Sukses

Massa Jenis Air, Rumus, Tabel, dan Contohnya yang Perlu Dipahami

Massa jenis air adalah kostanta yang terdapat pada temperatur dan tidak tergantung kepada volume air tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Massa jenis air adalah kostanta yang terdapat pada temperatur dan tidak tergantung kepada volume air tersebut. Massa jenis sendiri ialah ukuran massa masing-masing satuan volume suatu benda. Ketika massa jenis suatu benda lebih besar, maka massa di setiap volume juga lebih besar.

Massa jenis adalah ilmu fisika yang mempelajari sejumlah pemahaman tertentu, terutama kepadatan air. Kepadatan dapat menjelaskan mengapa benda dengan ukuran yang sama memiliki bobot yang berbeda. Maka dari itu, penting mengetahui lebih jauh tentang massa jenis air.

Barang yang lebih besar tidak selalu lebih berat dari barang yang lebih kecil. Contohnya, kepadatan merupakan rumus awal dalam pembuatan kapal. Kapal besi dapat terapung di air salah satunya adalah karena adanya hubungan antara kepadatan air dan berat kapal.

Massa jenis merupakan sebuah jumlah massa dalam suatu unit satuan volume. Konsep massa jenis dapat diartikan sebagai seberapa berat atau seberapa ringan benda terhadap volumenya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/10/2020) tentang massa jenis air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Massa Jenis Air

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, massa jenis air merupakan kostanta yang terdapat pada temperatur dan tidak tergantung kepada volume air tersebut. Namun, sebelum mengenali massa jenis air, kamu harus benar-benar paham dulu tentang massa jenis.

Massa jenis atau mass density adalah ukuran kerapatan massa setiap satuan volume benda. Massa jenis atau densitas yaitu suatu besaran kerapatan massa benda yang dinyatakan dalam berat benda per satuan volume benda tersebut.

Besaran massa jenis bisa membantu menerangkan mengapa benda yang berukuran sama mempunyai berat yang berbeda. Hal ini nantinya juga membuat kamu mengerti bagaimana benda yang lebih besar belum tentu lebih berat daripada benda yang lebih kecil. Massa jenis air memiliki kegunaan yang banyak dalam kehidupan sehari-hari.

3 dari 6 halaman

Rumus dan Satuan Massa Jenis

Massa jenis disimbolkan ρ dibaca “rho” pada gambar diatas. Rumus massa jenis adalah hasil pembagian massa benda dengan volume benda.

ρ = M/V

Satuan massa jenis berdasarkan sistem satuan internasional adalah Kg/m3 atau Kg·m−3. Massa dengan satuan Kg dan volume satuannya m3.  

Perbedaan massa dengan massa jenis suatu benda adalah Massa menunjukkan jumlah partikel yang tedapat pada sebuah benda, sedangkan massa jenis menyatakan seberapa rapat, seberapa padat, partikel tersebut tersusun.

4 dari 6 halaman

Tabel Massa Jenis Air

Temperatur 20oC, Berat Jenis 0,9982

Temperatur 21 oC, Berat Jenis 0,9980

Temperatur 22 oC, Berat Jenis 0,9978

Temperatur 23 oC, Berat Jenis 0,9976

Temperatur 24 oC, Berat Jenis 0,9973

Temperatur 25 oC, Berat Jenis 0,9971

Temperatur 26 oC, Berat Jenis 0,9968

Temperatur 27 oC, Berat Jenis 0,9965

 Temperatur 27,5 oC, Berat Jenis 0,9964

Temperatur 28 oC, Berat Jenis 0,9963

Temperatur 29 oC, Berat Jenis 0,9960

Temperatur 30 oC, Berat Jenis 0,9957

Temperatur 31 oC, Berat Jenis 0,9954

Temperatur 32 oC, Berat Jenis 0,9951

Temperatur 33 oC, Berat Jenis 0,9947

Temperatur 34 oC, Berat Jenis 0,9944

Temperatur 35 oC, Berat Jenis 0,9941

Temperatur 36 oC, Berat Jenis 0,9937

Temperatur 37 oC, Berat Jenis 0,9934

Temperatur 38 oC, Berat Jenis 0,9930

Temperatur 39 oC, Berat Jenis 0,9926

Temperatur 40 oC, Berat Jenis 0,9922

Dalam tabel massa jenis air, semakin tinggi suhunya, maka semakin rendah nilai massa jenisnya. Hal ini disebabkan dengan jarak antar molekul yang semakin jauh seiringan dengan naiknya temperatur.

5 dari 6 halaman

Contoh Soal

Contoh Soal:

1. Ban penampungan air ukurannya 1 m dengan bentuk kubus. Jika massa air di dalam bak itu adalah 1000 kg. Berapakah massa jenis air?

m= 1000 Kg

Volume= 1m x 1m x 1m = 1m3

ρ = M/V

ρ = 1000 Kg / 1 m3

Massa jenis (ρ) = 1000 Kg/m3

6 dari 6 halaman

Contoh Massa Jenis Air

Massa jenis air bisa kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh massa jenis air pada kehidupan sehari-hari:

Minyak dengan Air

Salah satu contoh massa jenis air adalah saat kamu mencampurkan minyak dan air. Hal yang akn terjadi saat kamu mencampurkan minyak dengan air adalah keduanya tidak akan tercampur. Minyak tidak akan larut dalam air begitu juga sebaliknya air tidak akan larut dalam minyak. Hal tersebut disebabkan karena kepadatan minyak yang membuat minyak mengapung di permukaan air.

Kapal Selam

Kapal selam bisa mengapung dan juga dapat tenggelam di dalam air laut. Hal ini terjadi karena perbedaan massa jenis yang mengakibatkan kapal selam dapat mengapung di atas air. Jadi kapal selam massa jenisnya lebih kecil di bandingkan air laut maka dapat mengapung.

Ban Air

Biasanya ban air yang digunakan untuk berenang mempunyai massa jenis yang kecil karena di isi dengan angin, maka ban tersebut sangat ringan di atas permukaan air. Hal tersebut yang membuat kamu bisa mengambang dengan ban air di kolam renang.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.