Sukses

10 Makanan Khas Lamongan Jawa Timur yang Paling Enak dan Bikin Ketagihan

Makanan khas Lamongan Jawa Timur wajib kamu cicipi jika sedang berkunjung ke Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Lamongan Jawa Timur mungkin sudah sangat dikenal di pelosok Pulau Jawa. Bagaimana tidak, salah satu kota di Jawa Timur ini memiliki makanan dengan cita rasa khas yang berbeda dengan makanan di daerah-daerah lain.

Bahkan, kamu tidak akan kesulitan menemukan warung makan lamongan di tepi jalan mana pun di Pulau Jawa. Kuliner khas Lamongan ini juga populer dengan Soto Lamongan yang memiliki cita rasa yang berbeda pula dengan soto pada umumnya. 

Makanan khas Lamongan Jawa Timur wajib kamu cicipi jika sedang berkunjung ke Jawa Timur. Tentunya rasa makanan yang berada di tempat asalnya biasanya akan lebih enak, daripada kamu menyantap makanan tersebut di tempat lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (31/10/2020) tentang makanan khas Lamongan Jawa Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Soto Lamongan dan Wingko Babat

Soto Lamongan

Rasa-rasanya tidak ada yang tak mengenal makanan khas Lamongan Jawa Timur yang legendaris satu ini, yaitu Soto Lamongan. Soto Lamongan bisa ditemukan hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Soal rasa, Soto Lamongan tidak perlu diragukan lagi. Kenikmatannya tiada duanya.

Soto Lamongan adalah soto ayam dengan ciri khas kuah kuning dengan campuran koya yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih yang digoreng. Rasanya sangat segar dan lezat dengan citarasa yang gurih dan enak. Bila kamu tidak sempat ke Lamongan, kamu juga sudah bisa menikmati kuliner khas Lamongan satu ini di berbagai tempat di Indonesia. Banyak soto lamongan yang bukan di Lamongan yang memiliki rasa tidak kalah enak dengan di tempat aslinya.

Wingko Babat

Nama Wingko Babat sepertinya sudah sangat dikenal. Bahkan, Wingko Babat sering dijadikan oleh-oleh jika kalian berkunjung ke sejumlah kota di Pulau Jawa. Seperti Yogyakarta atau Semarang. Tapi, tahukah kamu jika Wingko berasal dari Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

Wingko Babat adalah makanan khas Lamongan Jawa Timur berupa jajanan berbahan dasar tepung ketan, gula pasir dan kelapa parut. Salah satu produsen Wingko Babat yang paling terkenal adalah Loe Lan Ing. Usaha Wingko Babat ini mulai dirintis sejak tahun 1900-an. Wingko Babat Loe Lan Ing berada sekitar 1 km di sebelah barat pertigaan Babat. Ini merupakan pertigaan titik temu antara kota Surabaya, Tuban, dan Bojonegoro.

3 dari 6 halaman

Nasi Boranan dan Keripik Sunduk

Nasi Boranan

Nasi Boranan adalah makanan khas Lamongan Jawa Timur yang mudah sekali ditemukan jika kamu berkunjung ke Lamongan. Hampir di setiap sudut kota Lamongan ada penjaja Nasi Boranan. Nama Boranan sendiri berasal dari nama wadah nasi anyaman bambu yang dipakai. Oleh warga, wadah itu dikenal dengan nama Boran.

Nasi Boranan terdiri dari nasi, bumbu, lauk dan rempeyek. Pelengkap lain yang melengkapi nasi boranan adalah empuk (tepung yang digoreng) dan pletuk (kacang dan remah nasi aking). Bumbu dari kuliner khas Lamongan satu ini terdiri dari rempah-rempah yang ditambahkan dengan cabai dan kelapa parut yang dihaluskan. Lauk lain yang ditawarkan di antaranya daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe.

Keripik Sunduk

Keripik Sunduk terbuat dari ikan sunduk. Jenis ikan yang sering ditemui di perairan Lamongan. Ikan sunduk memiliki bentuk mirip ikan tenggiri atau kakap. Keripik Sunduk merupakan olahan seafood andalan di Lamongan.

Keripik Sunduk relatif murah dan dapat ditemukan dengan mudah di toko oleh-oleh atau pasar. Makanan khas Lamongan Jawa Timur ini tahan lama dan cocok dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara.

4 dari 6 halaman

Bandeng Colo dan Marning

Bandeng Colo

Sebagai salah satu sentra penghasil ikan tawar di Jawa Timur, Kabupaten Lamongan memiliki banyak kuliner berbahan dasar ikan bandeng. Salah satunya adalah bandeng colo.

Bandeng Colo merupakan makanan khas Lamongan Jawa Timur berupa olahan masakan paduan bumbu khusus. Olahannya mampu menghilangkan bau tanah dan bau amis bandeng yang selalu melekat. Makanan ini hanya bisa dijumpai di salah satu rumah makan yang berada di Jalan Sunan Giri, Lamongan.

Marning

Lamongan juga terkenal dengan camilan marning atau empeng. Marning terbuat dari jagung yang dikeringkan, kemudian digoreng hingga kering. Marning bisa jadi pilihan oleh-oleh yang awet dan disukai banyak orang.

Marning khas Lamongan punya rasa yang renyah dan gurih. Marning juga sangat mudah ditemukan di Lamongan. Hampir di tiap pusat oleh-oleh, kamu bisa menemukan camilan nikmat satu ini.

5 dari 6 halaman

Asem Bandeng dan Jumbrek

Asem Bandeng

Karena lokasinya dekat dengan laut, Lamongan adalah lokasi yang tepat untuk budidaya bandeng yang hidup di air payau. Tidak mengherankan kalau olahan bandeng menjadi makanan khas Lamongan Jawa Timur. Selain Bandeng colo-colo, ada juga Asem Bandeng.

Meski namanya Asem, tapi kuliner khas Lamongan satu ini tidak memiliki rasa yang asam. Jadi asem bandeng ini aman untuk seseorang yang memiliki lambung yang sensitif. Makanan ini dinamakan Asem Bandeng karena bandeng dimasak dalam kuah bening lalu disajikan dengan nasi panas. Di Jawa, olahan daging dengan kuah rempah bening biasa disebut ‘asem-asem’.

Salah satu kedai Asem Bandeng Lamongan yang wajib kamu coba adalah milik Cak Takim. Lokasinya berada di Dusun Mojomanis, Kecamatan Kembang.

Jumbrek

Jumbrek merupakan jajanan tradisional khas Lamongan. Jajanan ini terbuat dari tepung beras, gula jawa, dan santan. Jambrek berbentuk kerucut yang dibungkus oleh daun siwalan.

Bentuknya yang unik dan rasanya yang gurih manis, menjadikan makanan ini sebagai favorit banyak orang. Jambrek bisa dijadikan oleh-oleh yang otentik dari Lamongan.

6 dari 6 halaman

Gula Merah Siwalan dan mulai dari Rp 20 ribu per kilogramnya. Pecel Lele Lamongan

Gula Merah Siwalan

Lamongan juga terkenal dengan produksi gula merahnya. Gula merah ini dikenal dengan Gula Merah Siwalan. Gula ini terbuat dari sadapan air mayang atau nira. Air sadapan ini dicampur dengan gula pasir dan memiliki warna cokelat cerah yang cantuk.

Gula Merah Siwalan sering jadi pilihan oleh-oleh. Gula ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh Kota Lamongan. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 20 ribu per kilogramnya.

Pecel Lele Lamongan

Salah satu makanan khas Lamongan Jawa Timur yang sudah melegenda tentunya Pecel Lele Lamongan. Makanan ini mungkin sudah menjamur di berbagai kota. Tidak heran kamu bisa menemukan warung makan Lamongan di tepi jalan dengan mudahnya, karena memang banyak yang menggemari sajiannya.

Pecel lele Lamongan ini terbuat dari ikan lele yang digoreng kering, atau pun kamu dapat menggunakan ayam yang digoreng kering juga. Sajian ini dilengkapi dengan sambal yang sedap, yang terbuat dari tomat segar, cabai rawit dan merah, bawang putih dan merah, dan pastinya terasi yang sudah dibakar terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini