Sukses

8 Cara Memuluskan Kaki Agar Terlihat Lebih Cerah, Perhatikan Perawatan yang Aman

Liputan6.com, Jakarta Cara memuluskan kaki tentunya sangat diinginkan oleh wanita. Kaki yang mulus dan terawat tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Namun, untuk mendapatkan kaki yang mulus bak selebritas tentunya tidak mudah.

Apalagi, terkadang ada masalah kulit kering, bulu kaki, hingga bertumpuknya sel kulit mati yang bisa menurunkan kepercayaan diri. Berbagai masalah ini tentunya membuat kaki terlihat tidak cerah dan tidak mulus lagi. 

Cara memuluskan kaki agar terlihat lebih cerah memerlukan perawatan yang tepat. Memilih produk yang tepat untuk perawatan kaki, konsumsi makanan sehat, hingga menjaga kebersihan dan kesehatan kaki sangat penting agar kaki lebih mulus dan terlihat lebih cerah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/10/2020) tentang cara memuluskan kaki.

2 dari 5 halaman

Cara Memuluskan Kaki

Menghilangkan Bulu Kaki 

Cara memuluskan kaki yang pertama adalah menghilangkan bulu kaki. Agar kaki mulus, kamu disarankan untuk mencukur bulu di area tersebut. Bisa dengan alat pencukur biasa atau dengan waxing. Kamu juga dapat mencoba terapi laser untuk menghilangkan bulu kaki secara permanen. Meski lebih mahal, hasil yang didapat akan lebih memuaskan. 

Apabila kamu menggunakan pisau cukur yang tumpul, kemungkinan besar tidak akan membuat hasil cukur bersih. Pisau cukur yang tumpul juga dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam dan iritasi. Jika kamu sering mencukur, pastikan mengganti kepala pisau cukur setiap 5 kali penggunaan agar tetap bersih dan efisien.

Pakai Pelembap

Cara memuluskan kaki selanjutnya adalah menggunakan pelembap. Menjaga kelembapan sangat penting agar kaki terlihat lebih cerah. Kamu bisa menggunakan moisturizer secara teratur agar kulit tampak lebih sehat, cerah, dan indah. Kamu bisa memilih losion dari bahan alami seperti coconut oil atau shea butter. 

Gunakan pelembap setelah mandi atau setelah mencukur bulu kaki. Air dapat menarik kelembapan alami kulit dan menyebabkannya mudah kering dan iritasi. Begitu pula saat mencukur bulu kaki.

 

3 dari 5 halaman

Cara Memuluskan Kaki

Gunakan Scrub Secara Teratur

Lapisan teratas kulit akan terus mengelupas untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun terkadang, proses ini melambat akibat satu dan lain hal. Oleh karena itu, kamu butuh bantuan scrub agar pengelupasan berjalan lancar.

Tak hanya itu, mengelupasnya sel-sel kulit mati juga dapat membuat kulit lebih mudah menyerap nutrisi dari moisturizer atau serum yang digunakan. Jadi, agar kulit kaki mulus, gunakan body scrub sebanyak 2-3 kali setiap minggunya.

Gunakan Minyak Alami

Minyak yang dioleskan ke seluruh bagian kaki bisa membantu membuat kaki lebih mulus, lembap, kenyal, dan berkilau. Pilihan minyak yang bisa digunakan adalah jojoba oil, minyak kelapa, olive oil, atau minyak lain sejenisnya.

4 dari 5 halaman

Cara Memuluskan Kaki

Pakai Body Shimmer

Cara memuluskan kaki selanjutnya adalah dengan body shimmer. Body shimmer adalah produk yang dapat memberikan kesan mengilap pada area yang disemprot atau dioleskan. Kamu dapat membelinya di toko terdekat atau membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya mudah saja, gunakan eye shadow berwarna emas dan perak, kemudian campur dengan body lotion.

Gunakan Make-up

Make-up tidak hanya untuk wajah, tapi juga bisa dipakai sebagai cara memuluskan kaki. Fungsinya kurang lebih sama, yaitu menyamarkan noda hitam. Untuk ini membuat kaki terlihat lebih cerah, kamu bisa menggunakan alas bedak atau concealer.

5 dari 5 halaman

Cara Memuluskan Kaki

Pakai Tabir Surya 

Menggunakan tabir surya ternyata juga perlu diterapkan pada kaki. Hal ini karena paparan sinar matahari yang terlalu lama dan kuat dapat membuat kulit kaki rusak. Oleskan tabir surya minimal SPF 30 sebelum keluar rumah di area kaki jika kamu akan mengenakan rok, celana pendek, dan gaun. Oleskan kembali setiap dua jam. 

Konsumsi Cukup Air Putih

Cara memuluskan kaki selanjutnya adalah dengan minum air putih. Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit terdiri dari sel, dan sel terdiri dari air. Tanpa air, organ tubuh tidak akan berfungsi secara maksimal.

Kulit yang tidak mendapatkan cukup air akan menjadi kering, kencang, dan bersisik. Kondisi tersebut akan rentan terhadap kerutan. Oleh karena itu, kamu harus mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya.