Sukses

5 Cara Mendapatkan Bitcoin Secara Gratis, Pahami Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Cara mendapatkan Bitcoin bisa menjadi alternatif mendapatkan uang dengan cara yang tidak biasa. Bahkan, Bitcoin atau yang dikenal sebagai mata uang digital ini cukup diminati. Hal ini karena Bitcoin dianggap sebagai peluang bisnis digital yang sangat menjanjikan saat ini.

Bitcoin merupakan sistem mata uang digital cryptocurrency global, yang dikenal juga dengan uang virtual ataupun aset Kripto. Bitcoin adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk investasi masa depan. 

Bitcoin ini memungkinkan kamu untuk mengirim atau menerima uang hanya dengan melalui internet. Selain itu, Bitcoin juga dapat dicairkan ke dalam bentuk rupiah. Penukaran Bitcoin ke rupiah tersebut dapat dilakukan melalui situs exchanger atau dengan datang langsung ke ATM Bitcoin.

Perbedaan Bitcoin dengan mata uang negara adalah suplainya yang terbatas, tidak seperti mata uang negara yang dapat terus dikeluarkan oleh bank sentral negara. Bitcoin hanya memiliki suplai total 21 juta yang dikontrol oleh algoritma yang mendasarinya. Selain itu, Bitcoin tidak memiliki satu institusi pun yang mengendalikan jaringannya.

Transaksi Bitcoin dan aset kripto lainnya juga tidak dapat dibatalkan, yang tentunya berbeda dengan mata uang negara. Sistem Bitcoin juga tidak memiliki validator sentral yang membuat kamu sebagai pengguna menjadi semi-anonim. Jika melakukan pengiriman atau transfer, sistem hanya mengecek apakah kamu memiliki Bitcoin untuk dikirim dan tidak mengecek identitas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/10/2020) tentang cara mendapatkan Bitcoin.

2 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Bitcoin

Menerima Bitcoin dari Pengguna Lain

Cara mendapatkan Bitcoin yang pertama adalah dengan menerimanya dari pengguna lain. Hal ini tentunya merupakan cara paling mudah untuk pemula. Cara ini bisa saja diterapkan sebab fungsinya dapat disamakan seperti uang konvensional pada umumnya sebagai alat tukar dalam segala jenis transaksi.

Seiring perkembangan teknologi semakin canggih, kini Bitcoin sudah bisa ditransfer layaknya uang tunai pada umumnya. Caranya ialah menggunakan Bitcoin Wallet Address. Dengan cara ini, kamu sudah bisa mendapatkannya tanpa adanya modal sebelumnya.

Mining Bitcoin

Mining atau menambang merupakan salah satu cara mendapatkan Bitcoin yang tidak begitu sulit diterapkan. Namun kekurangan dari cara menambang ini tidak dapat dilakukan secara individual atau harus dengan beberapa pengguna secara bersamaan. Akan tetapi, penggunaannya sangat fleksibel.

Untuk mining Bitcoin, pengguna perlu melengkapi beberapa perangkat di hardware maupun software. Namun yang terpenting adalah kamu harus memahami bagaimana sistem kerjanya sehingga bisa diketahui sudah berhasil support cara menambang ini atau belum.

3 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Bitcoin

Airdrops

Cara mendapatkan Bitcoin selanjutnya adalah dengan airdrops. Hal ini merupakan salah satu strategi perdagangan dari sebuah perusahaan untuk memberikan cryptourrency dengan gratis tanpa adanya syarat atau ketentuan sebelumnya.

Biasanya persyaratan yang perlu dilakukan ialah seperti mengikuti akun Twitter perusahaan atau me-retweet postingan dan lain-lain. Namun dengan menggunakan airdrops, ketentuan tersebut tidak harus dipenuhi. Cryptocurrency bisa ditukarkan menjadi uang rupiah melalui berbagai situs exchanger di internet.

Afiliasi Bitcoin

Afiliasi Bitcoin merupakan sebuah link untuk kegiatan mempromosikan sesuatu. Nantinya pengguna akan memasang tautan tersebut di web mereka dan mendapatkan imbalan berupa Bitcoin di setiap impresinya.

Cara mendapatkan Bitcoin ini cukup mudah diterapkan. Link tersebut dapat dengan mudah didapatkan di berbagai macam situs pertukaran ke uang rupiah. Ada dua kategori pertukaran crypto, dari uang Fiat ke crypto dan dari crypto ke crypto. Hal-hal tersebut harus dipahami, khususnya bagi pemain pemula.

4 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Bitcoin

Menulis Mengenai Cryptocurrency

Cara mendapatkan Bitcoin dengan gratis selanjutnya adalah dengan menulis mengenai cryptocurrency. Bagi kamu yang memiliki keahlian menulis, maka cara ini sangat direkomendasikan demi mendapatkannya secara cuma-cuma.

Saat ini, dunia mengenai crypto sudah memiliki situs berita yang akan memuat berbagai macam berita di dalamnya. Bermain Bitcoin memang perkara yang mudah asalkan paham akan caranya, salah satunya dengan melakukan trading Bitcoin setiap hari. Kamu juga harus mengikuti berita Bitcoin terbaru terkait trik, tips, dan juga harga jualnya.

Membeli Bitcoin

Selain cara mendapatkan Bitcoin secara gratis, kamu tentunya juga bisa membelinya. Sebelum itu, kamu harus mengunduh dompet Bitcoin terlebih dahulu untuk melakukan transaksi. Kemudian, kamu harus membuat akun untuk melakukan pertukaran cryptocurrency yang disediakan oleh provider dompet Bitcoin milikmu.

Biasanya, kamu bisa melakukan penukaran dengan menggunakan kartu debit, kredit, atau PayPal. Beberapa marketplace untuk penukaran uang dengan cryptocurrency paling populer adalah Bitfinex, Bitstamp, Coinbase, dan Coinmama.

Itulah beberapa cara mendapatkan Bitcoin secara gratis maupun dengan membelinya. Bitcoin adalah mata uang dalam bentuk digital, sehingga Bitcoin memiliki fungsi yang sama seperti uang konvensional. Uang digital ini juga bisa digunakan untuk transaksi jasa maupun barang. Untuk menggunakan kamu harus memahami dulu berbagai peraturannya, sehingga akan lebih aman dalam bertransaksi menggunakan Bitcoin.