Sukses

8 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil, Pahami Tips Aman Melakukannya

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak manfaat yoga untuk ibu hamil. Yoga memang menjadi salah satu jenis olahraga yang kerap menjadi pilihan untuk ibu hamil. Selain jalan kaki setiap hari, yoga bisa dijadikan pilihan untuk ibu hamil agar badan dan kandungan menjadi tetap sehat.

Manfaat yoga untuk ibu hamil penting untuk ibu yang kini tengah mengandung sang buah hati. Yoga merupakan salah satu olahraga yang paling tepat untuk ibu hamil karena yoga merupakan penggabungan antara olahraga fisik dengan pelatihan pernapasan yang sangat baik untuk kehamilan dan persiapan persalinan. 

Rata-rata, para ibu yang rajin melakukan yoga memiliki tekanan darah lebih rendah dan perkembangan janin lebih sehat. Ini merupakan salah satu manfaat yoga untuk ibu hamil. Selain penting untuk kesehatan ibu, yoga juga penting untuk kesehatan sang bayi.

Saat hamil, ibu memang disarankan lebih aktif berolahraga. Namun ibu perlu memastikan jika merasa kelelahan saat mencobanya atau menjalani yoga, jangan lupa rehat sejenak di sela-sela yoga. Manfaat yoga untuk ibu hamil tentunya akan dirasakan jika memperhatikan hal-hal kecil seperti waktu yang tepat untuk yoga dan istiraha.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat yoga untuk ibu hamil yang penting untuk diketahui oleh ibu yang kini tengah mengandung, Rabu (28/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Ada banyak manfaat yoga untuk ibu hamil. Banyak cara yang dilakukan wanita dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan yang sehat, bisa dengan cara membaca buku tentang kehamilan dan persalinan, mengikuti kelas prenatal, hingga melakukan olahraga yang baik untuk ibu hamil.

Jenis yoga khusus untuk ibu hamil biasanya disebut prenatal yoga. Prenatal yoga adalah salah satu jenis yoga yang secara khusus dirancang untuk ibu hamil. Jenis latihan yang berasal dari India ini memang telah dikenal memiliki dampak positif bagi ibu hamil dan janinnya secara fisik dan mental.

Yoga hamil berfokus pada pengaturan pernapasan, peregangan tubuh, postur tubuh, dan rileksasi tubuh. Hal-hal tersebut cukup penting selama masa kehamilan mengingat perubahan fisiologis yang dialami.

1. Belajar Teknik Pernapasan

Manfaat yoga untuk ibu hamil yang pertama yakni dapat membantu ibu belajar teknik pernapasan lebih baik. Berlatih teknik pernapasan akan memberikan efek baik tak hanya bagi fisik namun juga bagi mental. Pada masa kehamilan, sering kali perubahan hormon yang terjadi tidak hanya mempengaruhi diri secara fisik namun juga membuat emosi atau mood sang ibu naik turun tanpa alasan. 

Dengan yoga, berlatih teknik pernapasan juga akan meningkatkan kualitas napas ibu hamil dan memaksimalkan asupan oksigen yang kamu bagi dengan sang jabang bayi selama kehamilan.

Tak hanya itu saja, dalam proses kelahiran bayi, bernapas yang baik akan dapat membantu mengurangi atau mengontrol rasa sakit selama proses kontraksi. 

2. Mengurangi Sakit Pinggang

Manfaat yoga untuk ibu hamil yang berikutnya yakni yoga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi sakit pinggang. Kehilangan keseimbangan tubuh merupakan masalah yang cukup sering terjadi bagi ibu hamil. Pertumbuhan bayi dalam rahim yang juga sering mengakibatkan sakit pinggang berkepanjangan.

Banyak gerakan prenatal yoga yang akan membantu sirkulasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh, dan membantu merenggangkan otot pinggang. Gerakan yoga dapat membuat badan ibu hamil menjadi lebih rileks karena otot-ototnya sudah direnggangkan.

3. Memudahkan Proses Persalinan

Yoga tentunya dapat memudahkan ibu kdalam proses persalinan. Banyak gerakan dalam yoga yang ditujukan untuk membantu mempersiapkan otot-otot di area pinggul lebih lentur dan fleksibel untuk proses melahirkan. Beberapa postur seperti squat atau jongkok, biasanya dilatih berulang kali untuk membantu membuka area pinggul dan pelvis.

Tak hanya latihan fisik, sering kali juga ada penggabungan persiapan mental, misalkan berlatih cara-cara memadukan napas dengan postur dan mengontrol rasa sakit saat proses kontraksi. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk persiapan melahirkan secara normal.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dapat meningkatkan kualitas tidur merupakan manfaat yoga untuk ibu hamil selanjutnya yang penting untuk diketahui. Masa kehamilan memang membuat para ibu hamil mengalami berbagai gangguan tidur. Gangguan tidur tersebut memang wajar terjadi pada ibu hamil tetapi bukan berarti itu baik.

Ibu hamil yang memiliki kualitas tidur yang baik tentunya akan memiliki kondisi kehamilan yang lebih sehat baik secara fisik maupun kejiwaan. Proses kelahiran pun cenderung lebih lancar dan terhindari dari operasi caesar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

5. Menguatkan Ikatan dengan Bayi

Manfaat yoga untuk ibu hamil selanjutnya yakni dapat menguatkan ikatan dengan jabang bayi. Yoga hamil ini bermanfaat untuk meningkatkan ikatan antara ibu dan si buah hati sejak ia masih di dalam kandungan. Saat berlatih yoga hamil, banyak sekali gerakan yang membuat bayi merasa nyaman, dan sering kali juga instruktur mengajarkan cara-cara berkomunikasi dengan bayi, misal mengusap perut sebelum memulai yoga.

6. Membantu Tubuh Agar Tetap Sehat dan Kuat

Gerakan-gerakan yoga juga dapat membantu ibu hamil agar tubuhnya tetap sehat dan kuat juga tetap aktif. Manfaat yoga untuk hamil satu ini tentunya perlu untuk diketahui. Pasalnya ibu hamil kerap merasa letih dan lesu saat hamil. Saat hamil, tubuh ibu hamil mengalami perubahan yang cukup drastis, baik secara fisik, hormonal maupun emosional. Hormon seperti estrogen, progesteron, prolaktin, relaxin, dan oksitosin meningkat tajam dan mengubah tubuh kamu.

Hal tersebut bisa diatasi dengan berlatih prenatal yoga yang bisa membantu ibu hamil untuk bisa beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan tubuh.

Selama 9 bulan, area tubuh bawah kamu akan membawa beban yang lebih berat karena pertumbuhan bayi. Banyak gerakan yoga yang akan membantu ibu hamil agar tetap sehat dan kuat. Ketika ibu hamil merasa tubuh lebih kuat, ibu hamil tentunya lebih rileks menjalani masa kehamilan.

7. Mengurangi Risiko Terjadinya Komplikasi Kehamilan

Manfaat yoga untuk ibu hamil selanjutnya yakni yoga dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi kehamilan. Beberapa komplikasi kehamilan dapat dialami ibu hamil. Misalnya, preeklamsia, kehamilan anggur, kehamilan ektopik, dan diabetes gestasional. 

prenatal yoga atau yoga hamil dapat membuat suasana hati ibu hamil menjadi lebih baik dan mencegah stres. Stres mampu meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur. Namun, dengan melakukan prenatal yoga, ibu hamil bisa mencegah munculnya stres sehingga terhindar dari kedua risiko tersebut.

8. Menurunkan Tekanan Darah dan Menjaga Berat Badan

Manfaat yoga untuk ibu hamil selanjutnya yakni dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga berat badan ibu hamil. Detak jantung dan tekanan darah usai melakukan prenatal yoga bisa menjadi lebih rendah ketimbang latihan-latihan ringan lainnya, seperti berjalan kaki.

Aktivitas fisik yang dilakukan pada saat prenatal yoga membuat ibu hamil tetap aktif dan membantu menjaga kenaikan berat badan dengan baik sebelum melahirkan. Kenaikan berat badan yang berlebih pada masa kehamilan, terutama menjelang persalinan, tentu bukan hal yang baik karena bisa menyulitkan proses persalinan.

 

4 dari 4 halaman

Tips Aman Melakukan Yoga untuk Ibu Hamil

Walaupun memiliki banyak manfaat, namun yoga untuk ibu hamil juga perlu untuk diperhatikan. Prenatal yoga bisa dilakukan setiap hari jika memungkinkan bagi ibu hamil. Akan tetapi, tidak semua ibu hamil bisa melakukannya. Namun, setidaknya yoga ibu hamil dilakukan 1-2 kali dalam seminggu dengan durasi 20-30 menit setiap kali melakukan yoga.

Ibu hamil juga perlu memprhatikan kemampuannya sebelum melakukan yoga. Sebaiknya ibu jami tidak memaksakan diri, karena yoga merupakan sarana latihan fisik yang bertujuan rileksasi dan bukan malah membebani pelakunya. Lakukanlah yoga di waktu yang aman.

Waktu yang dianggap aman untuk melakukan yoga hamil adalah ketika usia kandungan menginjak trimester 2 (minggu ke-14) jika kondisi kehamilan sehat dan normal. Akan tetapi, waktu ini berbeda jika kehamilan Anda merupakan program bayi tabung. Sebaiknya sebelum melakukan yoga ada baiknya ibu hamil konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Berikut ini adalah beberapa tips aman dalam melakukan prenatal yoga:

1. Berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda guna memastikan kapan sebaiknya Anda bisa melakukan yoga hamil dengan aman

2. Jangan melakukan gerakan yoga yang dilarang untuk ibu hamil

3. Istirahat yang cukup

4. Perbanyak minum air putih

5. Terapkan pola diet yang sehat

6. Lakukan dalam kondisi perut terisi tetapi bukan sesaat sehabis makan

7. Rilekskan pikiran dari semua beban kehidupan sejenak

8. Pastikan kelas yoga yang diikuti adalah prenatal yoga dengan instruktur bersertifikat

9. Jika melakukan yoga hamil di rumah, lakukan gerakan-gerakan yang sudah terbukti aman

10. Lakukan di tempat yang tenang (bila di rumah)

11. Jangan lakukan yoga hamil dengan suhu panas (Hot yoga tidak boleh untuk ibu hamil)

12. Lakukan gerakan secara hati-hati agar postur ibu hamil tidak bergerak pada posisi yang berbahaya

13. Jangan melakukan yoga secara berlebihan

14. Berhenti segera apabila merasakan tanda-tanda ketidaknyamanan