Sukses

9 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Kecantikan, Perhatikan Efek Sampingnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun salam lebih dikenal sebagai salah satu bumbu dalam masakan. Aroma daun salam yang kuat dan khas, menjadi salah satu alasan mengapa daun ini menjadi bahan andalan, hampir di seluruh masakan khas Tanah Air.

Tapi, selain manfaat daun salam yang digunakan sebagai bumbu tambahan dalam masakan, ada beberapa manfaat daun salam yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Jadi, sayang rasanya, jika tidak memanfaatkan berbagai kebaikan yang ada di daun salam tersebut.

Nah, untuk membahas lebih dalam beragam manfaat daun salam, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja manfaat daun salam tersebut serta efek sampingnya jika tidak dikonsumsi dengan tepat, Jumat (16/10/2020).

2 dari 9 halaman

1. Turunkan Kadar Kolesterol

Manfaat daun salam yang pertama, mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Manfaat daun salam ini tidak lain karena kandungan vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium, magnesium, serta caffeic acid yang berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol trigliserida. Di satu sisi, daun salam juga akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Dilansir dari Klikdokter, pada studi 30 hari yang diterbitkan “Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition” tahun 2009, menemukan jika konsumsi 1-3 gram daun salam setiap hari berguna untuk menurunkan kolesterol total hingga 24 persen, trigliserida hingga 34 persen, kolesterol LDL hingga 40 persen, serta mampu meningkatkan kolesterol HDL hingga 29 persen.

3 dari 9 halaman

2. Turunkan Kadar Gula Darah

Salah satu penyakit yang paling umum diderita banyak orang, yaitu gula darah tinggi. Dengan mengonsumsi daun salam, dipercaya bisa membantu untuk menurunkan kadar gula darah. Manfaat daun salam ini, tidak lain berasal dari zat polifenol yang ada di dalanya. Polifenol tersebut memang dikenal berperan aktif dalam proses penurunan kadar gula darah.

Bahkan pada sebuah penelitian membuktikan, jika konsumsi 1-3 gram kapsul daun salam setiap hari, dapat menurunkan kadar gula darah dan hal ini baik bagi penderita diabetes.

4 dari 9 halaman

3. Obat Batu Ginjal

Tubuh manusia memiliki enxim yang dinamakan urease. Enzim tersebut yang mendorong terbentuknya batu ginjal. Dengan konsumsi daun salam secara rutin, maka berguna untuk mengurangi kadar enzim urease yang ada di dalam tubuh. itulah mengapa, manfaat daun salam ini penting disadari, terutama dalam tindak pencegahan dan pengobatan batu ginjal.

5 dari 9 halaman

4. Bantu Obati Kanker

Melansir dari Klikdokter, di dalam sebuah penelitian menyatakan, jika daun salam mampu mengobati kanker payudara. Sebab daun salam mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker. Meski begitu, masih sangat diperlukan penelitian lebih lanjut, terutama yang berhubungan dengan terapi kanker.

6 dari 9 halaman

5. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat daun salam selanjutnya, sebenarnya dampak dari menurunnya kolesterol dalam tubuh. seperti yang sempat disinggung pada poin sebelumnya, jika daun salam bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Dengan manfaat efek daun salam yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh tersebut, maka ikut menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, daun salam diketahui mampu melindungi lapisan pembuluh darah, dan berguna dalam menurunkan tekanan darah.

7 dari 9 halaman

6. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun salam ini berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Sudah bukan rahasia umum jika vitamin C mampu membantu dalam peningkatan kekebalan tubuh. Tapi, agar sistem kekebalan tubuh semakin baik, imbangi dengan olahraga dan konsumsi makan-makanan bergizi.

8 dari 9 halaman

Manfaat Daun Salam untuk Kecantikan

Memutihkan Gigi

Manfaat daun salam kering bisa juga untuk memutihkan gigi. Berikut bahannya:

- 6 lembar Daun salam kering (6 lembar)

- bubuk lemon

Cara membuat daun salam untuk memutihkan gigi:

- Tumbuk daun salam kering hingga hancur

- Tambahkan bubuk lemon secukupnya

- Gunakan campuran tersebut untuk menggosok gigi

Menurunkan Berat Badan

Daun salam juga bisa digunakan untuk diet. Daun salam dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap untuk membakar lemak dalam tubuh. Mengonsumsi daun salam dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Berikut cara memanfaatkan daun salam untuk diet:

- 6 lembar daun salam

- 1 liter air

- 1 sdm kayu manis bubuk

- 1 sdm madu murni

- Rebus bahan-bahan yang telah disiapkan selama beberapa menit

- Minum air rebusan tersebut di pagi hari saat perut masih kosong

- Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal

Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat daun salam bisa membantu menjaga kesehatan rambut. Daun salam bisa digunakan sebagai bahan tambahan membuat minyak rambut. 

Bahan-bahan:

- Daun salam

- minyak zaitun atau kemiri

Berikut langkah-langkah pembuatannya:

- Panaskan daun salam dan minyam zaitun atau minyak kemiri selama beberapa menit

- Oleskan pada kulit kepala

- Pijat bagian kulit kepala

- Lakukan secara rutin setiap dua hari sekali

9 dari 9 halaman

Efek Samping Konsumsi Daun Salam

Meski termasuk jenis obat herbal, bukan berarti tidak terdapat efek samping yang bisa ditimbulkan dari konsumsi daun salam. Terutama jika cara mengolahnya tidak benar. Seperti mengonsumsi daun salam langsung secara utuh.

Padahal daun salam sulit dapat dicerna tubuh, walaupun sudah dikunyah. Jika dipaksakan, maka bisa menyebabkan gangguan pada tenggorokan hingga penyumbatan pada saluran pencernaan. Begitu juga ketika mengonsumsi daun salam tanpa dicuci terlebih dahulu. Sebab, di dalam daun salam mentah atau kurang matang, bisa saja masih terdapat bakteri penyebab infeksi.

Meski daun salam sudah diolah dengan benar, tapi konsumsi daun salam juga tidak bisa sembarangan. Perlu diketahui, memang daun salam mampu menurunkan kadar gula darah, namun dengan manfaat daun salam tersebut, justru berpotensi menyebabkan hipoglikemia akibat turunnya kadar gula darah berlebihan dan sulit dikontrol.

Kemudian, hindari konsumsi daun salam sebelum proses operasi. Hal tersebut karena daun salam diduga menjadi penyebab kerja sistem saraf dan otak terhambat. Risikonya, akan berdampak pada efek obat-obatan anestesi yang digunakan saat pembedahan.

Itulah mengapa, meski manfaat daun salam sangat beragam, bukan berarti bisa dikonsumsi dengan bebas. Ada baiknya sebelum konsumsi daun salam, kondisi tubuh sedang tidak dalam masa perawatan dengan obat tertentu. Namun apabila tetap ingin konsumsi daun salam dengan tujuan pengobatan, ada baiknya untuk konsultasikan kepada dokter.