Sukses

9 Tanaman Hias yang Bisa Beracun Bagi Kucing, Segera Jauhkan

Liputan6.com, Jakarta Tanaman hias bisa memberi pemandangan cantik di dalam maupun luar rumah. Tanaman-tanaman ini bisa memberi sudut hijau yang segar dan sejuk. Tanaman hias akan membantu meningkatkan kualitas udara di rumah.

Namun, jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing, sebaiknya perhatikan jenis tanaman yang bisa beracun bagi mereka. Kucing dikenal sebagai hewan dengan keingintahuan yang besar. Ia bisa saja mengunyah sesuatu yang menurutnya menarik, seperti tanaman hias.

Padahal, ada beberapa jenis tanaman yang bisa beracun bagi kucing. Tanaman-tanaman ini bisa mengandung zat yang bisa berbahaya bagi kucing jika tertelan atau terhirup.

Maka dari itu, penting memilih tanaman hias yang aman untuk kucing dan menjauhi tanaman yang bisa meracuni si anak bulu. Berikut 9 tanaman hias yang bisa beracun bagi kucing, dilansir Liputan6.com dari The Spruce, Jumat(16/10/2020).

2 dari 6 halaman

Peace lily

Peace lily merupakan jenis lily yang paling umum dijadikan tanaman hias. Daunnya gelap dengan bunga putih yang tahan lama. Meski indah untuk dijadikan dekorasi, peace lily mengandung kalsium oksalat yang berbahaya bagi kucing.

Jika tertelan, peace lily dapat menyebabkan muntah, iritasi pada mulut dan saluran pencernaan, air liur yang berlebihan, dan pada kasus yang parah, kesulitan menelan atau bernapas. Tamana ini hanya berbahaya jika tertelan dan masih aman jika tersentuh kucing.

3 dari 6 halaman

Lidah buaya dan Monstera Deliciosa

Lidah buaya

Lidah merupakan tanaman serbaguna di rumah. Tak hanya mempercantik rumah, lidah buaya juga punya khasiat untuk kulit dan rambut. Meskipun lidah buaya mungkin memiliki khasiat terapeutik bagi manusia, ia beracun bagi kucing dan dapat menyebabkan kelesuan, muntah, dan diare jika tertelan. Lidah buaya mengandung saponin dan antrakuinon yang beracun bagi kucing.

 

Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa adalah salah satu tanaman hias tropis paling trendi dan ditampilkan secara luas di media sosial dan dekorasi rumah ala tropis. ayangnya, Monstera deliciosa mengandung kalsium oksalat yang tidak larut sehingga sangat beracun bagi kucing.

4 dari 6 halaman

Pothos dan tanaman giok

Pothos

Pothos merupakan tanaman yang biasa digantung di teras rumah atau ditaruh dalam vas berisi air. Karena sifat perawatannya yang rendah, pothos telah menjadi tanaman hias yang sangat menarik bagi pemilik tanaman amatir dan berpengalaman.

Meskipun pothos benar-benar aman untuk disentuh, jika tertelan, kucing akan mengalami rasa terbakar di mulut dan bibir, muntah, dan pembengkakan mulut.

Tanaman giok

Tanaman giok atau jade plant adalah sejenis tanaman sukulen yang mudah ditanam dan dianggap membawa keberuntungan dan rejeki bagi pemiliknya.

Ada beberapa varietas tanaman giok yang berbeda, semuanya termasuk dalam keluarga Crassula. Sayangnya, tanaman giok sangat beracun bagi kucing, anjing, dan kuda, menyebabkan gejala seperti muntah, lesu, dan depresi jika tertelan.

5 dari 6 halaman

Lidah mertua dan sago palm

Lidah mertua

Tanaman lidah mertua dikenal manfaatnya untuk memurnikan udara. Ini adalah salah satu tanaman terbaik untuk kondisi cahaya rendah. ementara tanaman ular tidak beracun bagi manusia, lidah mertua sangat beraun bagi kucing.

Lidah mertua mengandung saponin yang bisa membuat kucing dan anjing mual, muntah, dan diare jika tertelan.

Sago Palm

Sago Palm merupakan jenis tanaman hias palem yang bisa diletakkan di luar maupun dalam rumah. Pohon ini adalah tambahan yang menyenangkan dan tropis untuk rumah. Sago Palm juga bisa membantu meningkatkan kualitas udara di ruangan.

Namun, tanaman ini sangat beracun bagi teman berbulu. Sago palm mengandung Cycasin yang berbahaya bagi kucing. Jika ada bagian tanaman yang tertelan, hal itu dapat menyebabkan muntah, diare, dan bahkan gagal hati hingga kematian. Tanaman ini harus dihindari dengan cara apa pun jika kamu memiliki kucing di rumah.

6 dari 6 halaman

English ivy dan sri rejeki

English ivy

English ivy memiliki daun kecil dan runcing dan membuat tampilan yang lembut. Tanaman ini kerap dijadikan tanaman hias gantung rumahan yang cantik. Bentuknya yang menarik ini bisa dapat membuatnya tampak seperti camilan yang menarik bagi kucing yang penasaran.

English ivy mengandung Saponin triterpenoid yang beracun bagi kucing. Jika tertelan, English ivy dapat menyebabkan berbagai gejala termasuk kelemahan, muntah, tenggorokan bengkak, air liur berlebihan, dermatitis, ruam, dan ataksia.

Sri rejeki

Dieffenbachia atau yang lebih dikenal dengan tanaman sri rejeki adalah tanaman hias yang populer di rumah. Tanaman ini memiliki daun hijau dengan motif putih yang unik. Ada banyak jenis sri rejeki yang ukurannya bervariasi dari setinggi beberapa kaki hingga lebih dari sepuluh kaki jika ditanam dalam kondisi tepat.

Sayangnya, sri rejeki juga bisa beracun bagi kucing. Getahnya bahkan bisa menyebabkan iritasi ringan bagi manusia dan harus dijauhkan dari kulit telanjang. Sri rejeki mengandung Kalsium oksalat tidak larut dan enzim proteolitik yang harus dijauhkan dari kucing. Jika tertelan kucing, sri rejeki bisa menyebabkan muntah, mulut terbakar, iritasi mulut, bengkak, dan dalam kasus yang parah kesulitan menelan atau bernapas.