Sukses

8 Manfaat Garam Himalaya untuk Tubuh, Bisa Atasi Insomnia

Liputan6.com, Jakarta Garam Himalaya atau yang biasa disebut sebagai himsalt merupakan garam yang istimewa. Garam ini berbeda dengan garam dapur biasanya karena garam himalaya adalah garam berusia 250 juta tahun yang ditemukan di bawah kaki pegunungan Himalaya. Garam ini tadinya terkubur di bawah lapisan lava, es, dan salju. 

Garam Himalaya disebut sebagai garam yang paling murni di dunia karena terbebas dari polusi udara. Lapisan lava yang berada di atas garam ini melindunginya dari berbagai pencemaran udara yang ada.

Garam Himalaya dikenal dengan warna pinknya yang cantik. Namun, jangan salah sangka, warna pink pada garam himalaya ini bukanlah hasil dari zat perwarna yang berbahaya. Melainkan perpaduan merah dan putih yang kaya akan zat besi natural.

Selain itu terdapat banyak manfaat garam himalaya bagi tubuh yang membuat garam ini banyak dicari. Dengan mengonsumsi garam himalaya dipercaya dapat menyehatkan tubuh.

Berikut ini merupakan manfaat garam himalaya bagi kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (12/10/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Garam Himalaya

1. Mengandung Iodine Natural

Pada saat ditemukan di bawah lapisan lava dan es, Garam Himalaya memiliki kondisi yang bersih dan murni dari polutan. Garam Himalaya terbentuk secara alami sehingga bebas dari zat kimia buatan. Dalam garam ini juga mengandung 100% mineral garam dan iodine yang organik.

Namun, apakah perbedaannya dengan Iodine pada garam dapur? Nah, sebenarnya garam dapur biasa tidak memiliki kandungan Iodine yang organik. Melainkan terbentuk dalam proses pembuatannya, sehingga tidak terbentuk secara alami.

Iodine sangat dibutuhkan bagi tubuh supaya bisa menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur keseimbangan metabolisme dan hormon tubuh. Selain itu, iodin juga dapat mencegah stroke, penyakit gondok dan kretinisme.

2. Mengurangi Otot yang Kram 

Ketika mengalami kondisi kram tubuh, biasanya terjadi akibat kekurangan elektrolit dan magnesium dalam tubuh. Nah, sama halnya dengan buah pisang yang biasa dikonsumsi jika terjadi kram, salah satu manfaat garam himalaya juga mengandung berbagai elektrolit tersebut.

Elektrolit lainnya seperti sodium, kalsium dan potasium juga penting diperhatikan. Nah, garam Himalaya mengandung semua elektrolit tersebut untuk menghindari kram otot.

3 dari 5 halaman

Manfaat Garam Himalaya

3. Mengatasi Masalah Insomnia 

Jika anda mengalami kesulitan untuk tidur, maka anda bisa mencoba untuk mengonsumsi garam himalaya karena garam ini mengandung sodium. Penelitian pada 1980 menemukan bahwa kekurangan sodium (dibawah 500 mg per hari) bisa menjadi pemicu insomnia di malam hari.

Namun, bukan berarti dihimbaukan untuk mengkonsumsi sodium yang berlebihan. Keseimbangan elektrolit bisa jadi kunci solusi untuk insomnia kamu.

4. Menghilangkan Selulit

Ketika anda mengalami perubahan berat badan yang cukup ekstrim maka akan timbul selulit akibat timbunan lemak di bawah kulit dan merupakan hal yang sangat normal. Namun, beberapa dari kita apalagi para wanita pastinya ingin kulit yang mulus bebas selulit.

Selulit memang tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, namun bisa dikurangi. Salah satu solusi yang biasa digunakan adalah dengan menggunakan garam himalaya sebagai scrub. Menggosokkan scrub garam ini dengan gerakan melingkar dapat memperlancar dan mengurangi timbunan lemak.

Berikut ini merupakan cara membuat scrub dari garam Himalaya:

- Siapkan mangkuk, campurkan 2 sendok makan (sdm) sweet almond oil, 1 sdm coconut oil, dan 8-20 tetes essential oil, aduk semua menggunakan garpu.

- Tambahkan 1 sdm sabun castile dan 1 cup garam Himalaya.

- Scrub garam Himalaya siap dipakai!

4 dari 5 halaman

Manfaat Garam Himalaya

5. Detoksifikasi

Salah satu manfaat garam himalaya adalah mampu melakukan detoksifikasi yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu cara detoksifikasi menggunakan garam himalaya yang paling mudah adalah dengan berendam di air hangat dengan campuran garam himalaya merupakan tradisi Barat dan Timur. Saat berendam, tubuh kita menarik mineral penting dalam garam dan sekaligus mengeluarkan racun dalam tubuh.

Selain itu, berendam di air hangat merangsang sistem saraf parasimpatis yang membuat tubuh kita jadi rileks.

6. Mengurangi Tekanan Darah

Salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah karena konsumsi sodium yang berlebihan. Maka dari itu, bagi anda yang memiliki penyakit darah tinggi, disarankan untuk mengalihkan konsumsi garam biasa menjadi ke garam himalaya. 

Menurut Federal Drug and Administration (FDA), untuk menjaga kesehatan tubuh, disarankan mengkonsumsi sodium tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) per hari. Garam dapur sendiri memiliki 2.300 mg per sendok makan, sedangkan garam Himalaya hanya mengandung 420 mg.

5 dari 5 halaman

Manfaat Garam Himalaya

7. Menghilangkan Jerawat

Jerawat dan komedo disebabkan oleh sebum yang berlebihan pada kulit. Cara ampuh untuk menghilangkan dan mencegah jerawat adalah dengan sering merawat wajah menggunakan skincare. Ternyata, garam himalaya juga bisa membantu anda mengalami masalah ini.

Campurkan garam pegunungan Himalaya dengan essential oil dan madu sampai kekentalan yang diinginkan. Efek detoksifikasi garam membantu menghilangkan sel kulit mata dan kelebihan minyak di wajah.

8. Membantu Sistem Pernapasan

Jika anda pernah mendengar tentang halotheraphy, yakni pengobatan untuk masalah pernafasan seperti bronkitis akut. Garam Himalaya memiliki properti anti-inflamasi dan anti-bakteri yang untuk mengurangi kelebihan lendir dan meningkatkan transportasi mukosiliar untuk mengeluarkan patogen dalam tubuh.