Sukses

7 Campuran Jus Buah yang Tidak Baik bagi Tubuh, Segera Hindari

Liputan6.com, Jakarta Campuran jus buah yang tidak baik bagi tubuh perlu kamu waspadai. Buah dan sayur memang memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, ada beberapa buah dan sayur yang tidak boleh kamu campurkan karena tidak baik untuk tubuh. 

Memakan buah dan sayuran secara langsung terkadang dinilai berat dan susah untuk ditelan bagi kebanyakan orang. Maka dari itu, mengonsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus menjadi solusi tepat. Selain segar, rasanya pun juga nikmat karena telah dicampurkan dengan es dan susu.

Campuran jus buah yang tidak baik bagi tubuh harus kamu hindari. Disebutkan, apabila kita mencampur beberapa buah dan sayuran ini bukannya menyehatkan tubuh melainkan menimbulkan racun dan mampu membunuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/10/2020) tentang campuran jus buah yang tidak baik bagi tubuh.

2 dari 4 halaman

Campuran Jus Buah yang Tidak Baik bagi Tubuh

Nanas dan Susu

Kandungan bromelain dalam nanas yang dicampurkan dengan susu tak baik bagi tubuh. Bromelain sendiri adalah enzim protease yang membantu proses pencernaan protein. Nanas merupakan jenis makanan yang mengandung enzim ini.

Bagian dari buah nanas yang paling kaya bromelain adalah bagian batang. Jika kamu mencampurkan dua bahan ini maka serangkaian masalah akan timbul. Mulai dari mual, sakit perut, diare dan sakit kepala.

Pepaya dan Lemon

Campuran jus buah yang tidak baik bagi tubuh berikutnya adalah pepaya dan lemon. Dari penampakannya saja dua buah-buahan ini memang tak cocok untuk dicampur menjadi satu. Nyatanya hal itu dianggap benar.

Selain memengaruhi kadar hemoglobin, kombinasi pepaya dan lemon juga meningkatkan risiko anemia. Jus Pepaya dan lemon juga disarankan dokter untuk tidak dikonsumsi oleh anak-anak.

3 dari 4 halaman

Campuran Jus Buah yang Tidak Baik bagi Tubuh

Jeruk dan Wortel

Rasa mulas pada perut yang terjadi pada kamu bisa jadi disebabkan oleh hal yang dikonsumsi. Menurut penelitian, jus campuran antara jeruk dan wortel dapat menyebabkan sakit perut. Sementara itu menurut sebuah penelitian lainnya, dengan menggabungkan jeruk dan wortel dapat merusak kesehatan ginjal.

Perpaduan jeruk dan wortel ini dapat menyebabkan refluks empedu, dan membuat naiknya asam lambung. Dengan begitu, setelah kamu mengonsumsinya, perut akan terasa mulas. Bahkan risiko paling bahaya ialah dapat merusak ginjal.

Pudding dan Pisang

Campuran jus buah ini dikatakan tidak baik untuk tubuh karena dapat melemahkan aktivitas otak. Selain itu, kombinasi keduanya akan memengaruhi sistem pencernaan. Kombinasi pudding dan pisang juga dikatakan dapat menyebabkan kematian pada anak-anak karena dapat menyebabkan akumulasi toksin berbahaya.

Jambu Biji dan Pisang

Campuran jus buah yang tidak baik bagi tubuh selanjutnya adalah jambu biji dan pisang. Walaupun warna merah dan kuning jika dicampurkan mungkin akan terlihat jauh lebih menarik. Namun, kamu tidak boleh mencampurkan kedua buah ini.

Mencampurkan jambu biji dan pisang dapat membuat kemungkinan besar kamu akan mengalami beberapa gangguan pada tubuh. Seperti risiko asidosisi, mual, penumpukan gas dan sakit kepala yang terus menerus kian dirasa.

4 dari 4 halaman

Campuran Jus Buah yang Tidak Baik bagi Tubuh

Tomat dan Timun

Tomat yang memiliki kandungan sumber vitamin C tidak baik dipadukan dengan timun, yang pada dasarnya mengandung penyerapan vitamin C. Jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, maka vitamin C yang seharusnya berkhasiat bagi tubuh malah menjadi masalah.

Dengan begitu, kombinasi tomat dan timun menjadi jus bukanlah pilihan yang tepat karena akan membuat saluran pencernaan kamu bermasalah.

Pepaya dan Kiwi

Campuran jus buah yang tidak baik bagi tubuh berikutnya adalah pepaya dan kiwi. Pepaya sebagai buah netral jika dipadukan dengan kiwi yang notabene adalah buah manis, akan menyebabkan masalah bagi kesehatan tubuh kamu. Kombinasi keduanya dapat mengakibatkan pembentukan toksin atau zat racun, yang sudah pasti berbahaya bagi tubuh.

Efeknya, kamu akan mengalami sembelit karena usus yang bertugas mencerna harus selalu menyortir dan membuangnya.

Itulah beberapa campuran jus buah yang tidak baik bagi tubuh kamu. Konsumsilah buah dan sayuran sesuai dengan anjuran terbaiknya, sehingga kamu mendapatkan nutrisinya dengan maksimal.