Sukses

Ciri-Ciri Kanker Payudara Berdasarkan Stadiumnya, Waspadai Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri kanker payudara perlu diwaspadai. Kanker payudara adalah kanker yang berkembang di sel payudara. Kanker payudara merupakan salah satu pembunuh terbesar wanita di dunia. Maka dari itu penting mengenali ciri-ciri kanker payudara.

Kanker payudara stadium 4, juga disebut kanker payudara metastatik, dianggap sebagai stadium paling lanjut. Pada tahap ini, kanker tidak dapat disembuhkan lagi karena telah menyebar ke luar payudara dan dapat memengaruhi organ vital, seperti paru-paru atau otak. Maka dari itu penting mengetahui ciri-ciri kanker payudara sedini mungkin.

Setiap jenis kanker payudara dapat menimbulkan ciri-ciri kanker payudara yang beragam. Pada tahap awal, ciri-ciri kanker payudara mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Tetapi pada stadium ini kanker bisa dilihat pada mammogram. Jika Anda mendeteksi benjolan atau bercak yang tidak biasa di payudara, atau memiliki ciri-ciri kanker payudara lainnya.

Berikut ciri-ciri kanker payudara menurut stadiumnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(20/10/2020).

2 dari 8 halaman

Ciri-ciri kanker payudara stadium 0

Dilansir dari breastcancer.org, kanker payudara stadium 0 digunakan untuk menggambarkan kanker payudara non-invasif, seperti DCIS (ductal carcinoma in situ). Pada stadium 0, tidak ada bukti sel kanker atau sel abnormal non-kanker keluar dari bagian payudara tempat mereka berkembang.

Ductal carcinoma in situ biasanya tidak memiliki tanda atau gejala apa pun. Namun, stadium ini terkadang dapat menyebabkan tanda-tanda seperti bejolan payudara, keluarnya cairan dari puting dan berdarah.

3 dari 8 halaman

Ciri-ciri kanker payudara stadium 1

Kanker payudara stadium 1 digambarkan sebagai kanker payudara invasif yang menyerang jaringan payudara normal di sekitarnya. Stadium 1 dibagi menjadi subkategori yang dikenal sebagai IA dan IB.

Secara umum, stadium IA menggambarkan kanker payudara invasif dimana adanya tumor berukuran hingga 2 sentimeter. Pada tahap ini kanker belum menyebar ke luar payudara dan kelenjar getah bening tidak terpengaruh.

Untuk stadium IB, menggambarkan kanker payudara invasif dimana tidak ada tumor di payudara. Sebaliknya, kelompok kecil sel kanker yang lebih besar dari 0,2 milimeter (mm) tetapi tidak lebih dari 2 mm ditemukan di kelenjar getah bening.

Pada stadium IB, juga bisa ada tumor di payudara yang tidak lebih besar dari 2 cm, dan ada kelompok kecil sel kanker - lebih besar dari 0,2 mm tetapi tidak lebih besar dari 2 mm - di kelenjar getah bening.

4 dari 8 halaman

Ciri-ciri kanker payudara stadium 2

Kanker payudara stadium 2 dibagi menjadi subkategori yang dikenal sebagai 2A dan 2B. Pada stadium 2A, tumor lebih kecil dari 2 cm dan telah menyebar ke 1-3 kelenjar getah bening di dekatnya, atau berada di antara 2 dan 5 cm dan belum menyebar ke kelenjar getah bening mana pun.

Untuk stadium 2B, tumor berukuran antara 2 dan 5 cm dan telah menyebar ke 1-3 kelenjar getah bening aksila (ketiak), atau lebih besar dari 5 cm dan belum menyebar ke kelenjar getah bening mana pun.

5 dari 8 halaman

Ciri-ciri kanker payudara stadium 3

Stadium 3 dibagi menjadi subkategori yang dikenal sebagai 3A, 3B, dan 3C. Pada stadium 3A, kanker telah menyebar ke 4–9 kelenjar getah bening aksila atau telah memperbesar kelenjar getah bening payudara bagian dalam, dan tumor primer dapat berukuran berapa pun. Di stadium ini tumor lebih besar dari 5 cm dan kanker telah menyebar ke 1-3 kelenjar getah bening aksila atau kelenjar tulang dada.

Pada stadium 3B, tumor telah menginvasi dinding dada atau kulit dan mungkin atau mungkin tidak menyerang hingga 9 kelenjar getah bening. Sementara stadium 3C kanker ditemukan di 10 atau lebih kelenjar getah bening aksila, kelenjar getah bening di dekat tulang selangka, atau kelenjar susu internal.

6 dari 8 halaman

Ciri-ciri kanker payudara stadium 4

Ciri-ciri kanker payudara stadium 4 menggambarkan kanker payudara invasif yang telah menyebar ke luar payudara dan kelenjar getah bening di dekatnya ke organ tubuh lain, seperti paru-paru, kelenjar getah bening jauh, kulit, tulang, hati, atau otak.

Kanker payudara stadium 4 dapat memiliki tumor dalam berbagai ukuran, dan sel kankernya telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat dan jauh serta organ jauh.

Kanker payudara stadium 4, juga disebut kanker payudara metastatik, dianggap sebagai stadium paling lanjut. Pada tahap ini, kanker tidak dapat disembuhkan lagi karena telah menyebar ke luar payudara dan dapat memengaruhi organ vital.

7 dari 8 halaman

Gejala umum kanker payudara

Dilansir dari Helathline, bagi wanita yang mendapat diagnosis awal kanker payudara stadium 4, berikut ini adalah gejala paling umum yang kemungkinan besar akan terjadi:

Benjolan payudara

Pada tahap awal kanker, tumor biasanya terlalu kecil untuk dilihat atau dirasakan. Itulah mengapa dokter menyarankan mammogram dan jenis teknik skrining kanker lainnya. Mereka dapat mendeteksi tanda-tanda awal perubahan kanker.

Meskipun tidak semua kanker stadium 4 akan mencakup tumor besar, banyak wanita yang dapat melihat atau merasakan benjolan di payudara mereka. Mungkin ada di bawah ketiak atau di tempat lain di dekatnya. Wanita juga mungkin merasakan pembengkakan umum di sekitar area payudara atau ketiak.

Perubahan kulit

Beberapa jenis kanker payudara menyebabkan perubahan kulit. Kanker payudara inflamasi dapat menyebabkan perubahan pada kulit. Sel kanker memblokir pembuluh getah bening, menyebabkan kemerahan, bengkak, dan kulit berlesung pipit. Kanker payudara stadium 4 dapat mengembangkan gejala-gejala ini terutama jika tumornya besar atau mengenai kulit payudara.

Keluarnya cairan dari puting

Keluarnya cairan dari puting bisa menjadi gejala dari semua stadium kanker payudara. Cairan apa pun yang keluar dari puting, baik berwarna atau bening, dianggap keluarnya cairan dari puting. Cairan tersebut mungkin berwarna kuning dan terlihat seperti nanah, atau bahkan terlihat berdarah.

Pembengkakan

Payudara mungkin terlihat dan terasa sangat normal pada tahap awal kanker payudara, meskipun ada sel kanker yang tumbuh di dalamnya. Pada tahap selanjutnya, orang mungkin mengalami pembengkakan di area payudara dan / atau di lengan yang terkena. Ini terjadi ketika kelenjar getah bening di bawah lengan berukuran besar dan bersifat kanker.

8 dari 8 halaman

Gejala umum kanker payudara

Ketidaknyamanan dan nyeri payudara

Wanita mungkin merasakan ketidaknyamanan dan nyeri saat kanker tumbuh dan menyebar di payudara. Sel kanker tidak menyebabkan rasa sakit tetapi saat tumbuh menyebabkan tekanan atau kerusakan pada jaringan di sekitarnya. Tumor besar dapat tumbuh atau menyerang kulit dan menyebabkan luka atau bisul yang menyakitkan.

Kelelahan

Kelelahan adalah gejala yang paling sering dilaporkan pada penderita kanker. Pada kanker stadium 4, kelelahan mungkin menjadi lebih umum, membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih sulit.

Insomnia

Kanker payudara stadium 4 dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan nyeri yang mengganggu tidur teratur. Kelelahan dan gangguan tidur adalah dua dari efek samping yang paling sering dialami oleh pasien penderita kanker.

Masalah perut

Kanker dapat menyebabkan mual, muntah, diare, dan sembelit. Kecemasan dan kurang tidur juga bisa mengganggu sistem pencernaan. Seiring waktu, wanita bisa kehilangan nafsu makan dan kesulitan mengonsumsi kalori yang mereka butuhkan. Tidak makan secara teratur dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan dan ketidakseimbangan nutrisi.

Sesak napas

Kesulitan bernapas secara keseluruhan, termasuk sesak di dada dan kesulitan menarik napas dalam-dalam, dapat terjadi pada pasien kanker payudara stadium 4. Terkadang ini berarti kanker telah menyebar ke paru-paru, dan bisa disertai dengan batuk kronis atau batuk kering.