Sukses

Biodata Raisa Andriana Lengkap, dari Awal Karier sampai Sukses Jadi Diva

Liputan6.com, Jakarta Biodata Raisa Andriana merangkum perjalanan kariernya hingga menjadi diva kebanggan Indonesia saat ini. Raisa Andriana atau akrab disapa Raisa merupakan penyanyi solo berbakat dan dikagumi di Indonesia. Suaranya yang khas dan parasnya yang memesona sukses mencuri perhatian publik.

Nama Raisa mulai dikenal kala ia mengeluarkan debutnya yang berjudul Serba Salah. Lagunya banyak diputar di radio, tv, dan menaikkan kepopulerannya. Raisa pun memiliki banyak penggemar dari segala umur. Para penggemar-penggermar ini pastinya sudah hafal biodata Raisa Andriana.

Dari biodata Raisa Andriana, kamu bisa mengetahui perjalanan hidup dan kariernya dari awal hingga saat ini. Bagi kamu yang baru mulai menggemari musik-musik Raisa, biodata Raisa Andriana mungkin bisa membantumu mengenalnya lebih dalam.

Dalam biodata Raisa Andriana, kamu juga bisa mengetahui album, film, dan prestasi yang sudah Raisa raih. Berikut biodata Raisa Andriana, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(9/10/2020).

2 dari 6 halaman

Biodata Raisa Andriana: Keluarga dan pendidikan

Biodata Raisa Andriana yang pertama dibahas adalah keluarga dan pendidikannya. Raisa Andriana lahir di Jakarta pada 6 Juni 1990 dari pasangan Allan N. Rachman dan Ria Marianty. Raisa memiliki seorang kakak laki-laki bernama Rinaldi Nurpratama.

Sewaktu kecil, Raisa memiliki nama panggilan yang sempat tidak disukainya. Kedua orang tuanya memanggilnya dengan nama Sasha. Karena dirinya masih susah mengeja kata dengan jelas, panggilan itu diganti dengan nama Yaya agar lebih mudah diucapkan. Tapi, semakin beranjak dewasa, ia merasa aneh dengan panggilan itu.

Raisa mulai menunjukkan ketertarikan dalam dunia tarik suara sejak masih sangat belia. Di usianya yang masih tiga tahun, ia sudah menyanyikan lagu dari soundtrack Aladdin, A Whole New World.

Sejak kecil, sang ibu memang sudah mengenali bakat menyanyi Raisa. Ibu Raisa pun kerap menyetelkan lagu-lagu yang bisa dinyanyikan Raisa dengan baik. Raisa mampu melantunkan nada dengan benar dan tidak fals.

Raisa mengenyam pendidikannya di SD-SMP Dian Didaktika (1996-2005), SMAN 34 Jakarta (2005-2008), dan Universitas Bina Nusantara (2008-2012).

3 dari 6 halaman

Biodata Raisa Andriana: Awal karier

Sebelum melebarkan sayapnya di industri musik tanah air, Raisa banyak bernyanyi di beberapa kafe. Mulai dari situ ia mendapatkan banyak pengalaman dan peluang dalam perjalanan bermusiknya. Tidak hanya bernyanyi, dirinya juga menguasai alat musik instrumen seperti piano.

Raisa pernah manjadi vokalis band Andante (sekarang Vierratale) pada tahun 2008 silam. Merupakan sebuah grup band bentukan Kevin Aprillio.

Bersama Raisa, band ini sudah beberapa mengeluarkan single. Salah satunya adalah lagu Seandainya, yang masuk ke dalam album pertama Vierra dan menjadi salah satu single andalan. Posisi Raisa kemudian digantikan dengan Widy hingga saat ini.

Selain menjadi vokalis Andante, Raisa juga pernah menjadi Backing Vocal RAN saat mengisi acara Java Jazz 2008. Kesempatan ini membuka peluang Raisa untuk bertemu Astono Handoko atau yang lebih dikenal dengan Asta yang kemudian mengenalkannya pada Universal Music, label yang kemudian akan membesarkannya.

4 dari 6 halaman

Biodata Raisa Andriana: singel pertama dan album

Singel Serba Salah

Singel pertama yang dirilis Raisa adalah Serba Salah. Lagu ini ber-genre pop yang diberi sentuhan RnB. Serba Salah pertama kali mengudara di radio-radio di kota Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali dan Makassar.

epopulerannya membuat Raisa diundang sebagai salah satu bintang pengisi acara dalam event Java Jazz Festival 2011. Lagu Serba Salah kemudian melejit di industri musik Indonesia, membawa Raisa untuk mengeluarkan album pertamanya.

Album pertama

Asta Andoko “RAN”, Ramadhan Handy dan Adrianto Ario Seto dari Soulvibe merupakan produser yang membantu Raisa mengerjakan debut albumnya. Nanda Oka dan Asta Andoko berlaku sebagai Executive Producer dalam album tersebut.

Pada 2011, album debutnya berjudul Raisa diproduksi dan dirilis oleh Solid Records dan Universal Music Indonesia. Pada 2012, Raisa meraih penghargaan Anugerah Planet Muzik 2012 sebagai Best New Female Artiste.

Album Heart To Heart

Pada 27 November 2013, Raisa merilis album keduanya Heart to Heart. Album tersebut berisikan 9 lagu dnegan lagu Bye-bye dan Mantan Terindah yang dirilis sebagai single pertama dan kedua. Dengan peluncuran album ini Raisa membuktikan bahwa ia "bukan penyanyi aji mumpung" karena karya musik dan kemampuan vokalnya "lebih matang dari album sebelumnya".

Album Handmade

Handmade adalah album ketiga dari Raisa. Album ini dirilis pada 20 April 2016 oleh Juni Records. Singel pertama album ini berjudul "Jatuh Hati" dirilis pada 15 Januari 2015. Sementara singel kedua yang berjudul "Percayalah" dirilis pada 4 November 2015.

5 dari 6 halaman

Biodata Raisa Andriana: Konser

Pada Mei 2015, Raisa berhasil menggelar konser solo pertamanya di Istora Senayan, Jakarta. Antusiasme yang tinggi dari para penggemarnya, membuat promotor Juni Concert yang saat itu dibantu oleh Dyandra Promosindo melanjutkan konser solo keduanya di DBL Arena, Surabaya. Konser solo pertama ini mengambil tema Pemeran Utama yang juga adalah salah satu single sukses Raisa.

Setelah sempat vakum pada 2018, pada 2019 Raisa kembali mengeluarkan singel terbarunya yang berjudul Kembali” dan “ You”. Selain itu, Raisa juga merencanakan sebuah konser tahun 2020.

Konser yang bertajuk ‘Raisa Live in Concert’ akan digelar di stadion utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, pada tanggal 27 Juni 2020. Namun, karena pandemi COVID-19 Raisa harus menunda jadwal konsernya hingga waktu yang belum ditentukan.

6 dari 6 halaman

Pernikahan dengan Hamish Daud

Melengkapi biodata Raisa Andriana, kurang lengkap jika tak membahas kehidupan pribadinya. Raisa menikah dengan Hamish Daud pada Minggu, 3 September 2017 di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta. Keduanya sama-sama dianggap netizen sebagai sosok couple goals di Indonesia.

Selang beberapa bulan menikah dengan Hamish Daud, dirinya pun mengumumkan bahwa mereka segera dikaruniai buah hati. Pada 13 Februari 2019, Raisa dikaruniai anak pertama berjenis kelamin perempuan yang diberi nama Zalina Raine Wyllie.