Sukses

5 Cara Efektif Menggunakan Aromaterapi, Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Cara efektif menggunakan aromaterapi tentunya dapat membantu kamu mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Aromaterapi banyak digunakan sebagai terapi tambahan maupun terapi alternatif. Banyak cara efektif menggunakan aromaterapi yang dapat dilakukan.

Aromaterapi dipercaya dapat membantu memperbaiki suasana hati, hingga mampu meningkatkan kesehatan secara fisik maupun mental. Selain dibakar, ada berbagai cara efektif menggunakan aromaterapi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. 

Aromaterapi biasanya digunakan menggunakan minyak esensial. Ada banyak minyak esensial yang bisa dijadikan sebagai aromaterapi. Cara efektif menggunakan aromaterapi dengan minyak esensial membantu kamu untuk meredakan setres salah satunya.

Untuk menikmati dan mendapatkan manfaat aromaterapi, kamu tak perlu ke pusat kecantikan. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat aromaterapi ini di rumah. Memahami cara efektif menggunakan aromaterapi membuat kamu dapat merasakan manfaat aromaterapi.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang cara efektif menggunakan aromaterapi agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Selasa (13/10/2020).

2 dari 4 halaman

Pengertian Aromaterapi

Sebelum menalaah tentang cara efektif menggunakan aromaterapi dan manfaatnya, berikut ini penjelasan singkat tentang pengertian dari aromaterapi. Aromaterapi adalah cara memanfaatkan minyak alami yang diekstrak dari tumbuhan dengan tujuan meningkatkan kesehatan secara fisik maupun psikis.

Minyak yang digunakan adalah minyak esensial yang terbuat dari berbagai tanaman obat, bunga, herbal, akar, buah, dan pepohonan yang tumbuh di seluruh dunia. Menurut sejumlah penelitian, beberapa jenis minyak esensial sudah terbukti memiliki efek positif untuk meningkatkan kondisi fisik dan emosional seseorang.

Sudah lebih dari 5000 tahun, aromaterapi dipercaya diantara berbagai budaya di seluruh dunia. Dipercaya bahwa aromaterapi merupakan penyembuh alami yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri, antiradanga, sekaligus memberikan efek antinyeri.

3 dari 4 halaman

Cara Efektif Menggunakan Aromaterapi

Ulasan mengenai cara efektif menggunakan aromaterapi ini membantu kamu untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Punya banyak manfaat untuk kesehatan, cara efektif menggunakan aromaterapi harus diketahui.

1. Menghirup Uap Aromaterapi

Cara efektif menggunakan aromaterapi yang pertama adalah menghirup uap aromaterapi. Menghirup uap aromaterapi, khususnya minyak kayu putih, dipercaya dapat meringankan gejala pilek dan hidung tersumbat.

Caranya yang dapat kamu lakukan agar mendapatkan manfaat maksimal aromaterapi dengan menghirup uap aromaterapi yakni, campurkan 1-2 tetes minyak aromaterapi ke dalam sebaskom air hangat, lalu tundukkan kepala Anda ke atas baskom dan tutupi dengan handuk. Hirup uap yang keluar dari air hangat tersebut, selama 5-10 Atau jika tidak ingin repot, Anda bisa menghirup cotton bud yang sudah diberi 1-2 tetes minyak kayu putih.

2. Menggunakan diffuser

Cara efektif menggunakan aromaterapi yang kedua yakni menggunakan diffuser. Diffuser aromaterapi adalah alat yang digunakan untuk mengubah minyak aromaterapi menjadi uap dan menyebarkannya ke seluruh ruangan.

Terdapat beragam jenis diffuser, baik dari keramik (tungku) dengan lilin, atau yang memakai tenaga listrik. Pastikan diffuser aromaterapi ini tidak digunakan dalam jangka waktu lama di rumah, terlebih jika salah satu penghuni rumah sedang hamil atau memiliki kondisi medis tertentu.

3. Produk Perawatan Tubuh

Dengan menggunakan produk perawatan tubuh, ini merupakan cara efektif menggunakan aromaterapi selanjutnya yang bisa kamu lakukan. Saat ini, aromaterapi banyak digunakan sebagai perawatan alternatif untuk berbagai kondisi kesehatan. Mulai dari stres, masalah pencernaan, insomnia, depresi, dan lain-lain. Tak heran kalau semakin lama semakin mudah untuk menemukan berbagai produk aromaterapi yang memiliki khasiat.

Ada berbagai produk perawatan tubuh, seperti lotion atau scrub, yang mengandung minyak esensial. Beberapa minyak esensial juga diproduksi khusus untuk dioleskan langsung pada kulit, guna mengharumkan tubuh.

4. Berendam Pada Air

Cara efektif menggunakan aromaterapi selanjutnya adalah digunakan saat berendam pada air. Minyak esensial bisa kamu gunakan untuk mandi agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Berendam dalam air hangat yang ditambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi dapat meredakan stres. Anda bisa menggunakan minyak esensial lavender, bergamot, sereh, mawar, daun thyme, lemon, rosemary, atau jeruk.

5. Terapi Pijat

Memijat tubuh tentunya bermanfaat untuk merenggangkan otot. Selain memijat, kamu bisa menambahkan minyak esensial agar membantu kamu agar lebih rileks. Cara efektif menggunakan aromaterapi yang bisa kamu coba selanjutnya adalah untuk pijat. Ketika memijat tubuh, kamu bisa mencampurkan minyak aromaterapi dengan minyak pijat.

 Namun pada sebagian orang, minyak aromaterapi dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit. Jadi, hindari penggunaan minyak aromaterapi secara berlebihan, dan pastikan minyak tersebut sudah diencerkan atau dicampur dengan minyak lainnya. Perlu diingat pula, jangan mengoleskan minyak aromaterapi pada bagian tubuh yang memar, ruam, bengkak, atau luka.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Aromaterapi

Selain mengetahui tentang cara efektif menggunakan aromaterpai, selanjutnya penting untuk mengetahui tentang manfaat aromaterapi. Aromaterapi merupakan minyak esensial yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang diketahui adalah aromaterapi dapat memberikan relaksasi.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat aromaterapi yang pertama yakni dapat meningkatkan kualitas tidur. Minyak aromaterapi membantu orang untuk mengurangi stres, maka dipercaya bahwa aromaterapi juga turut membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Seseorang dengan insomnia, cemas, atau restless leg syndrome dan gatal di malam hari yang sering terjadi dapat menggunakan aromaterapi untuk membantu tidurnya.

2. Relaksasi

Setelah seharian dipadatkan dengan aktivitas, seseorang biasanya membutuhkan relaksasi. Aromaterapi punya manfaat untuk dapat menenangkan dan memberikan relaksasi. Banyak penelitian membuktikan bahwa minyak esensial yang dipakai dalam aromaterapi, seperti minyak bunga lavender dan kamomil, dapat menenangkan ketika dilanda kecemasan atau stres berlebih.

Aroma lavender dipercaya bisa memberikan efek relaksasi serta mengendalikan sistem saraf simpatis, yaitu sistem saraf yang bertanggung jawab pada respon stres fight or flight (melawan atau melarikan diri) dan gejala fisiknya, seperti tangan berkeringat atau jantung yang berdegup kencang.

3. Mengobati Masalah Pernapasan

Manfaat aromaterapi selanjutnya yakni dapat mengobati masalah pernapasan. Aromaterapi bekerja dengan cara merangsang saraf hidung dan otak. Ketika kita menghirup uap minyak esensial, aromanya akan memasuki rongga hidung lalu merangsang sistem saraf di otak yang berperan dalam pengaturan emosi.

Beberapa minyak aromaterapi memiliki antiseptik yang dapat membantu membersihkan udara dari bakteri, kuman, dan jamur. Tea tree oil atau minyak pohon teh dianggap memiliki kemampuan antiseptik dan antimikroba sedangkan minyak eukaliptus dianggap dapat melegakan pernapasan di saat flu.

4. Mengurangi Mual

Selain mengurangi mual, manfaat aromaterapi juga baik untuk pencernaan. Minyak aromaterapi seperti jahe, kunyit, anggur, daun mint, lemon, kamomil, dan eukaliptus dapat membantu mengatasi penyakit asam lambung, mual, morning sickness (mual saat hamil), atau kram perut saat PMS.

Minyak esensial kunyit dan jahe memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan, yang dipercaya dapat mengurangi nekrosis, erosi, dan perdarahan pada dinding lambung yang secara signifikan menurunkan nyeri perut.

5. Meredakan Nyeri dan Peradangan

Selain cara efektif menggunakan aromaterapi, ulasan tentang manfaat aromaterapi penting untuk diketahui. Manfaat aromaterapi selanjutnya yakni dapat meredakan nyeri dan peradangan. Otot yang tegang, nyeri sendi, jaringan yang mengalami peradangan, atau sakit kepala, bisa menggunakan manfaat aromaterapi untuk mengurangi keluhan tersebut.

Minyak aromaterapi yang biasa digunakan adalah jahe, kunyit, dan jeruk untuk meredakan nyeri sendi. Kemudian untuk sakit kepala Anda bisa menggunakan aroma daun mint, spearmint, dan rosemary.