Sukses

5 Cara Merebus Sayur Agar Tetap Hijau dan Segar

Liputan6.com, Jakarta Cara merebus sayur agar tetap hijau dan segar saat dimakan sebenarnya tidak begitu sulit. Cara merebus sayur yang benar perlu diterapkan tidak hanya untuk mempertahankan warnanya, juga untuk menjaga kandungan nutrisinya.  

Sayuran yang direbus atau dimasak terlalu lama bisa mengalami perubahan rasa, warna, aroma bahkan nutrisi. Oleh karena itu, diperlukan cara merebus sayur yang benar agar kamu tetap bisa menikmati makanan dan mendapatkan manfaatnya dengan optimal. 

Cara merebus sayur yang benar perlu memperhatikan waktu dan tambahan yang tepat. Kamu harus tahu kapan waktu memasukkan sayur yang tepat, hingga menambahkan beberapa bahan seperti garam atau minyak sayur agar sayur tetap hijau dan segar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/10/2020) tentang cara merebus sayur.

2 dari 6 halaman

Masak Segera

Cara merebus sayur yang pertama adalah segera mengolahnya setelah dibeli. Pertama-tama tentu kamu harus memastikan sayuran yang akan dimasak baru dan segar saat membelinya. Sayur yang baru dan segar kualitasnya masih baik dan berwarna hijau alami.

Sayur segar sebaiknya tidak disimpan di lemari es lebih dari dua hari agar kualitasnya tetap baik dan tetap hijau setelah direbus atau dimasak.

3 dari 6 halaman

Perhatikan Kapan Memasukkan Sayur

Cara merebus sayur selanjutnya adalah memperhatikan kapan harus memasukkan sayur. Potong-potong dan cuci bersih semua sayuran. Kemudian, rebus air sampai mendidih. Sebaiknya masukkan sayur saat air untuk merebus sayur sudah mendidih. Segera aduk-aduk sayur bersama air.

Gunakan api besar untuk merebus sayur ini agar sayur cepat matang. Jika sayur sudah layu dan matang, segera angkat sayur. Rebus sayuran selama kurang lebih satu atau dua menit saja agar gizinya tetap terjaga.

Merebus sayur saat air belum mendidih akan mengurangi kadar vitamin C, 10 hingga 12 kali lipat. Ini karena vitamin C dalam sayur menguap.

4 dari 6 halaman

Taburkan Garam

Menaburkan sejumput garam juga merupakan salah satu cara merebus sayur agar tetap hijau dan segar. Taburkan atau tambahkan garam ke dalam air rebusan sayur. Selain membuat sayur tetap hijau, garam juga berfungsi membuat sayur lebih lemas atau lembut. Garam juga berfungsi memberi rasa yang lebih gurih ke sayur.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan 1/4 sdt soda kue ke dalam rebusan sayur. Aduk-aduk sayur sampai matang lalu tiriskan. Namun, soda kue yang digunakan jangan terlalu banyak, karena nantinya malah membuat rasa sayur jadi kurang sedap.

5 dari 6 halaman

Tambahkan Sedikit Minyak Sayur

Menambahkan sedikit minyak sayur juga bisa diterapkan dalam cara merebus sayur agar tetap hijau dan segar. Kamu bisa menambahkan 1 sdm minyak sayur untuk 1 liter air saat merebus sayuran.

Setelah matang, sayur bisa langsung ditiriskan. Kamu juga bisa langsung memasukkan sayur ke dalam air es terlebih dahulu, kemudian baru ditiriskan.

6 dari 6 halaman

Masukkan Sayur ke Air Es

Cara merebus sayur agar tetap hijau dan segar berikutnya adalah memasukkannya ke dalam air es. Masukkan sayur ke dalam air es atau air berisi es batu setelah selesai dan matang agar sayur tetap hijau dan segar setelah direbus.

Dengan cara ini diyakini warna sayur akan tetap terlihat hijau dan segar. Air es juga berfungsi membuat sayur cepat dingin dan bisa segera disantap bersama ikan goreng, sambal atau sayur pedas.

Cara merebus sayur agar tetap hijau dan segar tersebut akan menjaga sayur yang kamu konsumsi tetap memiliki nutrisi yang maksimal. Selain itu, cara merebus sayur ini juga menghindari sayur dari lembek dan membuatnya tetap renyah dan gurih saat dikonsumsi.