Sukses

10 Pengganti Baking Powder untuk Membuat Kue, Mudah Ditemukan

Tak perlu bingung saat kehabisan baking powder.

Liputan6.com, Jakarta Baking powder merupakan bahan yang sering dibutuhkan saat membuat kue. Baking powder bisa membuat hasil kue lebih mengembang, empuk, dan bervolume. Baking powder kerap digunakan untuk membuat kue yang dipanggang.

Baking powder banyak dibutuhkan dalam resep masakan atau kue. Namun, baking powder mungkin tidak selalu tersedia. Untungnya, ada banyak bahan yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti baking powder. 

 

Baca juga:

 

Ada banyak pengganti baking powder yang dapat dengan mudah ditemukan. Beberapa jenis pengganti baking powder lebih cocok untuk jenis resep tertentu. Anda mungkin perlu menyesuaikan bahan lain dalam resep berdasarkan pengganti yang Anda pilih.

Berikut 10 pengganti baking powder untuk membuat kue, dilansir Liputan6.com dari Healthline, Senin(19/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengganti Baking Powder untuk Membuat Kue

Air lemon

Air lemon mengandung asam sitrat dalam jumlah tinggi dan sangat asam. Untuk alasan ini, ini dapat membantu menyediakan asam yang dibutuhkan untuk memicu reaksi asam basa saat dipasangkan dengan baking soda dalam makanan yang dipanggang.

Namun, karena memiliki rasa yang kuat, air lemon paling baik digunakan dalam resep yang membutuhkan baking powder dalam jumlah yang relatif kecil. Untuk mengganti 1 sendok teh (5 gram) baking powder, gunakan 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda dan 1/2 sendok teh (2,5 gram) air lemon.

Yogurt tawar

Proses fermentasi memecah gula dan meningkatkan konsentrasi asam laktat, secara efektif menurunkan pH dan meningkatkan keasaman yogurt. Yoghurt tawar memiliki pH asam, yang menjadikannya pengganti yang tepat untuk baking powder jika dicampur dengan baking soda.

Yoghurt tanpa rasa bekerja paling baik dibandingkan jenis lain karena memberikan keasaman yang dibutuhkan untuk ragi tanpa menambahkan rasa. Anda dapat mengganti 1 sendok teh (5 gram) baking powder dalam resep dengan 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda dan 1/2 cangkir (122 gram) yogurt tanpa rasa.

 

Baca juga:

 

3 dari 6 halaman

Pengganti Baking Powder untuk Membuat Kue

Putih telur kocok

Banyak makanan yang dipanggang memiliki tekstur yang ringan dan bervolume ketika menggunakan putih telur kocok. Ini karena proses mengocok putih telur menciptakan gelembung udara kecil yang meningkatkan volume.

Metode ini paling sering digunakan dalam souffle, pancake, meringue, dan jenis kue tertentu. Ini bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda tidak memiliki baking powder atau baking soda.

Air soda

Air soda adalah minuman berkarbonasi yang mengandung natrium bikarbonat, atau baking soda. Untuk alasan ini, air soda sering digunakan dalam resep untuk bertindak sebagai agen ragi yang dapat memberikan volume pada makanan yang dipanggang tanpa menggunakan baking soda.

Namun, jumlah natrium bikarbonat yang ditemukan dalam soda klub sangat sedikit, jadi paling baik digunakan dalam resep yang hanya membutuhkan sedikit penambahan volume. Air soda biasanya digunakan untuk membuat pancake yang lembut dan lembap.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 6 halaman

Pengganti Baking Powder untuk Membuat Kue

Cuka

Cuka diproduksi melalui fermentasi, di mana alkohol diubah oleh bakteri menjadi asam asetat. Terlepas dari rasanya yang kuat dan khas, cuka adalah bahan yang umum di banyak makanan yang dipanggang. pH asam cuka sangat cocok digunakan sebagai pengganti baking powder.

Cuka memiliki efek ragi jika dipadukan dengan baking soda dalam kue dan biskuit. Meskipun semua jenis cuka bisa digunakan, cuka putih memiliki rasa paling netral dan tidak akan mengubah warna produk akhir.

Gantilah setiap sendok teh (5 gram) baking powder dalam resep dengan 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda dan 1/2 sendok teh (2,5 gram) cuka.

Krim tartar

Krim tartar juga dikenal sebagai kalium hidrogen tartrat. Krim tartar adalah bubuk putih asam yang dibentuk sebagai produk sampingan dari pembuatan anggur. Ini paling sering digunakan untuk menstabilkan putih telur dan krim serta untuk mencegah pembentukan kristal gula.

Krim tartar juga merupakan pengganti baking powder yang mudah ditemukan. Gunakan perbandingan krim tartar dengan baking soda 2: 1 untuk hasil terbaik. Gantilah 1 sendok teh (5 gram) baking powder dengan 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda ditambah 1/2 sendok teh (2 gram) krim tartar.

5 dari 6 halaman

Pengganti Baking Powder untuk Membuat Kue

Buttermilk

Buttermilk adalah produk susu fermentasi dengan rasa asam dan sedikit tajam. Kebanyakan buttermilk komersial dibentuk dengan menambahkan kultur bakteri ke dalam susu dan memungkinkan terjadinya fermentasi, memecah gula menjadi asam. Karena keasamannya, menggabungkan buttermilk dengan baking soda dapat menghasilkan efek ragi yang sama seperti baking powder.

Tambahkan 1/2 cangkir (122 gram) buttermilk dan 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda ke bahan-bahan lainnya untuk menggantikan 1 sendok teh (5 gram) baking powder.

Sour Milk

Sour milk atau susu asam bisa digunakan untuk menggantikan baking powder. Ini karena susu asam telah mengalami proses pengasaman yang menyebabkan penurunan kadar pH. Keasaman susu asam bereaksi dengan baking soda untuk menghasilkan efek ragi yang sama seperti baking powder.

Gunakan 1/2 cangkir (122 gram) susu asam dan 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda untuk menggantikan 1 sendok teh (5 gram) baking powder. Pastikan untuk mengurangi jumlah cairan dalam resep dengan jumlah yang sama yang ditambahkan untuk cairan ekstra dari susu asam.

6 dari 6 halaman

Pengganti Baking Powder untuk Membuat Kue

Molase

Molase adalah pemanis yang dibentuk sebagai produk sampingan produksi gula dan sering digunakan sebagai pengganti gula rafinasi. Molase juga bisa digunakan sebagai pengganti baking powder. ni karena molase cukup asam untuk menyebabkan reaksi asam-basa jika digabungkan dengan baking soda.

Gunakan 1/4 cangkir (84 gram) molase ditambah 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda untuk menggantikan 1 sendok teh (5 gram) baking powder. Selain mengurangi jumlah cairan untuk mengimbangi cairan tambahan dari molase, pastikan juga untuk mengurangi jumlah pemanis dalam resep.

Tepung Self-Rising

Jika Anda kehabisan baking soda dan baking powder, tepung Self-Rising bisa menjadi alternatif yang baik. Tepung ini erbuat dari kombinasi tepung serba guna, baking powder, dan garam, sehingga mengandung semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue yang mengembang.

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini