Sukses

5 Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Ketahui penyebab radang tenggorokan dan cara mengatasinya secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya penyebab radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang menyerang bagian tenggorokan. Ketika mengalami radang tenggorokan, biasanya penderitanya akan merasakan rasa terbakar di bagian tenggorokan dan tidak nyaman ketika menelan sesuatu.

Selain dikarenakan oleh infeksi bakteri, penyebab radang tenggorokan yang lainnya adalah bakteri dan alergen. Hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan jika segera diatasi atau pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang baik. Namun, jika diabaikan, penyebab radang tenggorokan bisa membahayakan dan berubah menjadi penyakit radang tenggorokan akut.

Jika sudah berubah menjadi radang tenggorokan akut, bisa memicu amandel yang bernanah hingga timbulnya kelenjar getah bening. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab radang tenggorokan agar bisa memberikan pengobatan yang tepat.

Setiap penyebab radang tenggorokan membutuhkan cara dan solusi yang berbeda. Supaya tidak bertambah parah, maka ada baiknya untuk memahami penyebab radang tenggorokan dan cara mengatasinya, berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis, (22/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab radang tenggorokan

Dilansir dari laman klikdokter, penyebab radang tenggorokan bisa beragam, yakni mulai dari infeksi virus, bakteri, hingga reaksi alergi tubuh yang diakibatkan oleh alergi. Namun, supaya memudahkannya, berikut merupakan penyebab radang tenggorokan yang paling umum ditemukan:

1. Bakteri. Penyebab radang tenggorokan dari bakteri ada berbagai macam. Namun yang paling umum ditemukan pada penderita radang tenggorokan yakni Streptokokus grup A, N. gonorrhoeae, C. diphtheria, dan H. influenza.

2. Infeksi virus. Selain disebabkan oleh bakteri, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh serangan infeksi virus. Berikut ini merupakan beberapa virus yang paling umum menjadi penyebab radang tenggorokan yakni Rhinovirus, Adenovirus, Parainfluenza virus, dan Coxsackie virus.

3. Alergen. Selain diakibatkan oleh bakteri dan virus, radang tenggorokan juga dapat dipicu oleh reaksi alergi yang diakibatkan oleh alergen. Hal ini biasanya terjadi pada orang-orang tertentu yang sensitif terhadap alergen tertentu. Berikut merupakan alergen yang paling umum menyebabkan radang tenggorokan yakni debu, serbuk sari, kebiasaan merokok, udara kering, dan lain sebagainya.

4. Iritasi pada tenggorokan akibat GERD. Selain beberapa penyebab radang tenggorokan di atas, penyakit ini juga bisa dipicu oleh naiknya asam lambung atau GERD ke esofagus atau kerongkongan.

5. HIV. Penyakit HIV menyerang sistem imun tubuh penderitanya. Maka dari itu, seseorang yang sudah terinfeksi HIV biasanya sangat rentan terkena penyakit. Salah satunya yakni radang tenggorokan.

3 dari 4 halaman

Cara alami mengatasi radang tenggorokan

Ketika mengalami radang tenggorokan, tentu saja akan timbul rasa gatal, terbakar, serta tidak nyaman ketika menelan sesuatu. Hal ini terkadang juga sangat mengganggu tingkat produktivitas sehari-hari. Selain itu, dengan terkena penyakit radang tenggorokan, juga mengganggu ketika hendak ngobrol atau berkomunikasi. Orang lain yang berinteraksi dengan kita pun akan merasakan tidak nyaman karena punya risiko tertular lewat udara yang sama. Maka dari itu, berikut ini merupakan cara mengatasi radang tenggorokan secara alami:

1. Minum Air Putih

Ketika mengalami radang tenggorokan, sebaiknya Anda mengonsumsi banyak cairan supaya bisa meringankan rasa sakitnya. Selain itu, dengan cairan tubuh yang cukup, juga bisa membantu untuk memulihkan daya imun tubuh dengan segera. Dengan tubuh yang terhidrasi juga dapat mencegah peradangan semakin memburuk.

Kemudian, dengan meminum air putih sebanyak mungkin, bisa membuat selaput lendir tetap lembap dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu lainnya.

2. Air Perasan Lemon

Salah satu cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami adalah dengan meminum air perasan lemon. Dalam lemon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga mampu memulihkan imun tubuh dengan cepat. 

Jika meminum perasan lemon langsung terlalu asam, maka Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh perasan lemon ke dalam air hangat dan meminumnya. Kemudian, Anda juga bisa menggunakan air perasan lemon untuk berkumur supaya mulut terasa lebih segar.

Properti astringent yang terdapat dalam air perasan lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

4 dari 4 halaman

Cara alami mengatasi radang tenggorokan

3. Kumur Air Garam

Selain berkumur air lemon, Anda juga bisa berkumur dengan air garam sebagai salah satu solusi untuk sakit tenggorokan. Hal ini lantaran sodium yang terdapat pada garam terbukti ampuh dalam meredakan rasa panas dan nyeri yang diakibatkan oleh radang tenggorokan. 

Caranya cukup mudah, yakni campurkan 1 sendok teh garam dapur dengan secangkir air hangat. Aduk hingga butiran garam larut dengan air, kemudian gunakan untuk berkumur dan ulangi beberapa kali dalam sehari. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Kumur Air Kunyit

Kunyit dikenal sebagai bahan alami yang mengandung antioksidan tinggi sehingga sangat baik untuk memerangi virus dan bakteri yang ada ketika mengalami radang tenggorokan. Untuk berkumur dengan air kunyit, siapkan ½ sendok kunyit bubuk, kemudian campurkan dengan ½ sendok teh garam dan secangkir air hangat. Aduk hingga tercampur jadi satu kemudian gunakan untuk berkumur.

5. Konsumsi makanan yang lembut

Ketika mengalami radang tenggorokan, sebaiknya konsumsi makanan yang memiliki tekstur lembut agar mudah untuk dicerna. Misalkan saja bubur ayam, nasi tim, dan sup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.