Sukses

15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Keperluan Rumah Tangga, Tak Hanya Dikonsumsi

Minyak zaitun punya banyak manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Minyak zaitun dikenal dengan manfaat nutrisinya bagi kesehatan. Minyak zaitun kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal yang merupakan pilihan sehat untuk masakan. Minyak zaitun extra virgin sarat dengan antioksidan yang dapat mencegah peradangan dan berbagai penyakit kronis.

Selain manfaat kesehatannya, minyak zaitun juga punya kegunaan lain. Minyak zaitun memiliki kegunaan yang tak terhitung jumlahnya untuk keperluan rumah. Minyak ini bisa mempertahankan kualitas perabot, memperbaiki derit, hingga mempermudah suatu pekerjaan.

Anda juga tidak perlu minyak zaitun yang mahal untuk keperluan rumah tangga ini. Cukup gunakan minyak zaitun biasa dan menempatkannya pada botol semprot. Berikut 10 manfaat minyak zaitun untuk keperluan rumah tangga yang dilansir Liputan6.com dari The Spruce, Rabu (14/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk keperluan rumah tangga

Cegah retak dan perubahan warna pada perabot kayu

Setelah peralatan dapur berbahan kayu dicuci, beri sedikit minyak zaitun untuk menutrisi kayu dan mencegah retak dan perubahan warna. Biarkan minyak menempel di kayu selama sekitar lima menit lalu gosok dengan kain lembut.

Cegah lengket pada perabot

Saat sedang masak atau menyiapkan makanan dengan bahan lengket seperti gula madu, dan selai, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mencegah lengket. Lapisi cangkir atau sendok dengan sedikit minyak zaitun agar makanan lengket mudah dilepaskan.

3 dari 8 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk keperluan rumah tangga

Beri kilau pada Stainless Steel

Oleskan sedikit minyak zaitun pada kain lembut dan gosok peralatan stainless steel, panci, dan bak cuci untuk mencegah goresan, noda air, noda, dan korosi. Akhiri dengan menggosok dengan kain lembut.

Bersihkan peralatan berkebun

Minyak zaitun akan melindungi gagang perkakas kayu agar tidak mengering dan pecah. Lapisi alat logam untuk mencegah karat, mencegah kotoran dan menjaga agar bagian tang dan gunting yang bergerak tetap berguna dengan lancar.

4 dari 8 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk keperluan rumah tangga

Memperlambat noda

Minyak zaitun tidak akan menghentikan noda pada perabot perak, tetapi ia kan membuatnya tetap berkilau lebih lama. Setetes minyak pada kain lembut yang dioleskan pada perak yang dipoles akan memperlambat oksidasi yang menyebabkan noda.

Hilangkan label yang lengket

Basahi label kertas dengan setetes atau lebih minyak zaitun dan biarkan menempel pada label setidaknya selama 15 menit. Label akan mudah terkelupas dan plastik, kaca, atau barang kayu dapat dicuci dengan tangan untuk menghilangkan residu yang tersisa.

5 dari 8 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk keperluan rumah tangga

Melepaskan risleting

Celupkan kapas ke dalam minyak zaitun dan gosokkan pada gigi ritsleting. Ini bisa membantu mengatasi risleting yang macet. Perlahan tarik ritsleting ke atas atau ke bawah untuk mengatasi kemacetan.

Beri kilau di sepatu, tas, atau jaket berbahan kulit

Furnitur kulit, sarung tangan, sepatu, tas, atau jaket berbahan kulit akan menjadi lembut dan kenyal setelah digosok dengan beberapa tetes minyak zaitun dan kain lembut. Mengusap permukaan kulit dengan minyak zaitun bisa mengembalikan kilau dan membuatnya nampak bersih.

6 dari 8 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk keperluan rumah tangga

Cegah karat pada silet

Minyak zaitun juga bisa mencegah karat pada silet atau pisau cukur. Untuk membantu mereka bertahan lebih lama dan mencegah karat yang menumpuk, seka pisau cukur kering dengan bola kapas atau kapas yang dicelupkan ke dalam minyak zaitun. Biarkan bilah mengering sebelum digunakan.

Hilangkan kotoran membandel pada rambut dan kulit

Minyak zaitun akan mengurangi rasa sakit saat menghilangkan zat lengket seperti cat dan permen karet dari rambut. Cukup lapisi minyak zaitun area tersebut dengan baik dan perlahan-lahan bersihkan kotoran yang lengket dengan tisu.

Untuk noda membandel pada kulit, seperti pewarna rambut, minyak mobil, ter, tinta spidol permanen, dan cat minyak, campurkan beberapa tetes minyak dan satu sendok teh gula untuk membuat scrub yang lembut namun efektif mengangkat noda.

7 dari 8 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk keperluan rumah tangga

Atasi engsel pintu dan jendela yang berdecit

Beberapa tetes atau semprotan cepat minyak zaitun akan membungkam engsel yang berdecit di pintu, lemari, peralatan, atau pintu mobil. Minyak zaitun adalah pelumas, jadi masuk akal bahwa mengoleskannya ke engsel pintu yang berdecit mengganggu dapat menghilangkan derit.

Hilangkan noda dan goresan air

Buat semir furnitur yang bagus untuk digunakan setiap minggu dengan mencampurkan seperempat cangkir minyak zaitun, empat sendok makan cuka putih suling, dan dua sendok teh jus lemon. Tempatkan di dalam botol semprot dan kocok dengan baik sebelum digunakan. Larutan ini bisa digunakan untuk menghilangkan noda dan goresan air pada furnitur kayu dan porselen.

Cegah nyamuk

Tuang sedikit minyak zaitun ke dalam tong atau bak berisi genangan air. Minyak akan mengapung di atas dan mencegah nyamuk berkembang biak.

8 dari 8 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk keperluan rumah tangga

Buat aksesoris mutiara tetap berkilau

Mutiara bisa menjadi kusam karena riasan dan debu, tetapi banyak pembersih yang terlalu keras untuk digunakan pada hasil akhir yang halus. Teteskan sedikit minyak zaitun pada kain lembut dan dioleskan pada setiap mutiara. Keringkan dengan kain lembut.

Bantu lepas cincin yang ketat

Punya cincin yang tidak mau lepas dari jari? Lapisi jari dengan minyak zaitun dan gunakan kain lembut untuk menggenggam cincin dan perlahan-lahan bersihkan jari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini