Sukses

7 Potret Warga Jogja Bersih-Bersih Sisa Demo di Malioboro, Tuai Pujian

Warga Jogja bergotong-royong membersihkan sampah bekas demo.

Liputan6.com, Jakarta Aksi demonstrasi menolak disahkannya Omnibus Law UU Cipta Kerja yang dilakukan masyarakat di sejumlah wilayah berujung kerusuhan. Salah satunya di depan Gedung DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta. Awalnya aksi yang dimulai sekitar pukul 11.00 WIB oleh berbagai elemen buruh, mahasiswa, serta pelajar berlangsung secara damai.

Mereka melakukan orasi secara bergantian berisi tuntutan penolakan UU Cipta Kerja. Namun saat gelombang massa semakin bertambah, kerusuhan tak bisa terhindarkan. Sejumlah lemparan batu dan botol air minum beterbangan di depan Gedung DPRD DIY yang berlokasi di Jalan Malioboro itu.

Pelemparan batu melebar di sekitar area gedung DPRD DIY hingga mengenai sejumlah bangunan. Alhasil demo tersebut meninggalkan bekas lain di kawasan tersebut. Pasalnya usai demo berakhir, banyak sampah yang berserakan di sejumlah titik di Malioboro. Melihat kondisi tersebut, sejumlah relawan dan masyarakat Jogja pun akhirnya ikut turun tangan dengan melakukan gotong royong membersihkan sampah sisa demo.

Salah satu cuitan pengguna Twitter @mbahJogja juga mengajak seluruh masyarakat Jogja untuk melakukan aksi bersih-bersih sampah hasil unjuk rasa. Hal itu dilakukan agar Jogja kembali bersih dan nyaman. Foto-foto warga Jogja yang ikut membersihkan sampah sisa demo beredar di media sosial.

Aksi warga Jogja bersih-bersih itu mendapat berbagai pujian dari warganet. Berikut potret warga Jogja bersih-bersih bekas demo di Malioboro, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (9/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Warga Jogja bergotong royong membersihkan sampah bekas unjuk rasa.

3 dari 8 halaman

2. Elemen masyarakat yang tergabung dalam komunitas ojek online (ojol) juga turun tangan membersihkan halaman DPDR DIY pasca demo.

4 dari 8 halaman

3. Bersih bersih ini dilakukan warga agar Jogja kembali bersih dan nyaman.

5 dari 8 halaman

4. Para relawan pun mengambil sampah-sampah sisa demo dan memasukannya ke dalam karung.

6 dari 8 halaman

5. Pria dengan busana adat Jawa ini turut membersihkan coretan yang dilakukan massa saat demo.

7 dari 8 halaman

6. Aksi warga Jogja bersih-bersih sampah sisa demo ini mendapat berbagai pujian dari warganet

8 dari 8 halaman

7. Begini video lengkap warga Jogja saat bersih-bersih sampah sisa demo di kawasan Malioboro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini