Sukses

6 Jenis Parfum Mobil Serta Kelebihan dan Kekurangannya, Simak Tips Memilihnya

Liputan6.com, Jakarta Selain dari sisi kebersihan, nyaman tidaknya kabin mobil juga dipengaruhi oleh aroma dari kabin mobil itu sendiri. Meski keadaan kabin bersih, jika aroma parfum mobil tidak cocok, maka bukan tidak mungkin bisa menyebabkan pusing bahkan mual selama perjalanan.

Mungkin, banyak dari Anda yang merasa tidak tahan dengan aroma beberapa jenis parfum mobil. Benar saja, sebab tiap jenis parfum mobil bisa mengeluarkan aroma dengan intensitas yang berbeda. Selain itu, peletakan dari parfum mobil tersebut juga berbeda-beda tergantung jenisnya.

Membahas lebih lanjut mengenai berbagai jenis parfum mobil, maka berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (17/10/2020).

2 dari 8 halaman

1. Parfum Mobil Gel

Jenis parfum mobil yang pertama yaitu gel. Jenis parfum mobil ini sangat umum dipilih pemilik kendaraan roda empat. Sebab, jenis parfum mobil ini cenderung aman dan tidak perlu khawatir apabila isinya akan tumpah, walaupun terjadi guncangan mobil yang cukup keras. Aroma yang dihasilkan dari jenis parfum mobil gel ini juga cukup kuat.

Sayangnya, meski aroma dan ketahanan dari goncangan cukup baik. Namun jenis parfum mobil gel ini bisa meninggalkan bercak pada interior mobil. Apalagi jika parfum gel ini sering terkena panas dari sinar matahari langsung. Itulah mengapa, untuk mencegah timbulnya hal tersebut, usahakan untuk meletakkan jenis parfum mobil ini di depan AC atau di bawah jok.

3 dari 8 halaman

2. Parfum Mobil Padat

Kemudian, jenis parfum mobil padat dibuat dari campuran beberapa bahan, antara lain resin, keramik, plastik, serta berbagai bahan lain yang kemudian akan diberi pewangi. Sama seperti jenis parfum mobil gel, parfum padat juga tahan goncangan.

Parfum mobil ini juga cenderung lebih aman apabila ingin diletakkan di seluruh sudut mobil. Mulai dari dashboard, pintu, bahkan di bawah jok sekalipun. Aroma yang dihasilkan dari jenis parfum mobil ini juga cukup awet dan harganya relatif murah. Namun, ada kekurangan dari jenis parfum mobil ini, yaitu aromanya tidak sekuat parfum gel. Hal ini disebabkan bahannya yang sulit menguap.

4 dari 8 halaman

3. Parfum Mobil Cair

Parfum mobil jenis cair punya karakter yang mudah menguap. Hal ini menjadi nilai lebih, karena wanginya akan sangat kuat dibanding dengan kedua jenis parfum mobil di atas. Biasanya parfum mobil ini diletakkan pada bagian kisi-kisi AC. Selain itu ada juga yang meletakkannya dengan digantung.

Akan tetapi, parfum mobil ini cenderung berisiko mengalami kebocoran, terutama jika tidak sengaja terjatuh akibat goncangan.

5 dari 8 halaman

4. Parfum Mobil Spray

Jika suka berganti-ganti aroma kabin mobil, mungkin jenis parfum mobil ini cocok untuk jadi pilihan, Sebab, jenis parfum mobil ini dapat dengan mudah menyebar ke seluruh bagian kabin mobil hanya dengan beberapa kali semprot. Sayangnya, aroma dari jenis parfum mobil spray tidak bisa bertahan lama, sebab mudah sekali hilang terkena udara.

6 dari 8 halaman

5. Parfum Mobil Gantung

Ada juga jenis parfum mobil gantung, yang mungkin cocok dijadikan pilihan. Desain dari parfum ini biasanya cukup unik dan bervariasi. Sayangnya, jenis parfum mobil ini hanya mampu menjaga aroma dalam waktu singkat saja. Sehingga harus rajin-rajin menggantinya. Untungnya, harga jual parfum ini cukup ekonomis.

7 dari 8 halaman

6. Parfum Mobil Diffuser

Jenis parfum mobil ini mungkin bisa dibilang cukup canggih. Sebab parfum ini menggunakan sumber panas dari soket atau port rokok untuk menyebarkan aroma ke seluruh kabin mobil.

Bahkan beberapa produk parfum diffuser juga bisa menyegarkan dan mensterilkan udara dalam kabin. Aroma dari jenis parfum mobil ini juga mudah menyebar ke tiap sudut kabin.

Sayagnya, dengan berbagai kecanggihan yang diusung, menyebabkan harga dari jenis parfum mobil ini menjadi lebih mahal dari jenis parfum lainnya. Selain itu, aroma yang keluar juga tidak tahan lama.

8 dari 8 halaman

Tips Memilih Parfum Mobil

Rasa pusing, mual, mata pedih, bahkan alergi, bisa dikarenakan aroma parfum mobil yang tidak cocok. Hal tersebut tentu akan menganggu kenyamanan saat berada di dalam kabin mobil. Tentunya Anda tidak ingin terjadi hal tersebut. Maka dari itu, simak tips memilih parfum mobil berikut.

1. Pilih dari Bahan Alami

Ada banyak sekali jenis parfum yang dijual. Sayangnya, aroma yang dihasilkan merupakan aroma buatan yang terkadang terlalu pekat dan membuat mual hingga muntah. Untungnya, saat ini sudah banyak parfum mobil yang menggunakan bahan alami, salah satunya seperti bubuk kopi yang dikenal mampu menyerap aroma tak sedap di dalam kabin.

2. Sesuaikan dengan Karakter

Dengan berbagai jenis aroma yang dihasilkan dari parfum mobil, Anda perlu memahami aroma seperti apa yang cocok untuk Anda. Mungkin Anda menyukai aroma rempah atau mungkin menyukai aroma buah-buahan. Semua bergantung pada selera dan karakter Anda.

3. Sesuaikan dengan Budget

Mungkin beberapa dari Anda tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk membeli parfum mobil terus-menerus. Maka Anda bisa memilih jenis parfum mobil yang padat, karena cenderung awet dan harganya juga murah.

Nah, dengan memahami berbagai jenis parfum mobil dan cara memilihnya, semoga bisa membantu Anda semakin nyaman saat di dalam mobil.