Sukses

13 Fungsi Kemasan Produk dan Jenisnya, Tak Cuma Lindungi Produk

Kenali pentingnya kemasan produk.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi kemasan produk tak hanya sekadar mengemas produk. Terkadang kemasan bisa menentukan daya tarik konsumen terhadap sebuah produk. Maka dari itu, fungsi kemasan produk tak bisa dianggap enteng.

Fungsi kemasan produk sekaligus bisa membangun citra dan brand. Kemasan produk adalah alat penjualan yang penting dan efektif untuk mendorong pembelian. Fungsi kemasan produk bisa menjadi media yang ampuh untuk promosi penjualan.

Kemasan adalah elemen yang mencakup semua hal dari setiap merek. Fungsi kemasan produk sering kali dimulai sebelum produk itu sendiri dibuat, dan berlanjut sampai produk itu dikonsumsi.

Ada beberapa dasar fungsi kemasan produk yang perlu dipenuhi untuk membuat kemasan yang efektif. Fungsi kemasan produk memberi nilai lebih terhadap suatu produk. Berikut fungsi kemasan produk, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(19/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Fungsi kemasan produk

Kemasan perlu dirancang untuk memenuhi semua fungsi kemasan produk. Berikut fungsi kemasan produk secara dasar:

Perlindungan

Fungsi pertama dan terpenting dari kemasan adalah perlindungan. Fungsi kemasan produk yang terpenting adalah menjaga produk tetap aman dan terlindungi dari lingkungan luar.

Kemasan membantu dalam melindungi isi produk. Dengan pengemasan, produk tak hanya terhindar dari kerusakan seperti terjatuh, tetapi juga terhindar dari cuaca, seperti hujan, matahari, kontaminasi kotoran dan debu.

Penyimpanan

Fungsi kemasan produk selanjutnya adalah untuk menjaga keamanan isi kemasan selama penyimpanan. Dalam fungsi ini, pengemasan perlu memastikan bahwa produk tersebut aman dari debu, kotoran, dan bahaya lingkungan lainnya selama waktu penyimpanannya.

Pendistribusian

Pengemasan berdampak besar pada efisiensi dan kecepatan distribusi sebuah produk. Dalam fungsi kemasan produk ini ini, pengemasan harus mudah dan efisien untuk diangkat, dipegang, dipindahkan, dan disimpan dengan mudah.

3 dari 7 halaman

Fungsi kemasan produk

Penjualan

Penjualan sebagai fungsi kemasan produk memungkinkan produk dipromosikan. Pada titik inilah identifikasi visual dari produk diperlukan. Di sinilah desain kemasan visual mulai berperan dalam fungsi pengemasan.

Promosi

Mempromosikan produk dari kemasannya merupakan fungsi integral dari kemasan. Kemasan harus memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembeli. Perusahaan bisa menggunakan warna, logo, simbol, dan keterangan yang menarik untuk mempromosikan produk yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan.

Informasi

Fungsi pengemasan ini melibatkan penempatan berbagai informasi dan detail spesifik tentang produk pada kemasan. Kemasan yang baik harus menyampaikan informasi yang diperlukan kepada konsumen. Informasi umum yang diberikan kemasan meliputi fitur umum produk, bahan, berat bersih isi, nama dan alamat produsen, hingga harga eceran tertinggi.

Pengemasan obat dan beberapa produk pangan diperlukan untuk memberikan informasi tentang metode sediaan, resep dan ide penyajian, manfaat gizi, dan tanggal pembuatan, tanggal kadaluwarsa, pesan peringatan dan informasi peringatan.

4 dari 7 halaman

Fungsi kemasan produk

Identifikasi produk

Kemasan berfungsi sebagai identifikasi produk. Suatu produk dikemas dalam wadah berukuran khusus, berwarna dan berbentuk untuk menjaga perbedaannya dari produk pesaing. Kemasan adalah kepribadian produk. Identifikasi produk bisa mudah dilakukan dengan kemasan yang berbeda karena menambah kepribadian atau citranya.

Kenyamanan

Pengemasan membantu memberikan kenyamanan pengguna. Pengemasan memberikan kemudahan dalam pengangkutan produk dari satu tempat ke tempat lain, dalam penyimpanan dan dalam konsumsi. Hasilnya, pemasaran fungsi pengangkutan, penyimpanan, dan penanganan dilakukan dengan mudah dan tanpa pemborosan. Konsumen bisa sangat terbantu selama produk sedang digunakan.

Jaminan

Fungsi kemasan produk selanjutnya adalah untuk memastikan konsumen bahwa produk memilik kualitas yang diinginkan. Kemasan produk memberi jaminan bahwa produk di dalamnya, sebagian besar, tidak rusak dan siap digunakan atau dikonsumsi sebagaimana mestinya.

5 dari 7 halaman

Fungsi kemasan produk

Pembuangan

Fungsi terakhir dari pengemasan adalah untuk memberi tahu pengguna bagaimana cara membuangnya. Kemasan yang baik harus memberi informasi bagaimana kemasan bisa terurai di lingkungan atau bagaimana kemasan dibuang. Fungsi pembuangan juga dapat berarti memberi tahu pengguna bahwa kemasan dapat digunakan kembali untuk tujuan lain yang dimaksudkan.

Memberi nilai

Kemasan yang menarik bisa memberi nilai tersendiri bagi sebuah produk. Produk yang dikemas dengan baik akan memiliki nilai lebih tinggi dibanding produk telanjang. Ini karena kemasan bisa memberi daya tarik tersendiri bagi sebuah produk.

Penciptaan permintaan

Kemasan berperan penting dalam menciptakan permintaan dengan cara menarik konsumen. Konsumen bisa mengenali sebuah produk melalui iklan. Ini membantu meningkatkan permintaan pelanggan.

Efektivitas biaya

Pengemasan membantu mengurangi biaya pemasaran barang dengan mengurangi kerugian akibat kerusakan. Fungsi kemasan produk bisa membantu mencapai efektivitas ekonomi dalam struktur biaya produsen dan pemasaran.

6 dari 7 halaman

Jenis-jenis kemasan berdasarkan isi

Kemasan Primer

Kemasan primer adalah kemasan yang langsung membungkus produk siap pakai. Biasanya ini berbentuk botol dari kertas, plastik atau kaleng.

Kemasan Sekunder

Kemasan sekunder adalah kemasan yang membungkus kemasan lebih kecil. Biasanya, kemasan ini dibentuk dengan ukuran besar. seperti karton, kotak kayu dan wadah lainnya.

7 dari 7 halaman

Jenis-jenis kemasan berdasarkan frekuensi pemakaian

Kemasan sekali pakai

Kemasan sekali pakai adalah kemasan yang bisa langsung dibuang setelah sekali pakai. Contohnya bungkus plastik atau bungkus kertas.

Kemasan yang bisa dipakai berulang kali

Kemasan jenis ini umumnya tidak dibuang oleh konsumen, akan tetapi dikembalikan lagi pada agen penjual untuk kemudian dimanfaatkan ulang oleh pabrik. Contohnya botol minuman.

Kemasan yang tidak dibuang

Kemasan ini biasanya digunakan untuk kepentingan lain di rumah konsumen setelah dipakai. Contohnya kaleng biskuit atau botol kaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini