Sukses

14 Cara Menghilangkan Karang Gigi Hitam Secara Alami yang Aman

Cara menghilangkan karang gigi hitam bisa dilakukan dengan beberapa kebiasaan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui dan mempraktikkan cara menghilangkan karang gigi hitam cukup penting dilakukan. Memiliki karang gigi yang sudah berwarna cokelat kehitaman tak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga kesehatan lain seperti bau mulut sampai infeksi.

Cara menghilangkan karang gigi hitam ini bisa dilakukan sendiri di rumah dan tanpa perlu ke dokter. Mulai dari menerapkan kebiasaan sehat seperti membersihkan gigi dengan bebagai macam cara. Lalu mengonsumsi makanan sehat dan menghindari penyebabnya. 

Menghindari penyebab akan sangat menunjang pemulihan selain penerapan cara menghilangkan karang gigi hitam. Meski begitu, karang gigi hitam jenis supragingval ini sebenarnya sudah tergolong parah. Memang bisa dihilangkan, tetapi kemungkinan muncul kembali juga besar.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan karang gigi hitam dari berbagai sumber, Rabu (28/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Hitam

Rajin Gosok Gigi

Rajin menggosok gigi 2 kali sehari juga termasuk cara menghilangkan karang gigi hitam. Tidak hanya 2 kali sehari saja, sangat dianjurkan untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa semua gigi telah tersikat dengan baik.

Agar gigi bersih dari sisa makanan secara sempurna, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride mampu mencegah plak berkembang. Jika perlu pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

Flossing dan Moutwash

Flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Tidak sembarang benang tentu saja. Gunakan benang khusus gigi. Cara menghilangkan karang gigi hitam ini membuat plak yang ada di sela-sela gigi dapat terjangkau dengan baik.

Jenis benang yang digunakan untuk membersihkan sela gigi juga tidak bisa sembarangan. Selalu gunakan benang gigi (dental floss) yang banyak dijual di pasaran. Rutin membersihkan gigi dengan benang akan berguna dalam mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut.

Selain flossing, padukan juga dengan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dan flossing.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Hitam

Hindari Rokok dan Makan Manis

Hindari rokok dan makanan manis sebagai cara menghilangkan karang gigi hitam. Rokok dapat memicu penyakit mematikan, zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok dapat menimbulkan karang gigi yang jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.

Selain itu, bakteri yang di mulut tentu berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut. Terutama setelah mengonsumsi makanan manis dan bertepung. Mengonsumsinya berlebihan bisa memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Ketika bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam.

Pasta Gigi Flouride

Dalam membiasakan gosok gigi, juga harus memperhatikan kandungan zat yang terdapat dalam pasta gigi. Pasta gigi yang baik adalah yang mengandung fluoride.

Kandungan ini dapat memperkuat lapisan enamel gigi serta dapat mengurangi risiko pembusukan akibat makanan dan minuman asam.

Bukan hanya itu, kandungan fluoride juga berguna untuk membantu proses perbaikan gigi yang rusak secara alami. Memperhatikan hal ini, cara menghilangkan karang gigi hitam bisa dilakukan lebih efektif.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Hitam

Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur bisa menjadi alternatif cara menghilangkan karang gigi hitam. Serat dan berbagai kandungan yang terdapat di dalam sayur dapat membersihkan gigi secara efektif.

Bukan hanya itu mengonsumsi buah dan sayur juga mampu mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Manfaat ini bisa didapatkan dari konsumsi buah apel, melon, sayur seledri, dan wortel.

Buah yang mengandung banyak vitamin C juga bisa memberikan manfaat sebagai salah satu cara untuk menghilangkan karang gigi. Buah seperti lemon, strawberry dan jeruk bisa dijadikan bahan sebagai pasta gigi.

Kunyah Daun Sirih

Daun sirih memang sangat dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tidak jarang, kita masih menemui kakek nenek dengan gigi yang masih lengkap juga terlihat bersih dan sehat hanya karena kebiasaannya mengunyah daun sirih.

Cara menghilangkan karang gigi hitam satu ini cukup mudah dilakukan. Tidak rumit, Anda hanya tinggal mengambil selembar daun sirih untuk dikunyah secara langsung. Bisa juga ditambahkan dengan 1 batang cengkeh haluskan sedikit lalu bisa segara dikunyah.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Hitam

Konsumsi Melon

Melon memang kaya mineral, air, dan vitamin. Selain itu, melon juga bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan karang gigi hitam. Hanya dengan memakan dan mengunyahnya saja bisa membantu menghilangkan karang gigi.

Bahkan produksi air liur bisa lebih dimaksimalkan dengan melon. Jika air liur banyak, maka bakteri dalam mulut menjadi mudah mati. Sehingga bau mulut dan kesehatan gigi bisa tetap terjaga dengan baik.

Usapkan Kulit Jeruk

Kulit jeruk bisa dipakai sebagai cara menghilangkan karang gigi hitam. Tak hanya menghilangkan karang gigi, kulit ini bisa sekaligus memutihkannya. Hal ini dikarenakan kulit jeruk mengandung limonene serta vitamin C yang berperan sebagai antibakteri.

Cukup usapkan kulit jeruk segar pada bagian gigi yang berkarang. Diamkan selama 7 jam atau kamu bisa menggunakannya saat malam hari menjelang tidur. Kemudian kumur dengan air hingga bersih pada pagi hari.

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Hitam

Kumur Cuka Putih

Cuka putih cocok digunakan untuk menghilangkan karang gigi hitam. Hal ini disebabkan karena kandungan asamnya cukup tinggi pada cuka putih. Jadi ampuh hilangkan karang gigi secara alami.

Kandungan ini bisa membantu menghilangkan plak dan mencegah kerusakan enamel gigi. Larutkan 1 - 2 sendok teh cuka ke dalam setengah cangkir air ruam-ruam kuku, tambahkan sedikit garam. Gunakan larutan ini untuk berkumur sekali dalam sehari.

Gosokkan Strawberry

Strawberry dan tomat bisa dipadukan sebagai cara menghilangkan karang gigi hitam. Hal ini disebabkan karena keduanya adalah sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan rongga mulut.

Produksi air liur bisa dimaksimalkan dan aktivitas bakteri penyebab sakit gigi dan bau mulut ikut mati. Hal ini bisa membantu memaksimalkan kesehatan gigi agar tetap terjaga dengan baik.

Gosokkan kedua buah ini langsung ke gigi, dan diamkan selama 5 menit. Biarkan kandungan vitamin C-nya memperlunak timbunan karang gigi. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat yang dicampur baking soda.

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Hitam

Pasta Baking Soda

Baking soda juga dikenal cukup ampuh dijadikan cara menghilangkan karang gigi hitam. Sifat basa yang dimiliki baking soda sangat bisa membantu menetralkan pembusukan asam yang terjadi di dalam mulut.

Kombinasikan 1 sendok teh baking soda dengan ½ sendok teh garam. Aduk rata kedua bahan dalam cangkir. Jadikan campuran tersebut sebagai pasta gigi dan oleskan pada sikat gigi. Terapkan satu minggu sekali untuk hasil maksimal.

Konsumsi Apel

Buah apel yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi membandel. Hal ini disebabkan karena kandungan asam alami pada buah apel. Kandungan ini bisa bereaksi pada karang gigi dengan baik.

Cara ini tergolong cukup mudah dan juga mempunyai manfaat ganda. Pasalnya, selain menghilangkan karang gigi, apel juga memberi manfaat vitamin dan mineral bagi tubuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini