Sukses

6 Penyebab Mual saat Gosok Gigi, Pahami Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Menggosok gigi merupakan salah satu cara agar kesehatan gigi terjaga. Bahkan sangat disarankan untuk menggosok gigi dua kali dalam sehari. Namun, kegiatan menggosok gigi terkadang cukup menyiksa bagi beberapa orang. Sebab ketika menggosok gigi, timbul rasa mual bahkan ingin muntah.

Sebenarnya, ada banyak penyebab mual saat gosok gigi. Akan tetapi, banyak yang mengira jika penyebab mual saat gosok gigi hanya karena kesalahan dari teknik menggosok yang mungkin terlalu keras. Padahal ada faktor lain penyebab mual saat gosok gigi, bahkan bisa berhubungan langsung dengan kondisi kesehatan seseorang.

Agar lebih lanjut mengetahui apa saja penyebab mual saat gosok gigi, maka berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai berbagai penyebab mual saat gosok gigi serta bagaimana cara mengatasinya, Jumat (16/10/2020).

2 dari 8 halaman

1. Menggosok Terlalu Keras

Seperti yang sempat disinggung tadi, jika menggosok terlalu keras bisa jadi penyebab mual saat gosok gigi. Rasa mual tersebut bisa timbul, tatkala sikat gigi mengenai bagian dalam dari tenggorokan. Bahkan jika terlalu sering mendorong sikat dengan kasar ke arah dalam mulut, maka bisa saja menyebabkan iritasi pada tenggorokan, hingga berakhir pada timbul rasa mual hingga muntah.

3 dari 8 halaman

2. Salah Pasta Gigi

Selain dari gerakan yang terlalu keras, penyebab mual saat gosok gigi bisa dikarenakan salah dalam memilih pasta gigi. Kuatnya rasa mual tersebut bisa muncul akibat pengaruh rasa pasta gigi yang mungkin kurang sesuai. Selain itu, mengingat beberapa jenis pasta gigi masih mengandung deterjen cukup banyak. Maka menggunakan pasta gigi terlalu banyak, bisa menyebabkan busa yang timbul juga berlebihan. Hingga akhirnya menyebabkan busa hampir tertelan dan menjadi penyebab mual bahkan muntah.

4 dari 8 halaman

3. Tenggorokan Sensitif

Bagi pemilik tenggorokan yang cukup sensitif, biasanya sering mengalami mual bahkan muntah ketika sikat gigi. Para pemilik tenggorokan sesitif ini, biasanya secara otomatis akan mencegah sesuatu masuk ke dalam.

Kemudian, pada bagian belakang tenggorokan dengan sendirinya berkontraksi lalu menghentikan benda yang akan masuk tersebut. Namun, kondisi ini tidak akan terjadi saat menelan makanan atau minuman.

Sebab keadaannya berbeda, di mana saat menggosok gigi tetesan air atau pasta akan bercampur dengan air liur. Kemudian karena rasa yang aneh tersebut, menyebabkan rasa tidak nyaman dan seperti ingin muntah.

5 dari 8 halaman

4. Punya Asam Lambung

Adanya riwayat penyakit asam lambung, juga bisa menjadi penyebab mual saat gosok gigi. Kondisi penyakit asam lambung ini dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD). Biasanya, penyakit ini bisa menciptakan rasa sakit yang cukup membakar pada beberapa bagian tubuh, seperti dada bagian bawah. Apabila asam lambung meningkat, maka bisa menyebabkan rasa mual ketika menggosok gigi.

6 dari 8 halaman

5. Morning Sickness

Kemudian, penyebab mual saat gosok gigi bisa dikarenakan morning sickness. Hal ini umum terjadi pada wanita hamil. Rasa mual ketika hamil ini memang umum terjadi. Terutama saat tubuh memproduksi lebih banyak hormon selama beberapa bulan pertama setelah pembuahan. Maka dari itu, hal tersebut yang pada akhirnya menyebabkan timbulnya rasa mual ketika sedang menggosok gigi.

7 dari 8 halaman

6. Kondisi Psikologis

Mungkin tidak banyak yang menyadari, jika penyebab mual saat gosok gigi justru bisa disebabkan faktor psikologis. Sebab, kadang muncul perasaan khawatir akan muntah saat menggosok gigi. Adanya pikiran negatif ini semakin memicu timbulnya rasa mual bahkan sampai muntah ketika sedang menggosok gigi.

8 dari 8 halaman

Cara Mencegah Mual saat Gosok Gigi

Meski ada berbagai penyebab mual saat gosok gigi yang disebutkan sebelumnya. Namun, bukan berarti penyebab mual saat gosok gigi tersebut tidak bisa diatasi. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa mual ketika menggosok gigi:

1. Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah mual saat gosok gigi, yaitu dengan minum air hangat pada pagi. Tepatnya sesaat sebelum menggosok gigi. Hal ini bertujuan agar otot-otot dalam rongga mulut lemas, sehingga membuat tubuh jadi lebih santai.

2. Kemudian, jangan lupakan perihal kebersihan sikat gigi yang digunakan. Untuk menjaga sikat gigi tetap bersih, dapat menggunakan bantuan obat kumur. Caranya dengan mencelupkan sikat gigi tersebut selama beberapa saat, hingga sikat gigi benar-benar bersih.

Hal ini untuk mencegah timbul bakteri yang berkembang pada sikat gigi. Sebab obat kumur biasanya mengandung bahan antiseptik yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri.

3. Anda juga bisa mengganti sikat gigi yang biasa digunakan, dengan sikat gigig yang memiliki kepala sikat lebih kecil. Kemudian, pilih juga bulu sikat yang lembut agar tidak menimbulkan gesekan terlalu keras di area yang sensitif.

4. Sselanjutnya, jangan gosok gigi terlalu kencang. Hal ini bertujuan agar sikat gigi tidak menyentuh pangkal lidah atau langit-lagit mulut bagian atas belakang. Sebab bagian tersebut merupakan daerah sensitif dan bisa menimbulkan rasa mual hingga muntah.

5. Ganti pasta gigi biasa dengan pasta gigi tanpa deterjen. Hal ini untuk menghindari adanya busa dari pasta gigi yang menyebabkan rasa mual.