Sukses

11 Cara Menghilangkan Cat Kuku Tanpa ke Salon dan Aseton

Cara menghilangkan cat kuku dengan bahan alami dan non-aseton.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menganggap cara menghilangkan cat kuku hanya bisa dengan nail polish remover. Padahal ada banyak bahan-bahan tak beraseton yang bisa digunakan untuk menghilangkan cat kuku.

Bahan-bahan ini pun mudah ditemukan di rumah. Jadi membuat cara menghilangkan cat kuku lebih gampang dipraktikkan, tentu tanpa perlu ke salon.

Cara menghilangkan cat kuku ini hanya gunakan hair spray, alkohol, hand sanitizer, cuka, sampai baking soda. Meski terlihat cukup mustahil, tetapi cara ini cukup efektif walaupun membutuhkan kesabaran ekstra juga.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan cat kuku dari berbagai sumber, Jumat (16/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Cat Kuku

Hair Spray

Hair spray tak hanya bisa digunakan untuk perawatan rambut. Hair spray juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan cat kuku. Cara ini pun mudah sekali diterapkan di rumah, enggak perlu ke salon.

Siapkan hair spray dan kapas. Semprotkan hair spray pada kapas secukupnya. Usapkan kapas pada kuku searah dan perlahan. Lakukan sampai cat kuku bersih. Lalu oleskan pelembap agar kuku tetap terhidrasi.

Cuka

Cuka bisa dikolaborasikan dengan lemon untuk menghilangkan cat kuku. Keduanya memiliki sifat asam yang efektif hilangkan cat. Apalagi campuran bahan ini juga tak mengandung alkohol sama sekali.

Siapkan dua sendok makan cuka, campurkan dengan beberapa tetes air perasan jeruk lemon. Tunggu selama 10-20 menit, lalu basahi kapas dengan air. Jika sudah, usapkan pada kuku sampai cat terangkat dan oleskan pelembap.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Cat Kuku

Hidrogen Peroksida

Tak harus menggunakan aseton, karena hidrogen peroksida bisa membantu menghilangkan cat kuku juga. Hidrogen ini termasuk produk pemutih penghilang noda, jadi memang cocok untuk hilangkan cat.

Hidrogen peroksida memicu pelepasan oksigen secara alami. Aktivitas inilah yang bisa mempermudah pelepasan cat dari kuku. Campurkan setengah cangkir hidrogen peroksida dengan seperempat cangkir air hangat.

Kemudian, rendam jari-jari sambil mengelupasi cat. Jika sudah selesai, bersihkan kuku dengan air dan keringkan. Jangan lupa untuk mengoleskan krim pelembap.

Air Hangat

Cara sederhana yang bisa menghapus cat kuku secara alami adalah merendam cat kuku dalam air hangat. Rendam jari-jarimu di dalam air hangat selama 20-25 menit.

Tunggu sampai cat kuku benar-benar melunak. Setelah itu bisa langsung melepaskan cat dari kuku. Cara ini memang membutuhkan kesabaran ekstra, tetapi efektif juga.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Cat Kuku

Cat Kuku Gelap

Cat kuku berwarna gelap pun bisa dipakai untuk menghilangkan cat. Memang cukup mengejutkan, tetapi cara ini cukup efektif dilakukan. Hanya perlu menyiapkan cat kuku gelap secukupnya.

Lalu timpa cat lama dengan cat gelap. Pastikan untuk tidak mendiamkannya lama. Langsung saja setelah menimpa, hapus dengan kapas sebelum kering. Lakukan untuk semua cat kuku yang ingin dihapus. Jangan lupa oleskan pelembap juga.

Top Nail Coat

Top nail coat bisa dipakai sebagai cara menghilangkan cat kuku. Pelapis luar kuku yang transparan terbilang efektif meski terlihat tak memungkinkan. Caranya hampir sama dengan cat gelap untuk menghapus cat kuku lama.

Timpa cat lama dengan top nail coat. Pastikan untuk tidak mendiamkannya lama. Langsung saja setelah menimpa, hapus dengan kapas sebelum kering. Lakukan untuk semua cat kuku yang ingin dihapus. Jangan lupa oleskan pelembap juga.

Alkohol

Alkohol termasuk bahan non-aseton yang cocok dipakai sebagai cara menghilangkan cat kuku. Meski sebenarnya efektivitasnya tak semaksimal aseton. Waktu yang dibutuhkan lebih lama, tetapi efektif juga.

Tidak ada salahnya jika ingin mencoba menggunakan alkohol untuk membersihkan cat kuku. Siapkan alkohol secukupnya, kapas, dan pelembap. Lalu basahi kapas dengan alkohol dan usapkan pada cat kuku yang ingin dihilangkan. Usap perlahan dan jangan lupa beri pelembap.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Cat Kuku

Hand Sanitizer

Hand sanitizer merupakan cairan antiseptik pembersih kuman. Hand sanitizer ini mengandung alkohol yang cukup tinggi. Enggak heran kalau efektif dipakai sebagai cara menghilangkan cat kuku.

Bahan ini tak beraseton, jadi aman digunakan. Meski memerlukan waktu lebih lama, tetapi cukup efektif dipraktikkan. Cara menerapkannya juga mirip dengan alkohol.

Siapkan hand sanitizer secukupnya, kapas, dan pelembap. Lalu basahi kapas dengan hand sanitizer dan usapkan pada cat kuku yang ingin dihilangkan. Usap perlahan dan jangan lupa beri pelembap.

Pasta Gigi

Pasta gigi bisa dipakai sebagai cara menghilangkan cat kuku. Cara ini mudah dipraktikkan di rumah. Meski tak beraseton, pasta gigi terbilang efektif untuk menghilangkan cat kuku. Hanya perlu kesabaran ekstra ketika mempraktikkannya.

Siapkan pasta gigi apa saja secukupnya. Oleskan pasta gigi pada kuku-kuku jari. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, kikis cat menggunakan kapas atau kain halus. Bersihkan dengan air dan jangan lupa pakai pelembap.

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Cat Kuku

Baking Soda

Baking soda tak hanya mudah ditemukan. Bahan yang satu ini efektif dipakai sebagai cara menghilangkan cat kuku. Apalagi baking soda tak mengandung aseton.

Hal ini disebabkan karena baking soda memiliki sifat abrasif. Sifat ini mampu mengikis cat kuku dengan efektif. Hanya perlu menyiapkan baking soda secukupnya.

Tambahkan baking soda dengan air hangat, aduk menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada cat kuku yang ingin dihilangkan. Diamkan beberapa saat dan usap dengan kapas sampai cat kuku terangkat. Bersihkan dengan air dan olesi pelembap.

Alat Pengikir Kuku

Alat pengkikir kuku hanya efektif mengangkat cat kuku yang sudah rapuh. Untuk diterapkan pada cat baru mungkin akan lebih sulit. Penerapannya juga harus hati-hati dan penuh kesabaran.

Kikir cat kuku perlahan. Jangan tergesa-gesa karena akan merusak kuku. Jangan lupa untuk merendam cat kuku dengan air hangat terlebih dahulu. Bilas dengan air setelah dikikir dan olesi dengan pelembap.

7 dari 7 halaman

Tips Merawat Kuku

Usahakan Kuku Tetap Kering

Jika memiliki kuku yang panjang, sebaiknya rawatlah dengan baik. Usahakan untuk mengeringkan kuku ketika sehabis menyuci tangan. Sebab jika kuku basah dan lembab, akan memudahkan kotoran dan kuman menempel pada kuku.

Memakai Pelembap

Menggunakan pelembap juga disarankan untuk merawat kuku. Gunakan pelembap bisa untuk memberikan nutrisi pada kulit di sekitar kuku. Jika kulit di sekitar kuku mengering, dapat mengakibatkan kuku juga mengalami kerusakan.

Gunakan Minyak Zaitun

Selain dapat melembabkan kulit dan digunakan untuk perawatan kecantikan, minyak zaitun dapat digunakan untuk merawat kulit agar terlihat lebih sehat dan cantik. Kandungan vitamin pada minyak zaitun dipercaya dapat menutrisi kuku supaya lebih sehat dan berkilau. Cara menggunakannya cukup mudah, dengan mengoleskan minyak zaitun pada kuku menggunakan kapas.

Rendam

Jeruk lemon dapat digunakan untuk merawat kuku. Jika kukumu mengalami perubahan warna menjadi kusam, cobalah untuk merendamnya pada air perasan jeruk lemon. Dapat dipastikan kuku akan terlihat lebih mengilap.

Bersihkan dengan Blimbing Wuluh

Selain menggunakan perasan jeruk lemon, bisa juga membersihkan dan merawat kuku menggunakan blimbing wuluh. Caranya mudah sekali, potong blimbing wuluh, lalu gosok-gosokan pada kuku. Kandungan vitamin C pada blimbing wuluh dipercaya dapat menghilangkan kotoran dan membuat kuku terlihat berkilau.

Perawatan dari Dalam

Selain melakukan perawatan dari luar, lakukan juga perawatan dari dalam. Perawatan dari dalam yang dimaksud adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Makanan yang baik dikonsumsi untuk merawat kuku yaitu, buah dan sayur mengandung vitamin A serta kalsium seperti susu, yoghurt dan keju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini