Sukses

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Perhatikan Pola Makan

Perut buncit bisa tandakan obesitas.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan perut buncit sangat penting untuk menurunkan berat badan. Perut buncit merupakan salah satu tanda kelebihan berat badan bahkan obesitas. Perut buncit disebabkan oleh menumpuknya lemak di perut.

Selain tak baik bagi kesehatan, perut buncit juga bisa merusak penampilan. Ini membuat banyak orang mencari cara mengecilkan perut buncit. Salah satu cara mengecilkan perut buncit adalah dengan berolahraga secara rutin.

Selain olahraga, ada beberapa cara mengecilkan perut buncit yang bisa dilakukan. Cara mengecilkan perut buncit bisa dilakukan dengan menerapkan pola hiduo sehat dan banyak bergerak.

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga ini bisa efektif jika dilakukan secara rutin. Berikut 15 cara mengecilkan perut buncit yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga

Kurangi asupan gula

Gula bisa berdampak buruk jika dikonsumsi berlebihan. Asupan gula tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan lemak di perut. Untuk mengecilkan perut buncit, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula.

Kurangi karbohidrat

Karbohidrat, khususnya karbohidrat olahan dapat menyebabkan penumpukan lemak. Karbohidrat olahan, rendah nilai gizinya tetapi sangat tinggi kalori. Hindari konsumsi karbohidrat olahan.

Pilih karbohidrat kompleks untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Buah dan sayuran dapat menyediakan karbohidrat kompleks, yang merupakan alternatif sehat dan rendah kalori. Makan lebih sedikit kalori dapat membantu membakar lemak berlebih.

Kurangi stres

Stres bisa membuat perut bertambah buncit. Stres membuat nafsu makan bisa meningkat dan mendorong penyimpanan lemak perut. Menghindari stres menjadi cara mengecilkan perut buncit yang penting. Pelepasan hormon stres kortisol memengaruhi nafsu makan seseorang dan dapat menyebabkan makan lebih banyak.

3 dari 6 halaman

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga

Hindari lemak jenuh

Lemak jenuh dan lemak trans dapat membahayakan, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Mereka juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan terkait erat dengan perkembangan lemak perut. Penting untuk menghindari lemak jenuh untuk mengecilkan perut buncit.

Teh hijau

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalag dengan teh hijau. Teh hijau dikenal manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Teh ini mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) yang bisa meningkatkan metabolisme. EGCG juga termasuk senyawa yang bisa membantu menghilangkan lemak perut.

Konsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan fungsi kekebalan. Probiotik dapat membantu menurunkan berat badan, termasuk menghilangkan lemak perut. Bakteri yang terbukti mengurangi lemak perut termasuk anggota keluarga Lactobacillus.

4 dari 6 halaman

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga

Konsumsi lemak sehat

Lemak sehat kaya akan omega-3 sangat baik untuk kesehatan. Beberapa lemak makanan diperlukan dalam makanan yang sehat. Mengonsumsi lemak sehat dapat membantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan dan mencegah berbagai penyakit kronis. Lemak sehat yang bisa dikonsumsi dalam cara mengecilkan perut buncit adalah alpukat, biji chia, telur, ikan berlemak, dan kacang-kacangan.

Konsumsi protein

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk manajemen berat badan. Konsumsi cukup protein bisa meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. Untuk menghilangkan lemak di perut, konsumsi jenis protein tanpa lemak. Sumber protein tanpa lemak termasuk kacang-kacangan, polong-polongan, dan daging tanpa lemak.

Konsumsi serat larut

Cara mengecilkan perut buncit yang pertama adalah mengonsumsi serat larut. Konsumsi serat larut bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Ini dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Makanan dengan serat larut di antaranya adalah biji-bijian, alpukat, dan aneka sayuran.

5 dari 6 halaman

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga

Istirahat cukup

Cara mengecilkan perut buncit yang tak kalah penting lainnya adalah tidur yang cukup. Tidur penting untuk banyak aspek kesehatan, termasuk berat badan. ORang yang tidak cukup tidur cenderung berisiko mengalami kenaikan berat badan, termasuk meningkatnya lemak perut. Selain tidur minimal 7 jam per malam, pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup berkualitas.

Bangun lebih awal

Jika kamu mendapatkan istirahat yang cukup, kamu akan bisa bangun pagi lebih awal. Meskipun tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan laju metabolisme, tidur berlebihan justru dapat mengacaukan manfaatnya.

Orang yang terlalu banyak tidur bisa berpotensi mengonsumsi lebih banyak kalori sepajang hari. Lebih buruk lagi, mereka makan lebih banyak makanan cepat saji asin, manis, dan sarat lemak trans daripada mereka yang bangun lebih awal.

Banyak bergerak

Banyak bergerak dapat membantu menurunkan berat badan. Bergerak lebih banyak juga dapat memperkuat otot dan meningkatkan mood. Hindari banyak berbaring setiap hari. Pastikan untuk melakukan peregangan secara teratur saat duduk dalam waktu lama. Cobalah untuk berolahraga secara rutin.

6 dari 6 halaman

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga

Melacak asupan makanan

Melacak apa saja yang dikonsumsi dalam sehari bisa membantu memantau asupan kalori. Strategi ini telah terbukti bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa mencoba aplikasi pelacak makanan yang bisa diunduh di ponsel. Alat pelacak makanan ini bisa membantu melihat asupan protein, karbohidrat, serat, dan mikronutrien.

Puasa intermiten

Puasa intermiten banyak dilakukan dalam cara mengecilkan perut buncit. Ini adalah pola makan yang berputar antara periode makan dan periode puasa. Contoh periode puasa intermiten adalah puasa setiap hari selama 16 jam dan makan semua makanan dalam periode 8 jam.

Dalam review studi tentang puasa intermiten dan puasa berselang, orang mengalami penurunan lemak perut sebesar 4–7% dalam 6-24 minggu.

Berhenti merokok

Jika kamu adalah seorang perokok, berhenti merokok dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit. Merokok merupakan faktor risiko peningkatan lemak perut, serta banyak masalah kesehatan serius lainnya. Berhenti secara signifikan dapat mengurangi risiko kelebihan lemak perut, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini