Sukses

10 Manfaat Ampas Kopi untuk Kebutuhan Rumah Tangga, Jangan Dibuang

Jangan langsung buang ampas kopi.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ampas kopi untuk kebutuhan rumah tangga bisa jadi alasan untuk tidak membuangnya. Ampas kopi merupakan bagian dari kopi yang tak dapat dikonsumsi lagi. Orang biasanya membuang ampas yang tertinggal setelah diseduh.

Namun, ternyata ampas kopi masih punya sejumlah manfaat. Bubuk kopi memiliki banyak kegunaan dalam rumah tangga. Ampas kopi bisa digunakan untuk mengusir hama, membersihkan perabot, hingga menetralkan bau.

Jika kamu menyeduh kopi, pertimbangkan untuk menggunakan kembali ampas kopi untuk keperluan-keperluan ini. Berikut manfaat ampas kopi untuk kebutuhan rumah tangga yang dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Senin (26/10/2020)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Ampas Kopi untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Netralkan bau

Ampas kopi dapat membantu menyerap dan menghilangkan bau. Bubuk kopi mengandung nitrogen, yang membantu menghilangkan gas belerang berbau busuk dari udara. Kamu bisa meletakkan semangkuk bubuk kopi di lemari es atau freezer untuk menetralkan bau dari makanan yang busuk atau berbau.

Kamu juga bisa mengisi kaus kaki tua dengan bubuk kopi dan mengikatnya untuk membuat penyegar udara portabel. Tempatkan ini di sepatu, tas olahraga, laci kamar tidur, di bawah kursi mobil atau di tempat lain yang mungkin perlu penghilang bau. Kamu bahkan dapat menggunakan ampas kopi untuk menggosok tangan setelah memotong bawang atau daging yang bisa meninggalkan bau.

Scrub pembersih alami

Bubuk kopi bersifat abrasif dan dapat membantu menghilangkan penumpukan pada permukaan yang sulit dibersihkan. Ampas kopi bahkan dapat membantu membersihkan karena sifat antibakteri dan antivirusnya.

Gunakan untuk membersihkan wastafel, memoles peralatan masak, atau membersihkan pemanggang. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakannya pada bahan berpori apa pun, karena dapat menyebabkan noda cokelat.

3 dari 6 halaman

Manfaat Ampas Kopi untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Bersihkan panci dan wajan

Tekstur bubuk kopi yang kasar menjadikannya bahan ideal untuk menggosok peralatan dapur yang sulit dibersihkan. Kamu dapat menggunakannya pada panci atau wajan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel. Taburkan bubuk kopi langsung ke panci dan wajan, lalu gosok seperti biasa. Pastikan untuk membilas hingga bersih setelahnya.

Pewarna alami pakaian

Dengan membasahi bubuk kopi bekas, kamu dapat membuat pewarna yang murah dan alami yang dapat digunakan untuk mewarnai kapas, rayon, plastik, linen dan kertas. Ini adalah cara mudah untuk memberi tampilan vintage pada kain dan kertas atau menyamarkan noda yang ada pada pakaian dan handuk dengan warna yang sama.

4 dari 6 halaman

Manfaat Ampas Kopi untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Empukkan daging

Kopi mengandung asam dan enzim alami, membuatnya sangat efektif untuk melunakkan daging. Garam, enzim, dan asam adalah tiga jenis pelunak daging alami. Sifat asam kopi juga dapat membantu meningkatkan rasa daging.

Cukup oleskan bubuk kopi ke daging dua jam sebelum dimasak. Kamu juga bisa merendam daging dengan larutan bubuk kopi dan mendiamkannya di lemari es hingga 24 jam sebelum dimasak.

Perbaiki goresan furnitur

Ampas kopi juga bisa digunakan untuk menyamarkan giresan di furnitur kayu. Pertama, buat pasta kental dengan ampas kopi bekas dan air. Kemudian gosok pasta ke goresan menggunakan kapas, biarkan selama 5–10 menit lalu bersihkan dengan kain katun.

Ini akan membantu menghaluskan goresan dan menyamarkannya dengan mewarnai kayu yang terbuka menjadi warna coklat tua. Teruskan mengoleskan kopi ke dalam goresan menggunakan kapas hingga warna yang diinginkan, tunggu beberapa jam di setelah aplikasi.

5 dari 6 halaman

Manfaat Ampas Kopi untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Pupuk untuk tanaman

Bubuk kopi mengandung beberapa mineral utama untuk pertumbuhan tanaman. Mineral ini seperti nitrogen, kalsium, kalium, besi, fosfor, magnesium dan kromium. Sebagian besar tanah tidak mengandung nutrisi penting ini untuk pertumbuhan tanaman yang optimal.

Ampas kopi membantu menyerap logam berat yang dapat mencemari tanah. Kopi juga mampu menarik perhatian cacing yang berguna untuk menggemburkan tanah. Untuk menggunakan ampas kopi sebagai pupuk, cukup taburkan ke tanah di sekitar tanaman.

Tambahan kompos

Ampas kopi juga bisa dijadikan bahan kompos. Menambahkan kompos ke pekarangan atau kebun dapat membantu tanah menahan lebih banyak nutrisi dan air, sehingga meningkatkan kesehatan tanaman. Satu studi menemukan bahwa kompos yang dibuat dengan ampas kopi dan limbah dapur lebih kaya nutrisi daripada kompos yang dibuat dengan limbah biasa.

Untuk membuat kompos, campurkan ampas kopi dengan limbah organik lain seperti potongan rumput, daun, kulit kayu, koran parut, herba, kulit telur, roti basi dan kulit buah dan sayuran.

6 dari 6 halaman

Manfaat Ampas Kopi untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Usir serangga dan hama

Senyawa tertentu yang ditemukan dalam kopi, seperti kafein dan diterpen, bisa sangat beracun bagi serangga. Kamu bisa menggunakan ampas kopi untuk mengusir serangga. Ampas kopi efektif dalam mencegah nyamuk, lalat buah dan kumbang, dan juga dapat membantu mengusir hama lain.

Untuk menggunakan ampas kopi sebagai pembasmi serangga dan hama, cukup taruh mangkuk ampas kopi atau taburkan di sekitar area yang biasanya terdapat banyak serangga. Ampas kopi juga bisa membantu mengusir hama seperti siput di kebun.

Hilangkan kutu dari hewan peliharaan

Kutu adalah masalah umum pada hewan peliharaan. Ampas kopi bisa jadi pengobatan alami untuk hewan peliharaan yang berkutu, Cukup gosokkan bubuk tersebut ke seluruh bulu hewan peliharaan setelah dimandikan. Kemudian bilas dan biarkan bulu mengering seperti biasa.

Penting diperhatikan, bubuk kopi hanya boleh digunakan secara eksternal. Mereka bisa menjadi racun bagi anjing jika dikonsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.