Sukses

10 Pengganti Tepung Maizena untuk Pengental Masakan, Terjangkau

Tepung maizena biasa dijadikan bahan pengental makanan.

Liputan6.com, Jakarta Maizena merupakan jenis tepung yang paling sering digunakan untuk mengentalkan masakan. Semua pati, termasuk tepung maizena memiliki sifat pengental. Karena tepung maizena adalah pati murni, maka daya pengentalnya dua kali lipat dari tepung.

Tepung ini paling sering digunakan sebagai pengental untuk semur, sup, dan kuah kental lainnya. Biasanya tepung maizena dilarutkan dengan air dan dicampurkan ke dalam masakan untuk membuatnya kental. Hasil pengentalan dengan maizena tidak mengubah rasa dan warna masakan.

Namun, ada saat di mana Anda tidak dapat menemukan tepung serbaguna ini. Beruntungnya, tepung maizena bukanlah satu-satunya bahan yang bisa digunakan sebagai pengental. Ada alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengentalkan makanan.

Berikut pengganti tepung maizena untuk mengentalkan masakan, dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Selasa(20/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengganti tepung maizena

Tepung beras

Tepung beras adalah tepung yang terbuat dari beras yang ditumbuk halus. Tepung beras juga bisa berfungsi sebagai pengental dalam resep, menjadikannya pengganti tepung maizena yang efektif. Selain itu, tepung ini tidak berwarna jika dicampur dengan air, sehingga sangat berguna untuk mengentalkan cairan bening. Seperti tepung terigu, Anda disarankan menggunakan tepung beras dua kali lebih banyak dari tepung maizena untuk mendapatkan hasil yang sama.

Tepung terigu

Berbeda dengan tepung maizena, tepung terigu mengandung protein dan serat, serta pati. Tepung terigu bisa dijadikan pengganti maizena namun dengan takaran yang lebih banyak untuk mendapatkan efek yang sama.

Untuk mengentalkan masakan, Anda bisa menggunakan tepung terigu dua kali lebih banyak dari tepung maizena. Jadi jika sebuah resep membutuhkan 1 sendok makan tepung maizena, gunakan 2 sendok makan tepung terigu. Untuk mengentalkan resep dengan tepung terigu, campurkan dengan sedikit air dingin terlebih dahulu hingga membentuk pasta.

3 dari 6 halaman

Pengganti tepung maizena

Pati garut

Pati garut atau tepung garut adalah pati yang berbuat dari akar tumbuhan garut yang banyak ditemukan di daerah tropis. Garut mengandung lebih banyak serat dibanding maizena. Tepung ini juga membentuk gel bening saat dicampur dengan air, jadi sangat bagus untuk mengentalkan cairan bening. Dianjurkan untuk menggunakan garut dua kali lebih banyak dari tepung maizena untuk mendapatkan hasil yang serupa.

Pati kentang

Pati kentang adalah pengganti lain dari tepung maizena. Seperti umbi dan pati akar lainnya, pati kentang rasanya cukup hambar, sehingga tidak akan memengaruhi rasa. Pati kentang bisa digunakan untuk mengganti maizena dengan perbandingan 1: 1. Artinya, jika resep membutuhkan 1 sendok makan maizena, ganti dengan 1 sendok makan pati kentang.

4 dari 6 halaman

Pengganti tepung maizena

Tapioka

Tapioka adalah produk pati olahan yang diekstrak dari singkong. Direkomendasikan untuk mengganti 1 sendok makan maizena dengan 2 sendok makan tepung tapioka. Untuk hasil terbaik, tapioka harus dicampur ke dalam bahan dan dibiarkan selama sekitar 10 menit sebelum dimasak agar tapioka dapat menyerap cairan dan mengental dengan baik.

Tepung sorghum

Tepung sorgum adalah pengental yang bagus untuk sup, semur, dan sup kental. Sorgum secara alami bebas gluten dan kaya akan banyak nutrisi. Sorgum tinggi protein, antioksidan, dan serat makanan. Selain mengandung lebih banyak protein daripada tepung maizena, tepung sorgum juga kaya akan nutrisi seperti magnesium, zat besi, vitamin B, dan fosfor.

5 dari 6 halaman

Pengganti tepung maizena

Flaxseed bubuk

Flaxseed bubuk sangat mudah menyerap dan membentuk jelly jika dicampur dengan air. Namun, konsistensi flaxseed bisa sedikit berpasir, tidak seperti tepung maizena yang halus. menggunakan flaxseed giling sebagai pengganti tepung dapat meningkatkan kandungan serat pada hidangan.

Anda bisa mencoba mengganti tepung maizena dengan mencampurkan 1 sendok makan flaxseed bubuk dengan 4 sendok makan air. Ini akan menggantikan sekitar 2 sendok makan tepung maizena.

Xanthan Gum

Xanthan Gum dibuat dengan memfermentasi gula dengan bakteri yang disebut Xanthomonas campestris. Bahan ini sangat berguna sebagai pengental, pengemulsi, dan zat pembentuk gel. Xanthan Gum dalam jumlah yang sangat sedikit dapat mengentalkan cairan dalam jumlah besar. Dianjurkan untuk menggunakan sedikit Xanthan Gum dan tambahkan perlahan.

6 dari 6 halaman

Pengganti tepung maizena

Guar Gum

Guar gum terbuat dari sejenis kacang-kacangan yang disebut kacang guar. Guar gum rendah kalori dan tinggi serat larut, menjadikannya pengental yang baik. Beberapa orang lebih suka menggunakan guar gum daripada xanthan gum, karena umumnya jauh lebih murah. Guar gum adalah pengental yang kuat. Mulailah dengan jumlah yang kecil,sekitar seperempat sendok teh untuk mengentalkan makanan.

Glukomanan

Glukomanan adalah serat larut bubuk yang berasal dari akar tanaman konjak. Bahan ini sangat menyerap dan membentuk gel kental, tidak berwarna, tidak berbau bila dicampur dengan air panas. Kekuatan pengentalnya jauh lebih kuat daripada tepung maizena.

Karena glukomanan adalah serat murni, ia tidak mengandung kalori atau karbohidrat, menjadikannya pengganti yang populer untuk amizena bagi orang yang sedang diet rendah karbohidrat. Gunakan seperempat sendok teh glukomanan untuk mengganti 2 sendok teh tepung jagung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini