Sukses

8 Manfaat Tamanu Oil untuk Kecantikan, Ampuh Atasi Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan minyak esensial memang punya peran cukup penting dalam dunia kecantikan. Bahkan, sudah banyak orang yang sudah mulai menggunakan beragama jenis minyak esensial ke dalam rangkaian perawatannya, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak zaitun, serta jenis minyak esensial lainnya.

Salah satu jenis minyak esensial yang tidak kalah bermanfaat yaitu tamanu oil. Manfaat tamanu oil sudah dikenal sejak zaman dahulu. Minyak esensial tersebut dihasilkan dari ekstrak biji buah pohon cemara yang disebut Calophyllum inophyllum. Oleh masyarakat Asia Tenggara, manfaat tamanu oil digunakan dalam pengobatan kulit, seperti jerawat, psoriasis, hingga memudarkan bekas luka.

Untuk membahas lebih lanjut mengenai apa saja manfaat tamanu oil terutama bagi kulit, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu (21/10/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit

1. Pelembap kulit

Manfaat tamanu oil yang pertama, berasal dari kandungan asam lemak yang tinggi di dalamnya. Tamanu oil bisa dengan mudah terserap oleh kulit dan membuat kulit menjadi lebih kenyal serta tidak mudah kering. Bahkan banyak yang percaya jika menggunakan tamanu oil mampu meregenerasi sel kulit yang telah rusak.

 

2. Mengatasi jerawat dan memudarkan bekasnya

Selanjutnya, manfaat tamanu oil mampu mengatasi jerawat di wajah. Sebab tamanu oil memiliki sifat antibakteri untuk menangkanl penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes dan Propionibacterium granulosum. Bahkan dengan kemampuan antibakterinya, manfaat tamanu oil juga bisa mengatasi jerawat yang sudah meradang.

Tidak hanya mengobati jerawat, manfaat tamanu oil juga berguna dalam membantu regenerasi kulit dan memulihkan bekas luka karena jerawat. Sebab tamanu oil dapat merangsang pembentukan sel baru serta produksi komponen pada kulit, termasuk kolagen dan glycosaminoglycan (GAG). Kedua komponen tersebut yang berperan penting untuk memudarkan bekas jerawat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Tamanu untuk Kecantikan

3. Memudarkan bekas luka

Manfaat tamanu oil untuk memudarkan bekas jerawat diperkuat dengan penelitian yang diterbitkan oleh Thieme Medical Publisher pada tahun 2016 silam. Dalam penelitian tersebut menyatakan jika tamanu oil biasa digunakan untuk penyembuhan luka dan menyembuhkan berbagai masalah serta penyakit kulit. Sebab kandungan dalam minyak alami tersebut mampu mengurangi peradangan dan akan merangsang pembentukan kolagen yang dapat memicu pertumbuhan jaringan kulit baru.

 

4. Cegah tanda penuaan

Gaya hidup yang tidak sehat serta faktor lingkungan, menjadi salah satu sumber paparan radikal bebas. Padahal, radikal bebas bisa menimbulkan masalah elastisitas kulit, sehingga muncul tanda-tanda penuaan.

Dampak buruk dari radikal bebas tersebut bisa diatasi dengan penggunaan tamanu oil secara rutin. Manfaat tamanu oil dalam mencegah tanda penuaan tersebut berasal dari kandungan asam lemak yang dikandungnya.

Dengan kemampuannya dalam merangsang pembentukan kolagen dan GAG, diyakini mampu memperlambat tanda-tanda penuaan serta membantu regenerasi kulit.

Selain itu, tamanu oil juga membantu penyerapan sinar ultraviolet (UV) dan menghambat kerusakan DNA hingga 85% akibat pancaran radiasi sinar UV. Dengan begitu, manfaat tamanu oil diyakini sangat berguna untuk mencegah kerutan.

Bahkan, saat ini sudah banyak produk anti-aging yang menggunakan tamanu oil sebagai bahan campuran di dalamnya.

4 dari 5 halaman

Manfaat Tamanu Oil yang Tidak Kalah Penting

5. Samarkan mata panda

Dengan adanya kandungan fatty acids atau asam lemak yang tinggi dalam tamanu oil, menjadikan minyak esensial ini cocok digunakan pada bagian-bagian kulit yang tipis, salah satunya bagian lingkaran bawah mata supaya lebih lembab. Itulah mengapa, tamanu oil akan sangat berguna untuk menghilangkan mata panda yang bisa mengurangi penampilan wajah.

 

6. Mengatasi eksim

Manfaat tamanu oil selanjutnya, berasal dari kemampuan antiradang yang dikandungnya. Sifat antiradang yang ada di dalam minyak tamanu, diklaim bisa membantu meredakan penyakit kulit yang bisa menimbulkan gejala peradangan, seperti eksim, psoriasis, atau rosacea.

Namun, bagi penderita eksim, psoriasis, dan rosacea, ada baiknya sebelum menggunakan tamanu oil untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Walaupun begitu, manfaat tamanu oil ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai tingkat efektifnya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Tamanu Oil yang Terakhir

7. Mengatasi komedo

Penggunaan tamanu oil, juga berguna untuk mengatasi komedo yang membandel. Seperti yang umum diketahui, komedo bisa mengurangi penampilan wajah dengan bercak hitam yang ditimbulkannya. Terutama jika komedo tersebut ada di area hidung dan sekitar pipi.

 

8. Samarkan stretch marks

Manfaat tamanu oil yang terakhir, yaitu mampu menyamarkan stretch marks. Manfaat tamanu oil ini tidak lain karena kandungan antioksidan, antiradang, serta sifat melembapkan di dalamnya yang dipercaya mampu menyamarkan stretch marks.

Dengan banyaknya manfaat tamanu oil yang bisa didapatkan oleh kulit, bukan berarti Anda bisa begitu saja menggunakan salah satu jenis minyak esensial ini. Sebab, mungkin saja tamanu oil bisa menimbulkan alergi bagi beberapa orang.

Maka dari itu, ada baiknya konsultasikan ke dokter atau Anda bisa mencoba sedikit terlebih dahulu tamanu oil tersebut pada bagian kecil kulit di tubuh. Lalu, pastikan juga produk tamanu oil yang Anda beli merupakan produk alami yang tidak memiliki campuran bahan kimia berbahaya di dalamnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.