Sukses

10 Manfaat Tauco, Mampu Mencegah Penuaan Dini

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat Indonesia, tentunya sudah cukup akrab dengan tauco. Bahkan beberapa resep masakan tradisional ada yang menggunakan tauco sebagai bumbu utamanya. Namun, tahukan jika ada berbagai manfaat tauco yang terkandung?

Sebagai salah satu jenis bahan tambahan dalam masakan, mungkin banyak yang tidak menyadari jika ada berbagai manfaat tauco. Bahkan berbagai manfaat tauco tersebut sangat baik dari sisi kesehatan tubuh.

Sebenarnya, manfaat tauco sendiri tidak lain berasal dari bahan dasar yang digunakan, yaitu kedelai. Di dalam kedelai banyak terkandung manfaat yang memang sudah dikenal luas. Maka dari itu, tidak heran jika akhirnya tauco turut mewarisi manfaat dari kacang kedelai.

Untuk membahas lebih lanjut mengenai berbagai manfaat tauco. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber dan dilengkapi dengan resep praktis yang bisa dicoba, Selasa (27/10/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat Tauco

1. Meningkatkan Stamina

Tauco adalah jenis bahan makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Hal ini tidak lain berasal dari bahan pembuat tauco yaitu kedelai. Kandungan protein pada tauco, menjadi salah satu sumber yang mencegah timbulnya penyakit dan juga mampu meningkatkan stamina tubuh.

 

2. Percepat Pemulihan Anemia

Anemia merupakan keadaan di mana tubuh kekurangan zat besi dan menyebabkan kekurangan sel darah merah. Dengan mengonsumsi tauco, maka akan membantu dalam proses pemulihan anemia tersebut. sebab di dalam tauco terdapat kendungan zat besi yang cukup tinggi.

3 dari 7 halaman

Manfaat Tauco

3. Jaga Kesehatan Jantung

Untuk mendapatkan kondisi jantung yang sehat, dibutuhkan sistem peredaran darah yang sehat pula. Dengan mengonsumsi tauco, maka bisa membantu melancarkan peredaran darah. Manfaat tauco ini juga tidak lepas dari manfaat yang dimiliki oleh kedelai. Berbagai kandungan dalam kedelai tersebut yang turut berperan meningkatkan manfaat yang terkandung dalam tauco.

 

4. Menjaga Metabolisme

Kondisi metabolisme yang baik, dapat dipertahankan dengan mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Untuk mendapatkan kalsium, tidak hanya berasal dari konsumsi susu maupun olahannya. Sebab, tauco juga memiliki kandungan kalsium yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh. dengan lancarnya metabolisme tubuh, selain mampu menjaga kesehatan juga bisa membakar lemak dengan lebih efektif.

4 dari 7 halaman

Manfaat Tauco

5. Mencegah Osteoporosis

Osteopoorosis adalah jenis penyakit yang disebabkan kekurangan asupan mineral. Di dalam kacang kedelai, yang menjadi bahan tauco, diketahui memiliki kandungan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika manfaat tauco bagi kesehatan salah satunya dalam menjaga kesehatan tulang dan berdampak pada pencegahan penyakit osteoporosis.

 

6. Baik bagi Penderita Diabetes

Karbohidrat yang terdapat di dalam tauco merupakan karbohidrat baik yang memiliki kandungan gula cukup rendah. Hal ini sangat baik bagi penderita diabetes, terutama dalam menjaga kondisi kadar gula darah dalam tubuh.

5 dari 7 halaman

Manfaat Tauco

7. Mencegah Radikal Bebas

Di dalam kacang kedelai terdapat berbagai kandungan antioksidan yang berguna dalam mencegah radikal bebas. Begitu juga dengan tauco yang berasal dari kedelai. Salah satu bahan yang bisa mencegah radikal bebas yaitu vitamin C. Di dalam tauco cukup tinggi vitamin C yang menjadi sumber antioksidan yang bisa mencegah rusaknya sel-sel di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

 

8. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat tauco yang selanjutnya, berasal dari berbagai vitamin yang dikandungnya. Kandungan vitamin pada tauco sangatlah bermanfaat dalam mencegah penuaan dini. Mulai dari vitamin A, beberapa jenis vitamin B, serta kandungan vitamin C ada di dalam tauco. Kandungan vitamin yang sangat beragam dan dalam jumlah banyak ini, dapat mencegah dari penuaan dini dengan cukp efektif. Salah satu yang paling berpengaruh adalah vitamin B6. Jenis vitamin ini salah satu vitamin yang mampu menjaga kualitas kulit tetap sehat serta awet muda.

6 dari 7 halaman

Manfaat Tauco

9. Mencegah Penyakit Lever

Di dalam tauco terkandung senyawa yang sangat baik baik untuk kesehatan, yaitu kalsium dan kolin. Seluruh zat tersebut mampu membantu melancarkan metabolisme tubuh seperti yang sempat disinggung sebelumnya. Meningkatnya metabolisme ini akan mencegah terjadinya penumpukan lemak pada hati. Mengingat, adanya penumpukan lemak pada hati sangat berbahaya.

 

10. Bantu Proses Pertumbuhan Anak

Manfaat tauco yang terakhir yaitu mampu bantu proses pertumbuhan pada anak. Hal ini tidak lain dari kandungan protein yang ada di dalam tauco. Kandungan protein tersebut sangat dibutuhkan oleh anak-anak saat masa pertumbuhan.

7 dari 7 halaman

Resep Ayam Bumbu Tauco

Selain membahas berbagai manfaat tauco yang bisa didapatkan tubuh, berikut ini merupakan contoh resep masakan dengan bahan tauco yang nikmat dan praktis untuk dipraktikkan.

Bahan dan bumbu:

- 1 ekor ayam kampung, potong

- 2 siung bawang putih, iris halus

- 2 sdm tauco

- 150 ml kecap

- 1 sdm garam

- 1/2 sdt lada putih bubuk

- 1 liter air

- Minyak goreng

 

Cara masak:

a. Tumis bawang putih hingga harum.

b. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna. Tambahkan kecap dan tauco.

c. Masukkan air, garam, lada putih bubuk. Kemudian masak hingga ayam empuk dan air surut.

d. Sajikan hangat dengan nasi putih.