Sukses

Penyebab Rambut Rontok Parah dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Penyebab rambut rontok bisa beragam, dari masalah fisik hingga emosional. Sebenarnya, kerontokan rambut merupakan kondisi yang umum terjadi pada semua orang. Kondisi rambut rontok ini dalam dunia medis disebut juga sebagai alopesia.

Kondisi ini masih dianggap normal bila rambut rontok tidak lebih dari 100 helai per hari. Namun, jika kerontokan rambut lebih dari 100 helai per hari dan tidak terkendali, kamu patut waspada. Hal ini bisa jadi merupakan tanda awal kebotakan. 

Penyebab rambut rontok perlu dikenali agar dapat ditangani dengan tepat. Rambut rontok yang tidak normal biasanya dapat dikenali dari kondisi rambut berguguran yang mendadak lebih banyak dari biasanya. Meski demikian, gejala pada tiap jenis kerontokan juga berbeda-beda.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/10/2020) tentang penyebab rambut rontok.

2 dari 5 halaman

Penyebab Rambut Rontok Parah

Penyebab rambut rontok perlu dikenali agar kamu bisa melakukan tindakan pencegahan dan juga mengatasinya segera. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab rambut rontok, baik karena fisik maupun masalah emosional.

Berikut beberapa penyebab rambut rontok yang harus kamu ketahui:

- Penuaan atau aging

- Stres fisik dan emosional

- Riwayat keluarga

- Perubahan hormonal seperti hamil, pubertas dan menopause

- Kadar vitamin yang rendah

- Peyakit tiroid, diabetes, dan sindrom down

- Kekurangan protein karena diet ketat

- Penyakit autoimun seperti alopesia areata

- Mengalami demam tinggi.

- Anemia karena kekurangan zat besi

- Baru sembuh dari sakit.

- Berat badan turun 9 kg atau lebih.

- Kemoterapi

- Efek samping obat-obatan, seperti pemakaian pil KB, vitamin A dosis tinggi, obat antidepresan, dan obat hormonal.

- Penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras, seperti cat rambut, bleaching rambut, atau kebiasaan menggunakan pemanas rambut.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Setelah mengenali berbagai penyebab rambut rontok tersebut, kamu sudah bisa mengambil tindakan untuk mengatasinya. Beberapa jenis rambut rontok, seperti telogen effluvium, tidak membutuhkan pengobatan khusus karena bisa berhenti sendiri dan rambut mulai tumbuh dalam waktu enam bulan kemudian. Kerontokan juga dapat berhenti ketika kondisi stres penyebab rambut rontok telah mereda.

Penuhi asupan nutrisi

Asupan nutrisi, seperti seng, vitamin B, asam folat, zat besi dan kalsium, adalah jenis asupan yang baik dan dianjurkan untuk mengatasi rambut rontok. Beberapa studi menunjukkan asupan vitamin D juga berdampak positif. Vitamin biotin bahkan diketahui dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Lidah buaya

Cara merawat rambut rontok bisa menggunakan lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya tak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala kamu.

Sebelum menerapkan cara ini basahi dulu rambut kamu dan tunggu sampai setengah kering. Setelah itu usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepala kamu, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Kemiri

Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi penyebab rambut rontok. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala.

Cara merawat rambut rontok yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut. Langkah terakhir yakni keramas dengan shampo agar rambut kamu bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Menggunakan minyak esensial (Rosemary)

Salah satu minyak esensial terbaik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah minyak rosemary. Minyak ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme sel yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebih tebal. Pastikan untuk menguji reaksi alergi sebelum mengaplikasikannya di kepala. Perlu diingat, minyak esensial wajib diencerkan dengan minyak lainnya seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. Gunakan minyak essensial tersebut sebagai masker rambut.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Buah alpukat

Kandungan protein yang terdapat pada buah alpukat sangat effektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut kamu. Selain mampu menguatkan rambut, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut kamu.

Cara mengatasi rambut rontok dengan alpukat cukup dengan menghaluskannya, kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala kamu. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan sampo agar bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Cara mengatasi rambut rontok dengan yogurt sangat mudah, kamu dapat mengoleskannya pada bagian kulit kepala dan biarkan 10 hingga 15 menit. Lakukan cara merawat rambut rontok ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jeruk nipis

Dengan beberapa buah jeruk nipis, kamu sudah bisa menerapkan cara mengatasi rambut rontok secara alami. Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat.

Pakai masker aloe vera & jeruk nipis

Cara merawat rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan masker dari aloe vera dan jeruk nipis. Aloe vera bersifat anti-septik dan menyuburkan rambut. Padukan dengan sari lemon agar kulit kepala sehat.

Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan ini yakni, sediakan gel aloe vera secukupnya kemudian campurkan dengan perasan jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala. Diamkan lebih kurang selama 30 menit. Kemudian bilas dengan bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Rambut Rontok

Sebenarnya, sebelum mengalami rambut rontok kamu bisa mencegahnya terjadi. Hal ini tentunya dengan menjauhi penyebab rambut rontok dan mengikuti berbagai anjuran dalam menjaga kesehatan rambut. Ikuti beberapa cara berikut untuk mencegah rambut rontok:

- Lakukan perawatan rambut dengan baik, seperti pemberian vitamin rambut

- Cuci rambut dan jaga kebersihan rambut secara rutin

- Asupan nutrisi yang baik dan seimbang

- Pengendalian stress dengan baik

- Pengobatan terhadap masalah medis penyebab kerontokan rambut