Sukses

7 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak, Bantu Pertumbuhan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak ikan untuk anak dapat menjaga kesehatan dan membantu tumbuh kembangnya. Hal ini berkaitan dengan berbagai nutrisi yang terdapat dalam minyak ikan ini. Salah satunya adalah asam lemak omega-3, yang sangat penting agar fungsi berbagai organ tubuh anak dapat bekerja secara optimal.

Minyak ikan atau fish oil merupakan minyak yang diekstraksi dari jaringan ikan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk mengonsumsi 1 hingga 2 porsi ikan setiap minggunya. Omega-3 yang berasal dari minyak ikan memiliki lebih banyak manfaat kesehatan dibandingkan dengan omega-3 dari sumber tumbuhan.

Manfaat minyak ikan untuk anak tentunya harus dikonsumsumsi sesuai takaran yang tepat. Bila tidak dapat mengonsumsi 1 hingga 2 porsi ikan per minggu, suplemen minyak ikan juga dapat membantu memenuhi kebutuhan omega-3 anak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/10/2020) tentang manfaat minyak ikan untuk anak.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Meringankan Gejala Asma

Manfaat minyak ikan untuk anak yang pertama adalah meringankan gejala asma. Hal ini tentunya berkat kandungan omega-3 di dalamnya. Asma merupakan kondisi kronis yang menyebabkan gejala-gejala seperti nyeri dada, kesulitan bernafas, batuk, dan mengi.

Sebuah penelitian dilakukan pada 29 orang anak yang mengonsumsi kapsul minyak ikan berisi 120 mg kombinasi DHA dan EPA setiap harinya. Hasilnya, anak-anak tersebut mengalami penurunan gejala asma.

Meningkatkan Fungsi Otak

Asam lemak omega-3 ternyata juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mood pada anak-anak, khususnya pembelajaran, memori, dan perkembangan otak. Hal ini tentunya semakin menegaskan manfaat minyak ikan untuk anak yang sangat baik untuk pertumbuhannya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diadakan selama 6 bulan pada 183 anak yang mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, mereka mengalami perbaikan kemampuan belajar verbal dan memori.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Mengatasi Gejala ADHD

Manfaat minyak ikan untuk anak juga dapat mengatasi gejala ADHD. Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan gangguan mental yang ditandai dengan gejala hiperaktivitas, impulsif, dan kesulitan untuk fokus.

Beberapa penelitian menunjukkan kandungan omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan dapat mengatasi anak hiperaktif, serta meningkatkan ingatan, perhatian, dan pembelajaran (yang semuanya sering dipengaruhi oleh ADHD). Selain itu, masih banyak lagi penelitian yang menunjukkan omega-3 dapat membantu mengurangi gejala ADHD.

Mengatasi Gangguan Tidur

Gangguan tidur tidak jarang dialami oleh anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun. Manfaat minyak ikan untuk anak dapat mengatasi gangguan tidur tersebut. Sebuah penelitian yang melibatkan 395 anak-anak dengan kadar omega-3 dalam darah yang rendah menunjukkan, mereka memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah tidur.

Tak hanya itu, memberikan 600 mg DHA lebih dari 16 minggu ternyata dapat menurunkan gangguan tidur dan menambah waktu tidur 1 jam setiap malamnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Memperkuat Tulang

Manfaat minyak ikan untuk anak berikutnya adalah untuk memperkuat tulang. Minyak ikan kaya akan vitamin D yang tentunya baik untuk memperkuat tulang anak. Selain itu, kandungan omega-3 dalam minyak ikan juga sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang anak.

Mengurangi Peradangan dan Nyeri Sendi

Minyak ikan diketahui mengandung bahan antiradang yang dapat menurunkan senyawa sitokin. Sitokin adalah senyawa peradangan pada orang-orang yang sedang stres atau mengalami obesitas. Selain itu, minyak ikan juga dapat mengurangi nyeri sendi dan kekakuan pada anak yang memiliki radang sendi.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan DHA dalam minyak ikan sangat efektif untuk membantu meningkatkan penglihatan anak. Terlebih, minyak ikan kaya akan vitamin A, yang dikenal baik bagi kesehatan mata. Manfaat minyak ikan untuk anak yang satu ini tentunya sangat penting.

Itulah beberapa manfaat minyak ikan untuk anak yang sangat dipengaruhi oleh kandungan omega-3 dan nutrisi lain yang dimilikinya. Kamu bisa memberikan anak minyak ikan ini sesuai dengan takaran yang dianjurkan oleh dokter.