Sukses

Viral Penjual Bakso Tak Patok Harga, Bayarnya Terserah Pembeli

Penjual bakso ini tak pasang harga untuk dagangannya.

Liputan6.com, Jakarta Bakso jadi makanan favorit masyarakat Tanah Air. Makanan yang disajikan berkuah panas ini begitu mudah ditemukan. Meski bakso sudah menjadi makanan yang umum, baru-baru ini netizen dibuat kagum dengan salah satu aksi pedangan bakso di  daerah Semurup, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi yang kemudian viral. 

Pria penjual bakso ini mengaku tak mematok harga untuk makanan yang ia jual.

Tentunya aksi yang diunggah di TikTok itu pun langsung viral. Jika kebanyakan orang berjualan untuk mendapatkan untung yang banyak, penjual bernama Agus ini justru mengaku tak pernah memikirkan hal tersebut.

Dalam video dijelaskan jika si pemilik warung itu tak pernah mematok harga yang pasti.  Ia mengaku meniatkan bekerja sembari beribadah, sehingga membebaskan pembeli memberikan uang berapapun kepadanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengunggah Video Dibikin Pusing

Dalam video viral yang dibagikan oleh akun TikTok GilangKartasasmita pada Sabtu (4/10/2020), ia mengaku sering dibuat bingung ketika membeli bakso di tempat tersebut. Hal ini dikarenakan Agus tak pernah mematok harga pasti.

"Gue sering makan di sini dan pusing perihal harga, sebab kalo gue bayar 50k suka kembalian 45k/40k/35k (enggak nentu)," tulis keterangan di dalam video.

Meski tak pernah mematok harga, pengunggah video yang merupakan pelanggan warung bakso milik Agus itu mengaku jika bakso dan mie ayam di warung tersebut memiliki rasa yang lezat dan tak asal-asalan.

3 dari 3 halaman

Kerja Sambil Beribadah

Alasan Agus tak mematok harga pasti baksonya lantaran ia meniatkan diri untuk berdagang sambil beribadah. Dirinya mengaku tak pernah memikirkan harga jual dan membebaskan pembeli untuk memberikan uang berapapun.

Bahkan, Agus mengatakan jika ia akan memberikan semangkuk bakso atau mie ayam secara cuma-cuma jika tetangga di sekitar rumahnya yang membeli dagangan miliknya. Ia juga menunjukkan jika di tempatnya tak memasang daftar menu dan harga.

"Saya di dalam mana ada menu bakso (tulisan) berapa, enggak ku bikin menu sengaja. Kalau orang lain tengok pasti ada menunya bakso biasa sekian bakso spesial sekian gitu kan," jawabnya.

Mendengar jawaban dari Agus, pengunggah video pun terlihat salut dan mendoakan agar Agus bisa membuka banyak cabang warung bakso dan mie ayam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.