Sukses

12 Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kulit dan Rambut, Melembapkan dan Menutrisi

Liputan6.com, Jakarta Aloe vera gel atau gel lidah buaya menjadi andalan untuk beragam jenis perawatan tubuh. Gel alami ini bisa didapat langsung dari daun lidah buaya segar, atau dari produk yang sudah dikemas di pasaran. Aloe vera gel aman digunakan pada kulit dan rambut.

Aloe vera gel punya fungsi serbaguna untuk perawatan tubuh. Manfaat aloe vera gel bisa digunakan pada kulit dan rambut. Aloe vera gel punya sifat penyembuhan yang bisa mengatasi berbagai masalah ringan pada kulit dan rambut.

Aloe vera gel bisa diaplikasikan langsung pada kulit atau rambut. Produk ini juga bisa dimasukkan ke dalam campuran masker atau scrub. Aloe vera gel sangat kaya vitamin A, C, E, dan B12.

Berikut 12 manfaat aloe vera gel untuk kulit dan rambut, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (9/10/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat aloe vera gel untuk kulit

Atasi kulit kering

Aloe vera gel adalah solusi terbaik untuk mengatasi kulit kering. Gel serbaguna ini mengandung 98% air yang membantu melembabkan, menenangkan, dan melembabkan kulit. Aloe vera gel dapat terserap dengan mudah dikulit. Ini membuat aloe vera gel bisa dijadikan pelembap alami kulit. Selain itu, aloe vera gel juga bisa menyerap kelebihan minyak di kulit.

Atasi jerawat

Selain menyerap kelebihan minyak yang jadi penyebab jerawat, aloe vera gel juga punya sifat anti-inflamasi. Lidah buaya dikenal karena sifat antibakteri, antivirus, dan antiseptiknya.

Ini dapat mengobati bentuk jerawat yang meradang, seperti pustula dan nodul. Aloe vera gel juga membantu mencegah timbulnya bekas jerawat. Aloe vera gel mempercepat waktu penyembuhan luka dan membatasi jaringan parut. Cukup oleskan aloe vera gel ke area berjerawat tiga kali sehari.

 

3 dari 7 halaman

Manfaat aloe vera gel untuk kulit

Atasi sunburn

Aloe vera gel punya sifat menenangkan kulit. Ini bisa memberi sensasi dingin pada kulit yang terkena sengatan matahari. Ini membantu mencegah peradangan dan iritasi akibat sunburn. Antioksidan dalam aloe vera gel juga melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari.

Cegah penuaan dini

Menggunakan aloe vera gel bisa membantu mencegah timbulnya tanda penuaan dini. Sifat antioksidan dalam lidah buaya dapat membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan pada kulit. Aloe vera gel juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang mencegah kerutan dan garis halus. Menggunakan gel ini membantu membuat kulit lebih kenyal dan sehat.

4 dari 7 halaman

Manfaat aloe vera gel untuk kulit

Atasi mata panda

Aloe vera gel juga bisa efektif mengurangi lingkaran hitam mata secara alami. Aloe vera gel membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit. Ini juga dapat melembapkan kulit di sekitar mata yang membuatnya tampak lebih cerah. Cukup oleskan gel lidah buaya sebelum tidur dan biarkan semalaman.

Menenangkan kulit setelah bercukur

Aloe vera gel sering digunakan sebagai pemulihan kulit setelah bercukur. Sifat menenangkannya menjadi pelembap yang kuat, meregenerasi dan menyejukkan kulit. Mengoleskan aloe vera gel setelah bercukur bisa mencegah kulit kering dan iritasi.

5 dari 7 halaman

Manfaat aloe vera gel untuk rambut

Cegah rambut rontok

Aloe vera gel membantu memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala. Gel ini bisa membantu memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan. Aloe vera memiliki bahan kimia yang serupa dengan keratin yang bisa meremajakan rambut.

Lembapkan rambut

Aloe vera gel juga bisa membantu melembapkan rambut. Gel ini juga bisa bertindak sebagai kondisioner alami yang membuat rambut halus dan berkilau. Mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala dan rambut dan membiarkannya menembus folikel rambut dapat memperbaiki rambut kering yang rusak.

6 dari 7 halaman

Manfaat aloe vera gel untuk kulit dan rambut

Menenangkan kulit kepala yang gatal

Aloe vera gel bisa digunakan untuk mengurangi gatal di kepala. Gatal di kulit kepala bisa disebabkan oleh ketombe atau dermatitis seboroik. Asam lemak yang ditemukan di tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi. Ini dapat mengurangi peradangan dan rasa gatal yang mengganggu.

Membersihkan rambut berminyak

Lidah buaya membersihkan folikel rambut secara efisien. Aloe vera gel menghilangkan kelebihan sebum (minyak) dan residu dari produk rambut lainnya. Tidak seperti bahan kimia lain pada produk rambut lainnya, lidah buaya aman digunakan dan tidak membahayakan helai rambut.

Menggunakan lidah buaya adalah tepat untuk mendapatkan rambut yang terlihat lebih sehat, berkilau, dan lembut.

7 dari 7 halaman

Manfaat aloe vera gel untuk kulit dan rambut

Memperkuat dan memperbaiki helai rambut

Aloe vera mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi pada pergantian sel, meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan rambut berkilau. Vitamin B-12 dan asam folat dalam aloe vera gel dapat mencegah rambut rontok.

Kandungan vitamin dalam lidah buaya juga berfungsi untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari pada rambut.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Memberi pijatan dengan lidah buaya membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Aliran darah ke kulit kepala akan meningkat membuat kerusakan dan kerontokan rambut melambat. Lidah buaya juga dipercaya menyebabkan rambut tumbuh lebih cepat.