Sukses

8 Kelebihan dan Kekurangan Ford Everest, Simak Spesifikasi Lengkapnya

Ada berbagai kelebihan dan kekurangan Ford Everest yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli.

Liputan6.com, Jakarta Tingginya akan minat mobil SUV di Tanah Air menjadi peluang cukup menjanjikan bagi banyak pabrikan, salah satunya Ford. Melalui salah satu produknya yaitu Ford Everest, cukup berhasil mengguncang pasar otomotif roda empat.

Wajar saja, sebab Ford Everest merupakan salah satu produk yang banyak digemari di negara asalnya. Ford Everest sendiri di Indonesia berhadapan langsung dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero, yang notabene sama-sama berada di kelas SUV.

Meski di negara asalnya mobil ini cukup populer, bukan berarti mobil ini benar-benar sempurna. Tetap saja terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Ford Everest. Tapi hal ini menjadi cukup wajar.

Maka dari itu, penting rasanya untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Ford Everest. Sebab kelebihan dan kekurangan Ford Everest bisa menjadi pertimbangan jika memang Anda tertarik untuk membeli mobil dari kategori SUV.

Untuk membahas lebih lanjut apa saja kelebihan dan kekurangan Ford Everest tersebut, berikut ini Liputan6.com telah merangkum kelebihan dan kekurangan Ford Everest serta detail spesifikasi SUV tangguh dari pabrikan asal Amerika ini, Jumat (9/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kelebihan Ford Everest

1. BBM Irit untuk Sekelasnya

Kelebihan dari Ford Everest yang pertama ada pada konsumsi BBM yang irit. Dengan 1 liter BBM, Ford Everest dapat menempuh 10-14 km untuk perjalanan luar kota dan 7-9 km untuk perjalanan dalam kota. Padahal tenaga dari mobil ini sangat responsif dan gahar. Kelebihan Ford Everest ini tentu menjadi poin utama mengapa banyak konsumen yang memilih membeli SUV dari Ford ini.

 

2. Kabin Lapang

Lapangnya kabin pada Ford Everest juga menjadi daya tarik tersendiri. Sebab hal ini cukup berpengaruh besar terhadap kenyamanan saat menggunakan mobil ini. Lapangnya kabin ini juga meminimalisir rasa lelah ketika perjalanan jauh, sebab posisi duduk menjadi lebih lega.

 

3. Interior Mewah

Ford Everest juga dilengkapi dengan interior yang mewah. Hal ini memuaskan para konsumennya. Sebab, dengan interiot mewah tersebut sangat memanjakan mata dan membuat betah mengendarai mobil ini berlama-lama.

 

4. Fitur Lengkap

Kemudian, kelebihan Ford Everest ada pada ketersediaan fitur yang cukup lengkap. Hal ini menjadi daya tarik bagi konsumen yang mendambakan mobil dengan kemudahan dalam penggunaannya. Tiap fitur pada mobil ini telah didukung dengan teknologi canggih dan mumpuni, sehingga tidak heran jika mobil ini sangat memanjakan penumpangnya.

 

5. Suspensi Empuk

Suspensi dari Ford Everest terkenal empuk dan mampu memberi kenyamanan lebih. Inilah mengapa mobil ini menjadi pilihan tepat jika medan yang akan dilalui cenderung tidak rata dan berlubang.

3 dari 5 halaman

Kekurangan Ford Everest

1. Beberapa Jenis Suku Cadang Sulit Dicari dan Mahal

Sayangnya, Ford Everest memiliki kelemahan dari segi suku cadangnya. Untuk mendapatkan beberapa jenis suku cadang Ford Everest, tidak semudah mobil-mobil keluaran Jepang seperti Honda dan Toyota. Inilah mengapa, jika memutuskan untuk membeli Ford Everest, pastikan telah mengantongi informasi di mana lokasi penjualan spare part mobil ini.

Selain itu, dengan suku cadang yang sulit ditemukan, membuat harga suku cadang menjadi cukup mahal. Maka dari itu, siapkan dana lebih untuk perawatan Ford Everest.

 

2. Harga Jual Anjlok

Sebenarnya hal ini menjadi sesuatu yang wajar, mengingat dari segi suku cadang dan jumlah pengguna Ford Everest di Tanah Air tidak sebanyak SUV keluaran Jepang. Tentu membeli mobil bekas seperti Ford Everest menjadi hal yang sangat dipertimbangkan, apalagi jika umur mobil sudah lebih dari lima tahun.

 

3. Jaringan Servis Kurang

Dengan jaringan servis yang minim, tentu menjadi pertimbangan besar bagi para konsumen. Sebab hal tersebut akan mempersulit proses perawatan mobil. Beda halnya dengan produk Jepang yang sudah memiliki jaringan servis tersebar di seluruh daerah.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi dan Fitur Ford Everest

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Ford Everest, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana detail spesifikasi serta fitur yang diusung mobil pabrikan Amerika ini. Simak daftar lengkapnya.

Mesin  

Type Mesin: DURATORQ 2.5L Diesel, 4-Cyl., 16-Valve, DOHC, Direct Injection Commonrail Turbo with Intercooler

Kapasitas Silinder: 2.499 cc

Sisitem Suplay Bahan bakar: Electrical Fuel Injection with Variable Geometry Turbo

Bore X Stroke: 93 mm x 92 mm

Daya Maksimum: 105 Kw / 3500 rpm

Torsi Maksimum: 330 Nm / 1800 rpm

Transmisi: 5 Speed Manual dan 5 Speed Automatic

Sistem Kemudi: Rack & Pinion with Power Steering

 

Dimensi dan Kapasitas

Panjang: 5.060 mm

Lebar: 1.788 mm

Tinggi: 1.826 mm

Jarak Pijak depan/belakang: 1.475 mm / 1.470 mm

Jarak Poros Roda: 2.860 mm

Jarak Terendah: 210 mm

Kapasitas Tangki: 70 Liter

Seating Capacity: 7

Turning Radius: 6.100 mm

Curb Weight: 1.879 kg

 

Suspensi

Suspensi Depan: Independent Double Wishbone

Suspensi Belakang: Rigid Leaf Spring with Stabilizer

Rem Depan: Ventilated Disc

Rem Belakang: Drum with LSPV

Ukuran Ban: 245/ 70 R16

Ukuran Velg: Alloy Wheel 16″

 

Eksterior             

- Front Fog Lamps

- Front Upper Grill

- Front Lower Grill

- Head Lamps with Signature Lightguide

- Homesafe Headlamp

- Body coloured Bumpers

 

Interior

- FM/AM Radio + Aux In + USB

- Push Start Button

- Air Conditioner

- Remote Keyless entry

- Seat Material

- Steering Wheel Audio Controls

- GPS

 

Keamanan         

- Hill Launch Assist

- Electronic Stability Control

- Airbags Dual Front

- Keyless Vehicle

- Anti-lock Braking (ABS)

- Immobilizer

- Rear Parking Sensor

- Seatbelt

5 dari 5 halaman

Harga Ford Everest Bekas

Jika berminat untuk membeli Ford Everest bekas, harganya sudah cukup terjangkau. Namun pastikan surat dan fisik lengkap. Selain itu, lakukan uji coba mobil untuk mengetahui kondisi mesin.

Ford Everest 2.5 A/T LTD 2014 Rp 147.000.000,00

Ford Everest 2.5 M/T XLT 2013 Rp 138.000.000,00

Ford Everest 2.5 A/T LTD 2012 Rp 129.000.000,00

Ford Everest 2.5 M/T XLT 2011 Rp 121.500.000,00

Ford Everest 2.5 A/T XLT 2010 Rp 105.700.000,00

Setelah menyimak berbagai kelebihan dan kekurangan Ford Everest di atas, serta spesifikasi dan harga bekasnya, semoga bisa menjadi pertimbangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini