Sukses

Google Maps adalah Aplikasi Peta Online Gratis, Kenali Cara Menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Google Maps adalah adalah aplikasi peta online gratis dari Google. Google Maps dapat diakses melalui browser web atau melalui perangkat mobile. Kamu dapat menggunakannya secara maksimal asalkan koneksi jaringan internet berjalan lancar.

Kamu dapat menggunakan Google Maps untuk mendapatkan arahan yang detail dari suatu lokasi. Ponsel kamu dapat memberitahu kapan seharusnya berbelok ke kiri, putar balik, atau hanya tetap melaju lurus. Google Maps bahkan dapat memberitahu kamu saat kondisi jalan sedang macet dan akan menyarankan rute alternatif.

Google Maps adalah layanan yang memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum.

Google Maps dibuat dengan menggunakan kombinasi dari gambar peta, database, serta objek-objek interaktif yang dibuat dengan bahasa pemrograman HTML, Javascript, dan AJAX, serta beberapa bahasa pemrograman lainnya.

Gambar-gambar peta yang muncul pada layar merupakan hasil komunikasi dari pengguna dengan database pada web server google untuk menampilkan gabungan dari potongan-potongan gambar yang diminta.

Seluruh citra yang ada diintegrasikan ke dalam suatu database pada google server, yang nantinya akan dipanggil sesuai kebutuhan permintaan. Berikut Liputan6.com rangkum dari Google Support, Rabu (14/10/2020) tentang Google Maps.

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Google Maps

Google Maps adalah aplikasi peta online gratis yang bisa digunakan pada komputer, ponsel, atau tablet untuk menelusuri, menjelajahi, dan menemukan jalan di seluruh dunia. Di komputer, kamu bisa membuka Google Maps pada browser. Sedangkan di ponsel atau tablet, gunakan aplikasi Google Maps.

Unduh Google Maps terlebih dahulu.

Sebelum menggunakan Google Maps, kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu melalui Play Store atau App Store. Google Maps sudah diakusisi oleh Google pada tahun 2004. Google Maps diubah menjadi sebuah aplikasi web. Kemudian Google Maps resmi diluncurkan pada Februari 2005.

Simpan alamat rumah dan kantor agar lebih aman.

Google Maps adalah aplikasi serbaguna yang sangat praktis. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan dengan Google Maps adalah menyimpan alamat rumah dan kantormu. Caranya buka Google Maps, pilih tombol menu, kemudian akan muncul tiga garis horizontal di sudut kiri atas.

Kemudian pilih tempat yang akan kamu simpan. Penyimpanan ini berfungsi agar Google Maps bisa menavigasi tempat tinggal dan rumahmu dengan cepat, agar kamu tidak tersesat.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Google Maps

Google Maps adalah aplikasi yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat mulai menggunakan aplikasi ini.

Mencari arah dengan cepat.

Kamu terkadang bingung dengan arah yang sudah diberikan oleh Google Maps. Google Maps adalah sebuah aplikasi yang juga memberikan penawaran panduan suara. Kamu akan dituntun oleh suara tersebut untuk bisa menentukan arah dengan cepat. Belok kanan, belok kiri, masuk gang, dan jalan pintas lainnya.

Caranya, setelah kamu sudah menentukan tempat yang akan kamu tuju, tekan tombol 'start' di pojok kanan bawah. Maka otomatis suara akan muncul dengan sendirinya.

Berbagi lokasi kepada orang lain secara langsung.

Apabila ada teman atau saudara yang ingin mengetahui di mana posisimu saat ini berada, kamu bisa membagikan lokasimu secara langsung kepadanya.

Caranya kamu bisa memilih tombol menu tiga baris di sudut kiri atas. Kemudian pilih berbagi lokasi. Selanjutnya kamu bisa mengetuk ikon tambahkan orang di kanan atas, kemudian pilih orang yang akan kamu bagikan.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Google Maps

Berbagi suatu lokasi.

Google Maps adalah aplikasi yang sangat membantu dalam menentukan arah jalan. Bahkan kamu bisa menggunakannya apabila kamu takut orang lain salah jalan, kamu bisa membagikan lokasi yang ingin ia tuju melalui Google Maps. Seperti kantor, restoran, sekolah, toko buku, atau lokasi lainnya.

Caranya cukup ketuk dan tahan di lokasi mana pun untuk dijatuhkan pin. Kemudian ketuk bagian alamat di bagian bawah layar untuk membentangkannya, lalu ketuk bagikan.

Melihat suasana jalanan secara langsung.

Jika masih takut salah jalan, kamu bisa melihat suasana jalanan secara langsung. Kamu bisa menggunakan Street View. Caranya sentuh dan tahan pada peta untuk menjatuhkan pin di lokasi yang kamu inginkan. Kamu akan melihat gambar lokasi di bagian bawah layar, kemudian klik gambar tersebut.

Menggunakan Google Maps secara offline.

Google Maps adalah aplikasi yang juga bisa digunakan secara offline. Caranya setelah kamu memilih suatu tempat secara online, kemudian simpan di Google Maps. Lokasi yang sudah disimpan bisa kamu buka kembali di menu Google Maps dengan cara mengetuk tiga garis horizontal di kiri atas. Kemudian scroll dan pilih lokasi offline. Lokasi offline yang sudah kamu simpan ini memiliki masa kadaluarsa selama 30 hari.