Sukses

6 Masker untuk Hilangkan Bruntusan di Wajah, Gunakan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah yang mulus dan sehat tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Dengan memiliki wajah yang mulus, bisa menjadi nilai tambah sekaligus daya tarik dari penampilan orang tersebut.

Namun, kadang kala terjadi masalah pada kulit wajah yang seringkali menurunkan tingkat kepercayaan diri. Misalkan saja seperti jerawat, komedo, bruntusan, pori-pori membesar, wajah berminyak, dan lain sebagainya.

Meski kadang kala tidak nampak terlalu jelas, namun bruntusan berupa bintik-bintik kecil yang bisa muncul di daerah dahi, pipi, dan hidung ini juga bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Saat sedang mengalami bruntusan, membuat permukaan kulit wajah menjadi lebih bertekstur dan tidak rata seperti biasanya. Hal ini tentunya sangat mengganggu terlebih lagi ketika memakai riasan wajah. Biasanya foundation dan bedak tidak akan bisa menempel dengan baik di wajah yang penuh bruntusan. 

Maka dari itu, untuk mengatasi masalah bruntusan, sebaiknya Anda mencoba bahan-bahan alami sebagai perawatan wajah. Terdapat banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan masalah tersebut.

Berikut merupakan rekomendasi 6 masker bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bruntusan. Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (16/10/2020).

2 dari 7 halaman

1. Masker madu dan telur

Madu merupakan bahan alami yang memiliki nutrisi lengkap seperti halnya vitamin, mineral, antioksidan dan lain sebagainya. Kandungan-kandungan nutrisi tersebut bisa membantu mempercepat proses regenerasi serta mengangkat sel kulit mati.

Sedangkan telur punya kandungan protein dan mineral yang dapat mengencangkan kulit. Selain itu, nutrisi dalam telur juga mampu merangsang pembentukan kolagen dan meningkatkan regenerasi sel baru. Dengan mencampurkan dua bahan ini sebagai masker, Anda dapat menghilangkan bruntusan dan wajah menjadi mulus.

Untuk membuat masker ini, Anda hanya membutuhkan bagian putih telur saja. Sebaiknya, telur yang digunakan merupakan telur bebek atau telur ayam kampung. Kocok putih telur lalu campur dengan madu alami. Jika sudah tercampur rata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit hingga meresap dan kaku. Bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

3 dari 7 halaman

2. Masker yoghurt dan pisang

Pisang merupakan buah favorit bagi banyak orang, selain rasanya yang enak, ternyata buah yang berwarna kuning ini mengandung vitamin C yang diperlukan untuk produksi kolagen, melawan radikal bebas serta mengontrol minyak berlebih di wajah. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat menghaluskan wajah.

Untuk membuat masker pisang, kalian membutuhkan bantuan yogurt. Makanan hasil fermentasi susu ini mengandung kalsium dan zinc yang sangat penting untuk mengatasi berbagai masalah dan menjaga kelembaban kulit.

Cara pembuatan masker dari pisang dan yogurt ini sangat mudah. Haluskan satu buah pisang kemudian campurkan dengan dua sendok yoghurt tawar. Kemudian aduk hingga bertekstur seperti pasta. Lalu oleskan pada wajah lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

4 dari 7 halaman

3. Masker tepung beras

Selanjutnya, ada masker tepung beras yang mampu membantu untuk menghilangkan bruntusan sekaligus menyamarkan noda hitam. Kandungan bahan ini sama dengan beras asli, yakni karbohidrat, zat besi, kalsium, protein dan vitamin C. Dengan pemakaian rutin, bisa membuat wajah lebih mulus, kencang, dan cerah.

Cara pembuatan maskernya sangat mudah, yakni larutkan tepung beras dalam air hingga mengental. Oleskan masker tersebut pada wajah hingga merata. Tunggu hingga mengering kemudian bilas sampai bersih.

5 dari 7 halaman

4. Masker pepaya dan minyak zaitun

Kemudian ada pula pepaya yang mengandung enzim papain yang dapat meregenerasi kulit. Selain itu terdapat berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menghaluskan dan mengembalikan kelembaban kulit.

Sedangkan minyak zaitun juga memiliki manfaat yang tak kalah besar. Minyak ini dapat menghaluskan wajah dan menjaga kandungan air pada wajah agar tidak cepat keriput dengan zat linoleic acid di dalamnya.

Cara membuat masker dari bahan-bahan ini adalah dengan mencapurkan dua potong pepaya ukuran kecil dan dihaluskan, kemudian campurkan dengan minyak zaitun satu sendok teh. Aduk merata hingga menyerupai pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan hingga 30 menit. Lalu bilas hingga bersih.

6 dari 7 halaman

5. Masker lemon dan putih telur

Meskipun rasanya sangat asam jika dimakan, ternyata lemon memiliki kandungan yang baik untuk kulit dan kecantikan. Vitamin C tinggi yang ada pada lemon bisa membantu mengatasi bruntusan pada wajah.

Anda hanya perlu untuk mencampurkan perasan lemon dengan putih telur. Kemudian aplikasikan pada wajah, tunggu hingga mengering kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air bersih.

7 dari 7 halaman

6. Masker tomat dan kopi

Tomat dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang mampu mengatasi masalah bruntusan. Dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi bisa menstimulasi kulit agar meningkatkan produksi kolagen dan sel-sel pada kulit. 

Kemudian, tomat bisa dicampurkan dengan kopi sebagai masker agar bisa menjadi scrub. Kopi memiliki kandungan anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mengatasi kulit berminyak.

Siapkan satu buah tomat kemudian haluskan, kemudian masukkan satu sendok teh kopi, campurkan kedua bahan tersebut hingga menyerupai pasta. Kemudian aplikasikan pada wajah.