Sukses

6 Kelemahan Honda Freed dan Kelebihan yang Dimiliki, Simak Ulasan Lengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Meski penjualan dari Honda Freed di Indonesia telah berakhir sejak 2017 lalu. Tapi, MPV dengan pintu geser ini masih menarik pecinta roda empat. Bagaimana tidak, desain yang mewah dan kualitas produksi yang baik khas Honda, menjadi alasan tersendiri mengapa banyak yang berburu Honda Freed bekas.

Namun, perlu rasanya untuk mengetahui apa saja kelebihan serta kelemahan Honda Freed tersebut. Tentu hal ini untuk menghindari masalah-masalah yang mungkin muncul sesaat setelah membeli Honda Freed dalam keadaan bekas.

Sebenarnya jika dilihat kelemahan Honda Freed, masih dalam taraf wajar. Bahkan, tidak ada kelemahan Honda Freed yang berakhir menjadi masalah serius.

Agar lebih jauh mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan Honda Freed, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu (14/10/2020).

2 dari 5 halaman

Kelebihan Honda Freed

1. Desain Mewah

Honda Freed sendiri sudah didukung dengan headlamp yang memiliki desain sipit dan terlihat sangat mewah. Kemudian, tampilan grill depan yang terdiri dari tiga baris dengan kolaborasi dua headlamp, menambah kesan mewah tersebut.

Selain itu, Honda Freed juga telah dilengkapi dengan lampu kabut berdesain minimalis yang diletakkan pada bumper. Penambahan lampu kabut tersebut menambah mewahnya tampilan Honda Freed.

Beralih ke bagian samping Honda Freed, spion mobil keluaran Honda ini sudah dilengkapi dengan lampu sein. Lalu pada bagian bodi samping Honda Freed, terdapat aksen gelombang dari ujung depan ke bagian ujung belakang.

Sedangkan dari bagian belakang Honda Freed, memiliki tampilan mewah dengan tambahan lampu yang desainnya mengikuti alur body.

 

2. Irit dan Ramah Lingkungan

Kemudian, Honda Freed memiliki kelebihan dari sisi konsumsi bahan bakar. Mobil ini cukup irit dibanding MPV lainnya. Untuk penggunaan di dalam kota, Honda Freed mampu menempuh jarak hingga 12 km per liter.

Sedangkan untuk rute di luar kota, konsumsi bensin Honda Freed dapat mencapai 13 km per liter. Lalu, jika mesin Honda Freed dipacu konstan dengan kecepatan 100 km/jam, maka konsumsi bensinnya bisa menembus angka 17 km per liter.

Selain konsumsi bahan bakar yang cukup irit, Honda Freed juga diklaim sangat efisien bahan bakar. Hal tersebut tidak lain berkat standar Euro-4 dan fitur ECO yang dimiliki Honda Freed. Dengan fitur tersebut juga, proses pembakaran Honda Freed menjadi sangat optimal. Bahkan emisi gas buang yang dihasilkan Honda Freed juga cukup ramah untuk lingkungan.

 

3. Fitur Keamanan Lengkap

Selain dari kedua hal di atas, Honda Freed juga memiliki berbagai fitur keamanan yang lengkap. Hal ini tentunya menjadi nilai plus tersendiri bagi mobil keluaran Honda tersebut. Mengingat, fitur keamanan yang baik dari Honda Freed bisa menekan angka kematian akibat kecelakaan di jalanan.

Honda Freed sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman berteknologi pretensioner dan load limiter. Teknologi tersebut dapat meminimalisir tekanan pada bagian dada sehingga tidak menyakitkan ketika terjadi pengereman mendadak atau tabrakan.

Selain itu, Honda Freed juga dilengkapi dengan dual SRS front airbags pada bagian pengemudi dan penumpang. Teknologi kantong udara tersebut dapat meminimalisir dampak buruk dari kecelakaan.

Lalu, Honda Freed selaku mobil keluarga, turut memberikan jaminan keamanan yang lebih baik dengan penggunaan struktur ACETM + G-CON. Struktur Honda Freed ini diklaim mampu meminimalisir kerusakan di area kabin ketiak terjadi tabrakan.

 

4. Nyaman Dikendarai

Dengan dibekali transmisi otomatis dengan 5 percepatan, menambah kenyamanan mengendari Honda Freed. Transmisi pada Honda Freed ini mampu diandalkan untuk melewati berbagai kondisi jalan dan kebutuhan, seperti kebutuhan untuk akselerasi cepat di jalanan menanjak.

Kemudian, kenyamanan mengendarai Honda Freed juga semakin lengkap karena dukungan berbagai fitur lainnya, seperti suspensi depan dan belakang yang menggunakan McPherson Strut with stabilizer dan H-Shape Torsion Beam.

Setir kemudi Honda Freed juga terasa sangat ringan, baik dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Usut punya usut, hal tersebut dikarenakan adanya fitur electric power steering yang mumpuni pada Honda Freed. Lalu, sebagai mobil keluarga dengan bodi cukup bongsor, Honda Freed memiliki radius putar cukup lebar, yaitu, 5,2 meter.

3 dari 5 halaman

Kelemahan Honda Freed

1. Bagasi Kecil dan Sempit

Sayang sekali, pada bagian bagasi menjadi salah satu kelemahan Honda Freed. Sebab, sebagai mobil MPV biasanya identik denga area bagasi yang lebar dan juga luas.

Hal tersebut tidak ditemukan pada Honda Freed, yang akhirnya menjadi pertimbangan besar bagi calon konsumen. Walaupun kursi belakang sudah dilipat, bagasi dari Honda Freed tetap kecil.

 

2. Fasilitas Hiburan Tidak Lengkap

Meski terkesan mewah dan mahal, sayangnya dari sisi fasilitas hiburan tidak lengkap. Hal ini mungkin cukup mengecewakan. Namun, perihal fasilitas hiburan ini masih bisa diatasi dengan memasang perangkat hiburan tambahan di toko aksesoris mobil.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Honda Freed

Mesin

Tipe Mesin: 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW + TBR

Kapasitas Mesin: 1497 cc

Silinder: 4

Transmisi: Otomatis

Tipe Transmisi: 5 Kecepatan

Tenaga Maksimal: 87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm

Torsi Maksimal: 14,9 kg.m (146Nm) / 4.800 rpm

Bahan Bakar: Bensin

 

Dimensi

Panjang: 4215 mm

Lebar: 1700 mm

Tinggi: 1740 mm

Jarak Poros Roda: 2740 mm

Kapasitas Tangki: 42 L

 

Sasis

Suspensi Depan: MacPherson Strut

Suspensi Belakang: H-Shape Torsion Beam

ABS: Ada

EBD: Ada

5 dari 5 halaman

Daftar Eksterior, Interior, dan Fitur Keamanan

Eksterior             

Lampu Depan: Halogen Headlight

Fog Lamp: All Type

Door Mirror : Body Color (With Tuning Signal)

Tailgate Spoiler: All Type

LED Mount stop Lamp: All Type

LED Hight Mount Stop Lamp: All Type

 

Interior

Power Sliding Door Button: Left Side (Type S), Both Side (Type E)

Audio: Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA, CD  Player + USB Port + AUX Input + Made For iPhone

Interior Color: Black

ECO Assist: All Type

Audio Steering Switch: All Type

Power Window: All Type

Front & Rear Seat reclining: All Type

Auto A/C with Smart Touch: Type E

Heater: Type E

 

Fitur Keamanan               

Struktur kerangka body: G-CON + ACE

Dual Front Air bags: All Type

Pedestrian Protection: All Type

ABS + EBD:  All Type

Pretensioner with load Limiter Seatbelt: All type

Sabuk Keselamatan (Front): Seatbelt 3P ELR (x2)

Sabuk Keselamatan (Rear): Seatbelt 3P ELR (x2)

ISOFIX dan Tether: All type

Key Type: Wave Key

Keyless entry: All Type

Immobilizer: All Type

Alarm System: All Type

Auto Door Lock by speed: All Type

Smart Entry System: All Type