Sukses

9 Makanan yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dini

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang ampuh untuk mencegah penuaan dini memiliki beragam nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Hal ini tentunya perlu kamu penuhi setiap hari agar kulit tetap sehat. Apalagi, berbagai penyebab penuaan dini cukup sulit dihindari. 

Paparan sinar matahari, stres, makanan berlemak jenuh, dan polusi sering kali tidak dapat dihindarkan dari kehidupan. Apalagi, beberapa hal tersebut menjadi pemicu utama kulit cepat berkerut dan keriput, yang merupakan gejala penuaan dini.

Makanan yang ampuh untuk mencegah penuaan dini harus dikonsumsi secara rutin. Selain menerapkan pola makan yang sehat, untuk mencegah penuaan dini kamu juga harus menghindari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya dan pakaian berlengan panjang. Kamu juga harus tidur selama 6-8 jam di malam hari agar kulit tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/10/2020) tentang makanan yang ampuh untuk mencegah penuaan dini.

2 dari 5 halaman

Makanan yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dini

Jeruk dan Buah-buahan Sumber Vitamin C Lainnya

Makanan yang ampuh untuk mencegah penuaan dini adalah jeruk dan berbagai buah-buahan sumber vitamin C lainnya, seperti kiwi, mangga, pepaya, nanas, stroberi, hingga semangka. Hal ini berkaitan dengan kulit normal memiliki kadar vitamin C yang tinggi, sebab sangat dibutuhkan untuk merangsang produksi kolagen yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit.

Selain itu, vitamin C juga memberikan efek antioksidan yang melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Maka dari itu, kamu perlu memastikan bahwa asupan vitamin C tercukupi dengan baik agar kulit tak mengalami penuaan dini.

Wortel

Wortel menjadi salah satu sayuran yang sangay baik untuk mencegah penuaan dini berkat kandungan beta karoten di dalamnya. Beta karoten adalah prekursor vitamin A, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kulit yang juga memperlambat penuaan kulit. Sebagai antioksidan, wortel membantu menangkal penuaan untuk seluruh tubuh.

Tidak hanya itu, beta karoten juga dapat menghangatkan kulit dan kandungan dalam beta-karoten telah terbukti secara ilmiah lebih baik daripada berjemur. Karotenoid, seperti beta karoten, paling baik diserap ketika dipadukan dengan makanan sehat dengan lemak baik. Jadi kamu dapat nikmati wortel dengan telur dalam salad, haluskan menjadi sup krim dengan yogurt, atau celupkan ke dalam guacamole.

3 dari 5 halaman

Makanan yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dini

Bayam dan Berbagai Sayuran Hijau Lainnya

Bayam dan berbagai sayuran hijau lainnya, seperti brokoli, kale, dan kangkung juga dapat menjadi makanan yang ampuh untuk mencegah penuaan dini. Hal ini karena bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan vitamin A, C, E, dan K, serta serat. Semua kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik dan efektif untuk mencegah penuaan dini.

Vitamin C merupakan bahan pembuat kolagen yang bisa menjaga elastisitas kulit, sementara vitamin A dapat berperan dalam mencerahkan kulit. Lalu, vitamin E memiliki kandungan antioksidan dan vitamin K dapat mengatasi peradangan di kulit. Agar nutrisi sayuran hijau tersebut tidak rusak dalam proses memasak, usahakan untuk tak memasaknya terlalu lama.

Alpukat

Alpukat kaya dengan asam lemak tak jenuh tunggal. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu makanan yang ampuh untuk mencegah penuaan dini. "Alpukat mengandung lemak anti-inflamasi yang membantu melembabkan kulit kita, menunda kerutan, dan melindungi kita dari racun berbahaya dari matahari," kata Melissa Mitri, MS, RD, ahli diet di Milford, CT.

Rasa lezat dari olahan aplukat dapat berupa smoothie, dengan telur, salad, atau dibuat menjadi guacamole. Kamu juga dapat mengonsumsi seperempat alpukat, untuk menuai manfaatnya ini.

4 dari 5 halaman

Makanan yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dini

Anggur

Antioksidan dan polifenol yang ditemukan dalam anggur juga dapat berperan dalam mencegah penuaan dini. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa polifenol anggur dapat berkontribusi pada kesehatan otak, kesehatan usus besar, kesehatan mata, dan banyak lagi.

Anggur yang dapat membantu menjaga kesehatan sel sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Polifenol ditemukan di setiap bagian dari anggur (kulit, daging, dan biji-bijian) dan dalam anggur dari semua warna, termasuk merah, hijau, dan hitam.

Telur

Makanan yang menyediakan protein seperti telur membantu mendukung otot dan metabolisme. Ini sangat penting seiring bertambahnya usia, karena kebanyakan orang kehilangan 0,8 persen dari tubuh tanpa lemak mereka.

Jika kamu ingin mencegah kerusakan otot, makan makanan kaya protein sangat penting. Juga untuk mendukung pelatihan ketahanan yang disarankan dengan benar, kamu membutuhkan protein untuk mengembangkan dan menjaga otot tanpa lemak. Kamu bisa mengonsumsi telur dadar, telur dan alpukat yang dihaluskan, atau telur dalam nasi goreng.

5 dari 5 halaman

Makanan yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dini

Makanan Tinggi Vitamin E

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan tingginya radikal bebas di kulit yang dapat berujung pada kerusakan dan kerutan. Itulah mengapa Anda membutuhkan vitamin E, sebab dapat menangkal dan menetralkan radikal bebas di kulit, sehingga penuaan dini pun bisa dicegah.

Selain itu, vitamin E juga digunakan sebagai pelengkap pengobatan beberapa penyakit kulit seperti jerawat (acne vulgaris) dan psoriasis. Vitamin E dapat diperoleh dari makanan sehari-hari seperti biji bunga matahari, kacang tanah, kacang almon, bayam, taoge, dan labu parang.

Teh Hijau

Sebuah ulasan dari Archives of Dermatology menunjukkan bahwa teh hijau memberikan kebaikan bagi kulit. Tak seperti jenis teh lainnya yang melewati proses fermentasi, daun teh hijau yang dibiarkan segar sebelum dikeringkan membuat teh hijau memiliki khasiat yang efektif sebagai antioksidan.

Salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam teh hijau adalah EGCG. Zat ini bisa berperan sebagai zat antiaging karena mampu mencegah kerutan kulit dengan cara merangsang pergantian sel kulit.

Air Putih

Sekitar 60-75 persen komposisi tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, manfaat air putih bagi kesehatan kulit tak boleh disepelekan. Air putih bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah timbulnya kerutan. Selain itu, air putih juga membantu sel dalam mengambil nutrisi dan menetralkan toksin di dalam tubuh.

Studi telah membuktikan bahwa seseorang yang sering mengalami dehidrasi lebih rentan mengalami penuaan dini. Jadi, pastikan kamu telah mengonsumsi cukup air putih setiap harinya. Agar air putih bisa mendatangkan manfaat yang optimal bagi kesehatan kulit, seorang dewasa dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 1,5-2 liter per hari.