Sukses

Nama Anak Presiden Jokowi Lengkap dengan Artinya, Unik dan Kental Nuansa Jawa

Liputan6.com, Jakarta Nama anak Presiden Jokowi membantu kamu untuk lebih mengenal lingkup keluarga Presiden Republik Indonesia ke-7 ini. Seperti yang diketahui, nama anak Presiden Jokowi sangat unik dan tentunya memiliki makna mendalam. Menjadi orang nomor satu di Indonesia tentunya membuat Presiden Jokowi selalu menjadi perhatian, tak terkecuali nama anak Presiden Jokowi.

Nama anak Presiden Jokowi tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Nama ketiga buah hati Presiden Jokowi dan Ibu Iriana yakni Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Berasal dari Solo, Jawa Tengah tak heran jika nama anak Presiden Jokowi kental dengan nuansa Jawa dan tentunya memiliki makna mendalam. Tak hanya ketiga anaknya, cucu Presiden Jokowi juga memiliki nama yang unik dengan makna yang indah.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang nama anak Presiden Jokowi lengkap dengan artinya yang unik dan memiliki makna mendalam, Jumat (16/10/2020).

2 dari 4 halaman

Nama Anak Presiden Jokowi

Nama anak Presiden Jokowi penting untuk kamu ketahui agar menambah pengetahuan kamu tentang silsilah keluarga orang nomor satu di Indonesia ini. Menjadi orang nomor satu di Indonesia dan tentunya sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, keluarga presiden Jokowi tak lepas dari perhatian. Tak hanya kehidupannya, nama anak Presiden Jokowi pun kerap dicari oleh masyarakat Indonesia.

1. Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka merupakan anak sulung dari presiden Jokowi dan Ibu Iriana. Nama anak Presiden Jokowi yang pertama ini tentunya memiliki makna indah dan tentunya kental dengan nuansa Jawa. Gibran Rakabumin Raka merupakan anak sulung Presiden Jokowi yang lahir di Solo pada 1 Oktober 1987. Kini usia kakak Kaesang Pangarep ini sudah berusia 33 tahun.

Pada 11 Juni 2015, Gibran menikahi Selvi Ananda, seorang mantan putri Solo. Pada Pada 10 Maret 2016, Gibran dan Selvi dikaruniai seorang anak laki-laki yang dinamai Jan Ethes Srinarendra. Pada 15 November 2019, Gibran dan Selvi dikarunai anak perempuan bernama La Lembah Manah.

Nama anak Presiden Jokowi yang bernama Gibran Rakabuming Raka merupakan lulusan Management Development Institute of Singapore (MDIS) pada tahun 2007 dan kemudian melanjutkan studinya ke University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga lulus pada tahun 2010. 

Memiliki nama yang unik dan kental dengan nuansa Jawa, nama anak Presiden Jokowi yang pertama ini bermakna ‘putra pertama yang pandai namun tetap sederhana dan membumi'.

Punya nama yang unik, tersimpan doa yang sederhana pada nama Gibran. Dalam bahasa Arab, Gibran bisa diartikan sebagai 'orang yang pandai' atau bisa juga akronim dari gigih dan berani.

Sementara makna untuk Rakabuming, merupakan gabungan tiga kata berbeda, yakni 'Raka', 'Bumi', dan 'Ing'. Dalam bahasa Indonesia Raka berarti kakak laki-laki, Bumi berarti tanah, dan Ing merupakan bahasa Jawa berarti 'di'. 

2. Kahiyang Ayu

Nama anak Presiden Jokowi yang kedua yakni bernama Kahiyang Ayu. Menjadi salah satunya anak perempuan, Kahiyang Ayu tak lepas dari perhatian. Belum lama ini, kabar bahagia menyelimuti Kahiyang Ayu dan sang suami karena baru saja dikaruniai anak kedua.

Kahiyang Ayu lahir di Solo pada tanggal 20 April 1991. Kini, usia anak kedua Presiden Jokowi dan Ibu Iriana ini menginjak 29 tahun. Pada 8 November 2017, Kahiyang menikah dengan seorang pengusaha bernama Bobby Nasution. 

Pada 1 Agustus 2018, Kahiyang Ayu melahirkan anak pertama berjenis kelamin perempuan bernama Sedah Mirah Nasution. Pada 3 Agustus 2020, Kahiyang Ayu dan Bobby Naustion dikaruniai anak kedua berjenis kelamin laki-laki bernama Panembahan Al Nahyan Nasution.

Sudah bukan menjadi rahasia publik jika nama anak Presiden Jokowi bahkan cucu Presiden Jokowi kental akan nuansa Jawa. Nama anak Presiden Jokowi yang kedua yakni Kahiyang Ayu tentunya bermakna indah. Kahiyang dalam bahasa Jawa bisa diartikan sebagai 'yang tersayang'. Sedangkan Ayu memiliki arti cantik dalam kosakata bahasa Jawa.

3. Kaesang Pangarep

Nama anak Presiden Jokowi yang ketiga yakni bernama Kaesang Pangarep. Kaesang Pangarep cukup aktif di media sosial dan kerap menyapa para pengikutnya di media sosial. Bungsu dari tiga bersaudara ini tak jarang menjadi inspirasi karena di usianya yang masih terbilang muda, Kaesang Pangarep sudah dapat dibilang sukses dalam merintis bisnisnya.

Kaesang Pangarep merupakan anak ketiga Presiden Jokowi dan Ibu Iriana yang lahir di Solo pada tanggal 25 Desember 1994. Tepat pada 25 Desember mendatang, Kaesang genap berusia 26 tahun. Kaesang Pangarep telah lulus dari Anglo-Chinese School (International) pada November 2014.

Punya nama yang unik, nama anak Presiden Jokowi yang ketiga ini terdiri dari tiga suku kata bahasa Jawa. Kae berarti 'itu', Sang bermakna 'yang' dan Pangarep berarti yang diharapkan atau yang terdepan. Kata Sang juga merupakan kosakata bahasa Vietnam yang berarti bangsawan atau cerah. 

3 dari 4 halaman

Menantu Presiden Jokowi

Dua dari anak Presiden Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu sudah melepas masa lajangnya. Gibran menikah dengan Selvi Ananda pada tahun 2015, sementara Kahiyang Ayu menikah dengan Bobby Nasution pada tahun 2017.

Selvi Ananda merupakan menantu pertama Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. Selvi Ananda lahir di Solo pada 9 Januari 1989. Selvi Ananda adalah putri dari pasangan Fransiska Sri Partini dan Ignatius Didit Supriyadi. Istri Gibran Rakabuming Raka ini merupakan alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta. Pada tahun 2009, Selvi Ananda dinobatkan menjadi pemenang kontes Putri Solo

Bobby Nasution merupakan menantu kedua Presiden Jokowi. Bobby Nasution menikahi Kahiyang Ayu pada 8 November 2017. Bobby Nasution lahir di Medan pada tanggal 5 Juli 1991. Ia merupakan alumnus dari Institut Pertanian Bogor dalam jurusan Agribisnis di Fakultas Ekonomi dan Manajemen dan keturunan dari Raja Gunung Baringin Nasution, Panyabungan Timur, Mandailing Natal. Pada 25 September 2019, ia resmi lulus S2 dari Institut Pertanian Bogor dengan predikat memuaskan.

 

4 dari 4 halaman

Mengenal Lebih Dekat Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

Mengenal Presiden Jokowi :

Setelah mengetahui nama anak Presiden Jokowi, berikut ini ulasan singkat mengenai Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. Biodata singkat tersebut tentunya membantu kamu untuk lebih mengenal Presiden Indonesia yang ke-7 ini.

Presiden Jokowi lahir pada 21 Juni 1961. Ia lahir dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Sebagai anak sulung dari empat bersaudara, dan merupakan putra satu-satunya, Jokowi memiliki tiga orang adik perempuan, yaitu Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati. Presiden Jokowi menikah dengan Ibu Iriana pada pada 24 Desember 1986 di Solo. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana memiliki tiga orang anak. Nama anak Presiden Jokowi yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Terkait Pendidikannya, Presiden Jokowi mengenyam pendidikan di SD Negeri 112 Tirtoyoso di Solo. Setelah lulus SD, ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta. Setelah lulus SMP, ia melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri 6 Surakarta. Kemudian ia berkuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi merupakan Presiden Indonesia ke-7 yang sudah menjabat selama 2 periode. Presiden Jokowi lolos pilpres tahun 2014 dan pilpres tahun 2019. Ayah tiga anak ini mulai dikenal sejak menjadi Wali Kota Surakarta (Solo). Kemudian karier politiknya dilanjutkan dengan menjadi Gubernur DKI Jakarta dan sekarang menjadi Presiden Republik Indonesia.

- Penghargaan Presiden Jokowi

Berbagai penghargaan telah diraih oleh Jokowi hingga sekarang. Ia terpilih menjadi salah satu dari "10 Tokoh 2008" oleh Majalan Tempo. Selain itu, ia juga mendapat penghargaan internasional dari Kemitraan Pemerintahan Lokal Demokratis Asia Tenggara (Delgosea) atas keberhasilan Solo melakukan relokasi yang manusiawi dan pemberdayaan pedagang kaki lima.

Kemudian, pada tanggal 12 Agustus 2011, Jokowi juga mendapat penghargaan Bintang Jasa Utama yang merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga negara sipil, untuk prestasinya sebagai kepala daerah mengabdikan diri kepada rakyat.

Pada Januari 2013, Joko Widodo juga dinobatkan sebagai wali kota terbaik ke-3 di dunia atas keberhasilannya dalam memimpin Surakarta sebagai kota seni dan budaya, kota paling bersih dari korupsi, serta kota yang paling baik penataannya. Bahkan, oleh KPK, ia diberi penghargaan atas keberaniannya melaporkan berbagai barang gratifikasi yang diterima.

 

Mengenal Ibu Iriana :

Hj. Iriana atau lebih akrab disapa Iriana Joko Widodo merupakan istri Presiden Jokowi yang menikah pada 24 Desember 1986. Ibu Iriana lahir di Surakarta pada 1 Okrtober 1983 dan kini menginjak usia 57 tahun. Ibu Iriana merupajan Ibu Negara Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014. Pada saat Joko Widodo masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, sebagai istri gubernur, Iriana juga menjabat Ketua Tim Penggerak PKKDKI Jakarta 2012-2014. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta sejak 2005 hingga 2012 saat suaminya menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Ibu Iriana merupakan lulusan SMA Negeri 3 Surakarta pada tahun 1983. Ibu tiga anak ini kemudian kemudian berkuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta selama enam semester, tetapi berhenti tanpa gelar untuk menikahi Joko Widodo.