Sukses

8 Manfaat Masker Kedelai bagi Wajah, Simak Cara Buat dan Pemakaiannya

Liputan6.com, Jakarta Kedelai merupakan salah satu tanaman polong-polongan. Kedelai sendiri umumnya digunakan sebagai bahan dasar makanan, seperti tahu, tempe, dan kecap. Populernya kedelai sebagai bahan pangan tidak lepas dari nutrisi yang dikandungnya. Di dalamnya terdapat berbagai vitamin dan mineral. Serta terdapat protein yang cukup tinggi, namun tetap rendah lemak.

Selain bisa dikonsumsi menjadi olahan makanan atau minuman, kacang kedelai juga bisa dijadikan produk perawatan luar tubuh. Salah satunya dengan menjadikan kacang kedelai sebagai masker wajah. Manfaat masker kedelai, tidak kalah dengan manfaat yang bisa didapatkan apabila dikonsumsi langsung.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat masker kedelai, bisa dengan membeli produk-produk kecantikan yang dijual bebas di pasaran, atau bisa juga dengan membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat masker kedelai terbilang cukup mudah dan murah.

Memangnya apa saja manfaat masker kedelai? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai berbagai manfaat masker kedelai yang bisa didapatkan. Disertai juga bagaimana cara membuat masker kedelai yang praktis di rumah, Sabtu (17/10/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Masker Kedelai yang Pertama

1. Melembapkan Kulit

Manfaat masker kedelai yang pertama berguna untuk melembapkan kulit. Manfaat masker kedelai ini akan sangat berguna, terutama bagi orang-orang yang memiliki jenis kulit kombinasi. Selain bermanfaat sebagai pelembap kulit, masker kedelai juga sekaligus bisa mengurangi kadar minyak berlebihan yang ada pada kulit.

 

2. Hilangkan Bekas Jerawat

Kemudian, masker kedelai juga diyakini mampu memberi nutrisi yang baik, terutama untuk mengatasi masalah bekas jerawat yang mulai berlubang di wajah. Namun, agar bekas jerawat tersebut dapat hilang, perlu dilakukan perawatan dengan rutin kurang lebih selama tiga minggu pemakaian.

3 dari 6 halaman

Manfaat Masker Kedelai Selanjutnya

3. Cegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan cenderung kehilangan estrogen. Padahal estrogen merupakan jenis hormon penting yang dapat memertahankan elastisitas kulit. Dengan menggunakan masker kedelai, maka bisa mencegah hal tersebut.

Sebab di dalam kedelai sendiri terdapat kandungan fitoestrogen, yang cara kerjanya sangat mirip dengan zat estrogen dalam tubuh manusia. Adanya fitoestrogen yang ada di dalam kedelai, akan membantu untuk menghasilkan lebih banyak estrogen dalam tubuh serta mencegah timbulnya berbagai tanda-tanda penuaan, seperti keriput, perubahan warna kulit, munculnya garis-garis halus, dan lain sebagainya.

 

4. Mencegah Hiperpigmentasi 

Manfaat masker kedelai untuk kulit yang ternyata tidak kalah mengejutkan yaitu kemampuannya untuk mencegah timbulnya hiperpigmentasi atau noda hitam pada kulit. Hiperpigmentasi sendiri bisa timbul karena diakibatkan paparan sinar UV atau paparan radikal bebas, sehingga menyebabkan produksi melanin berlebih.

4 dari 6 halaman

Manfaat Masker Kedelai yang Wajib Diketahui

5. Mencerahkan Kulit

Kemudian, di dalam kacang kedelai sendiri diketahui terdapat berbagai senyawa antioksidan, salah satunya yaitu isoflavon. Senyawa tersebut diketahui dapat memberi efek mencerahkan sekaligus  melindungi kulit dari berbagai ancaman radikal bebas.

 

6. Menghambat Produksi Melanin Berlebih

Sepat dibahas sebelumnya, jika produksi melanin berlebih dapat merugikan penampilan kulit. Dengan menggunakan masker kedelai, maka berbagai zat yang dikandungnya akan membantu untuk menghambat produksi melanin berlebihan. Hal ini tentunya berguna untuk mencegah timbulnya noda hitam atau bintik hitam yang bisa menurunkan penampilan kulit wajah.

5 dari 6 halaman

Manfaat Masker Kedelai yang Terakhir

7. Redakan Peradangan atau Kemerahan di Wajah

Adanya peradangan atau kemerahan pada wajah yang diakibatkan terbakar sinar matahari, ternyata bisa diredakan dengan menggunakan masker kedelai. Manfaat masker kedelai untuk kulit wajah ini tidak lain diperoleh dari salah satu kandungan kedelai yang mampu memberi efek antiinflamasi.

Selain itu, adanya kandungan berupa asam linoleat (linoleic acid) pada kedelai, juga berguna untuk membantu menjaga barier wajah supaya terjaga, sehingga kulit tidak kering serta tidak mudah mengalami iritasi.

 

8. Bantu Perbaiki Tekstur Kulit

Masker kedelai kaya akan nutrisi yang ternyata mampu meningkatkan produksi kolagen. Oleh sebab itu, penggunaan masker kedelai berguna untuk membantu memperbaiki tekstur kulit.

Sebab terkstur kulit sangat bergantung dengan produksi kolagen, di mana kolagen tersebut yang akan menjaga elastisitas kulit. Maka tidak heran, apabila menggunakan masker kolagen dengan rutin bisa membuat kulit tampak lebih halus, kerutan berkurang, serta pori-pori akan terlihat mengecil.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Kedelai

Setelah membahas berbagai manfaat masker kedelai di atas, maka kurang lengkap rasanya jika tidak mempraktikkan sendiri penggunaan masker kedelai tersebut di rumah. Cara pembuatan masker kedelai tersebut sangat mudah. Selain itu, bahan utama berupa kedelai dapat dengan mudah ditemukan dan harganya sangat murah.

Berikut ini cara membuat masker kedelai yang mudah, disertai dengan bagaimana cara menggunakannya. Simak dengan seksama.

 

Bahan utama:

- Kedelai kering atau kedelai bubuk murni

- Air secukupnya

 

Cara membuat masker kedelai:

a. Siapkan wadah untuk tempat pembuatan masker.

b. Jika menggunakan kedelai kering, maka haluskan terlebih dahulu hingga menyerupai bubuk. Namun jika menggunakan kedelai bubuk, bisa langsung dimasukkan ke wadah.

c. Selanjutnya, tuang air sedikit demi sedikit. Jangan terlalu encer, sebab tujuannya membuat masker dengan tekstur kental seperti pasta.

d. Setelah diaduk rata, maka tinggal oleskan ke wajah. Tapi pastikan, sebelum menggunakan masker kedelai bersihkan dahulu wajah dari berbagai jenis kotoran seperti makeup.

e. Sehabis dioles rata, diamkan selama 20-25 menit dan bilas wajah menggunakan air hingga bersih.

f. Keringkan dengan handuk bersih.