Sukses

7 Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan, Menurunkan Fungsi Otak

Perlu diwaspadai, ternyata konsumsi garam berlebihan berbahay bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat bahaya konsumsi garam berlebihan yang perlu diwaspadai. Sebab dengan fungsi garam yang digunakan dalam menambah rasa nikmat pada masakan, terkadang jumlah konsumsinya cenderung tidak teratur. Jika terus menerus tidak membatasi takaran garam yang dikonsumsi, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Sayangnya, mengonsumsi makanan yang tidak diberi tambahan garam memang akan membuat rasa masakan menjadi hambar. Hal tersebut yang pada akhirnya membuat hampir seluruh masakan diberi tambahan garam dan bumbu lain, salah satunya gula. Belum lagi jika Anda menggemari makanan cepat saji. Makanan tersebut cenderung berbahaya sebab memiliki kandungan garam yang cukup tinggi dan sudah menjadi rahasia umum jika makanan tersebut wajib dihindari.

Sebenarnya ada jumlah konsumsi garam yang aman dikonsumsi setiap harinya. Berdasarkan data yang dikeluarkan World Health Organization (WHO), jumlah sodium yang merupakan zat terkandung dalam garam, garam bisa dikonsumsi hanya 2 gram per hari atau sekitar 1 sendok teh. Tapi pada beberapa organisasi kesehatan lain menyatakan, apabila konsumsi garam hingga 5 gram atau 2,5 sendok teh masih dalam batas aman.

Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda mengenai apa saja bahaya konsumsi garam berlebihan. Untuk menambah wawasan mengenai hal tersebut, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja bahaya konsumsi garam berlebihan yang patut untuk diwaspadai, Jumat (9/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Stroke dan Demensia Vaskular

Bahaya konsumsi garam berlebihan dapat meningkatkan risiko munculnya pernyakit stroke serta demensia vaskular. Demensia sendiri maksudnya adalah menghilangnya fungsi otak yang memengaruhi ingatan, pemikiran, bahasa, penilaian, serta perilaku.

Munculnya penyakit semensia vaskular ini bisa disebabkan oleh pembuluh darah yang tersumbat pada otak. Lalu apa hubungannya dengan stroke? Sebab satu dari tiga orang yang mengalami stroke juga mengalami demensia vaskular.

3 dari 8 halaman

2. Kanker Perut

Kemudian, bahaya konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan sakit maag bahkan menimbulkan potensi kanker perut. Kandungan garam dalam jumlah berlebihan di dalam tubuh, dipercaya memiliki hubungan yang kuat dengan rusaknya lapisan mukosa pada lambung. Jika sudah begitu, maka akan membuat jaringan lambung menjadi tidak normal.

4 dari 8 halaman

3. Tekanan Darah Tinggi

Bahaya konsumsi garam berlebihan ini mungkin cukup umum dialami. Sebab konsumsi garam dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan tingginya kadar natrium di dalam darah. Pada akhirnya, hal ini bisa menyebabkan volume darah meningkat, dan akan membuat tekanan darah naik.

Bahkan jika tidak segera ditangani dengan benar, dapat berujung pada berbagai gangguan kesehatan lain, seperti hipertensi, stroke, hingga gagal jantung. Itulah mengapa perlu kewaspadaan, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi.

5 dari 8 halaman

4. Fungsi Ginjal Terganggu

Garam sebenarnya bisa membantu ginjal untuk menjalankan fungsinya dalam menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Tapi, bahaya konsumsi garam berlebihan dapat mengganggu proses tersebut. Hal ini bisa menyebabkan volume darah meningkat akibat ginjal menahan air untuk dibuang ke urin.

Salah satu gejalanya yaitu edema. Gejala ini berupa pembengkakan yang terjadi akibat kelebihan cairan di beberapa bagian tubuh. Ada beberapa bagian tubuh yang umumnya mengalami hal tersebut, salah satunya di bagian pergelangan tangan dan kaki.

6 dari 8 halaman

5. Fungsi Otak Menurun

Selanjutnya bahaya konsumsi garam berlebihan dapat menurunkan fungsi dari otak. Dalam sebuah studi, bagi orang dewasa yang mengonsumsi banyak garam dan bersumber dari makanan, memiliki risiko lebih dari sekadar penyakit jantung. Bahkan, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa orang dewasa dengan konsumsi garam berlebihan dan tidak diimbangi dengan olahraga, sangat berisiko lebih besar mengalami penurunan kognitif.

7 dari 8 halaman

6. Penipisan Tulang

Konsumsi garam berlebihan juga bisa menjadi penyebab dari penipisan tulang. Penipisan tersebut dikarenakan adanya ekskresi kalsium berlebihan dalam urin. Bahkan pada beberapa studi, menemukan kenyataan jika garam dapur justru menjadi salah satu penyebab utama tulang kehilangan kalsium dan akhirnya dapat membuat tulang menjadi lebih lemah.

Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka adanya kehilangan kalsium yang berlebihan tersebut bisa berkaitan dengan risiko terjadinya osteoporosis. Selain itu, juga berisiko bagi para wanita pascamenopause.

8 dari 8 halaman

7. Gangguan pada Lidah

Bahaya konsumsi garam berlebihan ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Namun memang akan sedikit mengganggu. Sebab, ketika terlalu sering mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi, maka kondisi lidah akan menjadi terbiasa dengan rasa asin.

Jika sudah begini maka lidah akan kurang sensitivitasnya dan timbul keinginan untuk menambahkan garam ke makanan dalam jumlah berlebihan, tujuannya tentu agar rasa makanan menjadi lebih nikmat.

Adanya gangguan pada lidah ini tentu berbahaya. Sebab karena lidah terganggu, maka rasa masakan akan cenderung hambar dan keinginan konsumsi makanan asin bertambah. Jika sudah begitu, maka bahaya konsumsi garam berlebihan yang sudah dijelaskan di atas menjadi sulit untuk dihindari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini