Sukses

12 Makanan Khas Negara Inggris yang Lezat dan Mendunia, Menarik untuk Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas negara Inggris yang menggugah selera patut dicoba. Bagi kamu pecinta kuliner, makanan khas negara Inggris bisa menjadi salah satu menu yang menarik untuk dicicipi. Makanan tersebut bukan berarti harus dinikmati di Inggris, karena juga bisa dicari di Indonesia. 

Makanan khas negara Inggris tentunya dapat menggoyang lidah para pecinta kuliner. Jika berkunjung ke negara Inggris, makanan khas negara Inggris tak boleh ketinggalan untuk dicoba. Ciri dari makanan khas negara Inggris adalah makanan yang pengolahannya cukup mudah.

Dengan mengintip beberapa resep yang tersedia di internet, kamu sudah bisa membuatnya di rumah tanpa harus membeli ataupun berkunjung ke negara Inggris. Walaupun pengolahannya terbilang mudah, namun rasa makanan khas negara Inggris memiliki rasa yang istimewa

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang makanan khas negara Inggris yang mendunia dan menggugah selera, Kamis (15/10/2020).

2 dari 3 halaman

Makanan Khas Negara Inggris

Mengetahui tentang apa saja makanan khas negara Inggris dapat membantu kamu mengenal lebih jauh tentang salah satu negara di Eropa ini. Cara pengolahannya yang mudah dan menyajikan rasa istimewa membuat makanan khas negara Inggris selalu mengoyang lidah para penikmat kuliner.

1. Pie dan Bir Piterseli

Makanan khas negara Inggris yang pertama adalah pie dan bir peterseli. Pie dan bir peterseli merupakan makanan tradisional Inggris yang patut untuk dicoba ketika berkunjung ke negara Inggris. Pie ini terdapat dua macam varian isi, ada pie isi daging dan pie manis. Pie daging sangat populer dan masyarakat di sana menganggap bahwa pie daging berasal dari sana.

Pie dan bir peterseli ini merupakan makanan khas Inggris yang berbahan dasar dari belut. Namun seiring dengan perkembangannya, komponen belut dalam bahan pembuatannya diganti dengan daging sapi.

Makanan ini dalam penyajiannya biasanya tanpa menggunakan saus. Tak hanya itu, makanan ini juga sangat cocok disandingkan dengan Bir hijau non-alkohol peterseli yang dapat menghangatkan tubuh.

2. Black Pudding

Mendengar kata puding tentunya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat puding kerap menjadi makanan penutup. Namun rupanya puding yang berasal dari Inggris ini bukan puding yang manis pda umumnya.

Black pudding merupakan makanan khas negara Inggris. Black pudding adalah salah satu jenis sosis tradisional yang berasal dari Inggris. Makanan khas Inggris yang satu ini terbuat dari darah babi yang telah dikeringkan dan juga lemak babi. Namun banyak dari masyarakat Inggris yang beranggapan bahwa makanan ini lebih enak jika dibuat menggunakan darah babi yang masih segar dan belum menggumpal.

Black Pudding merupakan salah satu makanan yang bertekstur halus namun mudah rusak. Dalam kebiasaan masyarakat Inggris biasanya menyantap makanan ini pada saat sarapan dan dalam berbagai kesempatan khusus. Black Pudding ini biasa dihidangkan dengan bumbu yang pedas.

3. Bubble and Squeak

Makanan khas negara Inggris selanjutnya adalah bubble and squeak. Makanan khas negara Inggris satu ini identik dengan sayur-sayuran. Bagi kamu pecinta sayur-sayuran, makanan khas negara Inggris satu ini bisa kamu coba.

Bubble & Squeak ini tercipta dari daging beku, kentang, dan kubis. Namun banyak juga yang menciptakan makanan khas ini dengan menambahkan wortel, kacang polong, kecambah brussels, dan masih banyak jenis sayuran lainnya yang dapat ditambahkan dalam penciptaan Bubble & Squeak ini.

Proses pembuatan makanan khas Inggris yang satu ini paling mudah. Sayuran beserta daging cincang dibaur kemudian digoreng. Tambahkan pula kentang tumbuk yang kemudian dibaur dengan daging yang digoreng sampai berwarna kecoklatan.

4. Yorkshire Pudding

Puding ini sudah berabad – abad menjadi kudapan favorit masyarakat Inggris. Yorkshire pudding merupakan makanan khas negara Inggris selanjutnya yang patut kamu coba ketika berkunjung ke salah satu negara Eropa ini. Makanan khas yang satu ini adalahmakanan khas yang berasal dari wilayah Yorkshire. Pudding ini bertolak belakang dengan puding pada umumnya sebab puding ini mempunyai toping daging dan sayuran. Makanan yang satu ini tercipta dari tepung gandum, susu, air, dan telur yang dipanggang diatas tungku, maupun di dalam oven.

5. Keju Cheddar

Keju cheddar merupakan makanan khas negara Inggris selanjutnya yang mendunia dan menggugah selera. Kata cheddar diambil dari asalnya, yaitu desa Cheddar di Somerset, Inggris, keju Cheddar merupakan salah satu jenis keju yang sangat populer di pangsa pasar Britania Raya. Keju ini termasuk jenis hard Cheese dan dibuat dari susu sapi. Bila masih muda, warnanya kuning terang dan teksturnya lunak. Sedangkan jika sudah tua, warnanya akan menjadi gelap dan teksturnya makin keras.

6. Roast Meat

Roast meat adalah makanan khas negara Inggris paling enak dan patut untuk dicoba. Makanan khas Inggris yang biasa anda menyebutnya dengan daging panggang ini adalahsalah satu pilihan pilihan yang paling pas di Inggris.

Bahan dasar yang dipakai dalam penciptaan daging panggang ini ialah daging iga sapi, kambing, atau bahkan daging ayam utuh. Cara memasaknya sangatlah mudah, lumayan dengan memanggangnya di dalam oven tidak cukup lebih sekitar 2 jam.

3 dari 3 halaman

Makanan Khas Negara Inggris

7. Fish and Chips

Makanan khas negara Inggris selanjutnya adalah fish and chips. Makanan khas negara Inggris satu ini adalah salah satu makanan yang kerap dicari dan proses pembuatannya cukup mudah. Fish and Chip merupakan makanan yang bahan utamanya dari ikan dan kentang dan cara pengolahannya pun dengan digoreng. Walaupun di goreng, makanan ini tekstur sangat lembut. Hal ini disebabkan karena ikan yang digunakan telah dihaluskan terlebih dahulu. Makanan khas Inggris yang satu ini seringkali disajikan menyeluruh dengan saus tar-tar khas Inggris.

8. Full English Breakfast

Makanan khas negara Inggris selanjutnya adalah menu sarapan lengkap ala masyarakat Inggris.  Masakan ini di masak dengan cara tradisional yang dimakan pada saat sarapan, walaupun saat ini juga sering disajikan pada waktu makan  yang lain. Full breakfast pada umumnya mengkombinasikan beberapa jenis makanan yang digoreng, biasanya adalah bacon, telur, sosis, jamur, kacang , hash browns, tomat dan black pudding. 

9. Lancashire Hotpot

Lancashire hotpot adalah makanan khas negara Inggris selanjutnya yang menarik untuk dicoba. Makanan ini berasal dari kota industri Lancashire di barat laut Inggris.

Makanan ini adalah sebuah hidangan panggang yang terdiri dari daging, bawang merah dan kentang yang dipanggang di dalam panci besar selama sehari dengan api kecil, membuat bumbu – bumbu yang ada dapat meresap secara maksimal ke dalam daging.

10. Muffin

Muffin merupakan salah satu makanan khas negara Inggris yang cukup terkenal dan sudah mendunia. Para chef handal Indonesia tentunya bisa menyajikan salah satu makanan khas negara Inggris satu ini.

Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk gulungan, budar dan tipis. Bahan dasarnya terbuat dari adonan roti yang diberi ragi. Cara makannya cukup unik, harus disobek dulu dan diberi plesan mentega kemudian dipanggang lagi.

11. Custard

Custard merupakan makanan khas negara Inggris selanjutnya yang patut untuk dicicipi. Sekilas makanan ini nampak seperti egg tart Hongkong. Namun cara penyajian egg tart dan custard juga cukup berbeda.

Cara membuat custard sama dengan membuat kue pie pada umumnya. Adonan pie diisi dengan olahan susu, krim dan kuning telur, kemudian dipanggang. Penyajian custard biasanya disajikan dalam bentuk satu loyang utuh. Untuk penyajian custard saat sarapan, biasanya disajikan bersama dengan susu.

12. Eton Mess

Bagi pecinta kuliner, eton mess merupakan makanan khas negara Inggris selanjutnya yang menarik untuk dicicipi. Makanan ini merupakan menu makanan penutup yang dibuat dari bahan dasar merangue, krim, dan stroberi yang telah dihaluskan terlebih dahulu.