yang tidak tersedia pada sistem operasi Android bawaan, karena tampilan MIUI inilah HP Xiaomi semakin banyak digandrungi.

5 dari 6 halaman

Kelebihan HP Xiaomi

 Inovatif

Keunggulan HP Xiaomi selanjutnya dipengaruhi oleh berbagai gebrakan dalam perkembangan teknologinya. Hal itu membuat Xiaomi banyak dilirik dan diperbincangkan. Bahkan Xiaomi mampu mengungguli perusahaan besar seperti Dell, Honda, Intel dan Huawei.

Diakui sebagai perusahaan yang inovatif, dapat dikatakan produk dari Xiaomi khususnya HP memiliki nilai yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuat Xiaomi terkenal tidak hanya di Indonesia, melainkan juga dunia.

Desain yang Elegan

Keunggulan HP Xiaomi berikutnya terletak pada sektor desain. HP yang diproduksi oleh Xiaomi hadir dengan desain yang unik dan elegan. Desain yang dirancang untuk HP Xiaomi ini ingin menunjukkan identitas agar dikenali dan menjadi kelebihan tersendiri dari HP Xiaomi lainnya. Hal ini membuat banyak orang menggemari produk smartphone satu ini.

6 dari 6 halaman

Harga HP Xiaomi Seri Terbaru

Daftar harga HP Xiaomi terbaru keluaran tahun 2020

1. Xiaomi Redmi 9

Xiaomi seri ini punya kamera 8MP Lensa ultra wide angle, 13MP kamera utama, 2MP sensor depth, dan 5MP lensa makro. Smartphone satu ini sangat cocok bagi kamu yang hobi fotografi. Kapasitas baterai smartphone ini juga cukup besar yaiut 5020 mAh. Redmi 9 dibekali prosesor MediaTek Helio G80. Harga HP Xiaomi Redmi 9 berada pada kisaran Rp 1,749,000. 

2. Redmi Note 9 Pro

Redmi Note 9 Pro juga dibekali dengan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 720G yang cocok untuk bermain game. Harga HP Xiaomi Redmi Note 9 Pro dibanderol mulai Rp 3,399,000.

3. Redmi Note 9

Redmi Note 9 juga dilengkapi dengan kualitas kamera mumpuni 48MP Quad Camera Hotshot. Smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Midnight Grey, Forest Green, dan Polar White. Harga HP Xiaomi Redmi Note 9 berada pada angka Rp 2,399,000. 

4. Mi 10

Mi 10 dibekali dengan proseseor Qualcomm® Snapdragon™ 865. Kualitas kamera smartphone ini juga tak kalah menarik. Mi 10 punya 108MP quad kamera dengan kualitas video 8K. Mi 10 punya kapasitas baterai 4780mAh dengan Sistem VC Liquid Cooling super kuat. Mi 10 dibanderol pada harga Rp 9,999,000. 

5. Mi Note 10 Series

Seri Mi Note ini juga punya baterai dengan kapasitas 5260 mAh yang sangat kuat. Prosesor Mi Note 10 juga berupa Qualcomm® Snapdragon™ 730G yang bisa mendukung kecepatan keseluruhan dalam operasional, game, AI, dan sebagainya. Mi Note 10 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 6,199,000.

6. Poco F2 Pro

Kamera Poco F2 Pro juga tak kalah canggih dengan 64 Quad Camera. Smartphone ini juga punya 20MP pop-up selfie kamera. Harga HP Xiaomi dibanderol Poco F2 Pro mulai dari Rp 6,999,000.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini