Sukses

6 Cara Menyimpan Mentimun Agar Tahan Lama, Manfaatnya Luar Biasa

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan mentimun agar tahan lama tidak begitu sulit diterapkan. Sebagai sayuran yang sering dijadikan lalap pendamping ikan bakar, ikan goreng, sambal, dan makanan berat lainnya, mentimun tentunya menjadi persediaan yang harus ada di rumah. Tak hanya sebagai lalap, mentimun juga bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat lain seperti acar dan rujak. 

Tak hanya enak, buah mentimun juga merupakan buah segar yang bisa melegakan dahaga karena mengandung banyak air. Bahkan, mentimun mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

Cara menyimpan mentimun harus diterapkan agar tetap segar dan tahan lama. Namun, sebaiknya, buah mentimun tidak disimpan lebih dari tiga hari. Buah mentimun yang disimpan dalam waktu yang terlalu lama akan lebih mudah rusak dan busuk.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/10/2020) tentang cara menyimpan mentimun.

2 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Mentimun Agar Tahan Lama

Pilih Mentimun yang Masih Segar

Cara menyimpan mentimun agar tahan lama dimulai sejak kamu membelinya. Saat membeli mentimun, pastikan untuk membeli mentimun yang masih segar. Mentimun segar memiliki ciri-ciri tampilannya menarik, segar dan berwarna hijau atau keputih-putihan. Mentimun yang sudah berwarna kuning tandanya sudah tdak baik dikonsumsi.

Cuci Mentimun Hingga Bersih

Mencucinya hingga bersih merupakan salah satu cara menyimpan mentimun agar tetap segar. Sebelum menyimpan mentimun, cuci bersih buah mentimun di bawah air mengalir. Hal ini dilakukan agar kandungan pestisida maupun bakteri lainnya hilang.

Kamu perlu menggosok mentimun secara perlahan menggunakan tangan hingga seluruh kotoran bersih. Jika menemukan bagian mentimun yang lembek atau hampir busuk, kamu bisa memotong bagian ini dan lanjutkan mencuci hingga benar-benar bersih

Simpan Setelah Dikeringkan

Jika mentimun sudah dicuci bersih, angin-anginkan mentimun sebentar hingga benar-benar kering. Sebaiknya mentimun disimpan dalam kondisi bersih dan kering. Pastikan mentimun sudah benar-benar kering sebelum disimpan. Air yang masih tersisa di permukaan mentimun akan membuatnya cepat membusuk.  

3 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Mentimun Agar Tahan Lama

Simpan di Tempat Sejuk

Setelah itu, cara menyimpan mentimun selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam kantong kertas dan simpan di tempat yang sejuk. Hindari menyimpan mentimun di tempat yang lembab apalagi panas dan terkena sinar matahari langsung.

Jangan Simpan di Freezer

Cara menyimpan mentimun agar tahan lama berikutnya adalah menggunakan kulkas. Namun, ketika menyimpan mentimun di lemari es ini, usahakan untuk menyimpannya di tempat sayuran.

Kamu harus menghindari menyimpan mentimun di freezer, karena ini justru akan membuatnya mudah busuk. Mentimun yang disimpan di freezer juga akan lebih mudah berair saat dikeluarkan dari lemari es.

Jangan Dikupas

Salah satu cara menyimpan mentimun yang perlu diperhatikan adalah jangan dikupas terlebih dahulu. Saat menyimpan mentimun, usahakan agar tidak menyimpan mentimun dalam kondisi sudah dikupas atau dipotong. Mentimun yang sudah dikupas atau dipotong akan lebih mudah mengalami kerusakan.

Itulah beberapa cara menyimpan mentimun agar tetap segar dan tahan lama.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat air mentimun yang pertama adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Air mentimun atau air detox mentimun memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat. Mentimun juga sangat rendah lemak tetapi mengenyangkan.

Menyehatkan Kulit

Manfaat air mentimun juga sangat baik untuk kecantikan kulit. Air mentimun baik untuk kulitmu karena mentimun adalah sumber vitamin B5 yang baik, yang telah digunakan untuk mengobati jerawat. Minum air mentimun tiap hari akan menenangkan kulitmu dari dalam ke luar. Kulit yang halus, bersih, segar dan kencang alami bisa didapat dengan konsumsi makanan sehat terutama buah mentimun.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat air mentimun selanjutnya adalah mengatasi sembelit. Buat kamu yang ingin punya sistem pencernaan sehat, usahakan untuk konsumsi buah mentimun secara rutin setiap hari. Hal ini karena kandungan serat yang melimpah pada mentimun. Mentimun kaya akan nutrisi yang sehat buat sistem pencernaan terutama usus halus dan usus besar. 

Melawan Sel Kanker

Manfaat air mentimun selanjutnya adalah dapat melawan sel kanker. Hal ini karena mentimun memiliki senyawa yang disebut cucurbitacins dan sekelompok nutrisi yang disebut lignin, yang diketahui memainkan peran utama dalam mencegah kanker. Sebuah fisetin flavonoid diet yang ditemukan dalam mentimun juga bisa membantu memperlambat perkembangan kanker prostat.

Menghidrasi Tubuh

Air sangat penting bagi tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi dengan baik. Kebanyakan orang berusaha minum enam hingga delapan gelas air perhari. Namun, terkadang minum air biasa terasa membosankan. Oleh karena itu, menambah mentimun memberikan rasa ekstra, mendorongmu untuk minum lebih banyak agar tubuh tetap terhidrasi. Bahkan, minum air mentimun tidak hanya akan menambah rasa pada air, tapi juga melembabkan kulit dan tubuhmu.

Menurunkan Tekanan Darah

Mentimun adalah sumber potasium yang baik. Mengonsumsi air mentimun membantu tubuh mendapatkan lebih banyak potassium yang berpotensi membantu menurunkan tekanan darah.