Sukses

Laga Panas AC Milan Vs Roma Berakhir Imbang, Kinerja Wasit Jadi Sorotan dan Berujung Skors

Kinerja wasit Piero Giacomelli menjadi sorotan, setelah memberi keputusan kontroversial dalam duel panas AC Milan vs Roma.

Liputan6.com, Jakarta Wasit pemimpin laga AC Milan kontra Roma ramai jadi perbincangan. Nama Piero Giacomelli semakin gencar menjadi sorotan, khususnya saat ia memberi hadiah dua penalti kontroversial pada kedua tim.

AC Milan dan Roma terpaksa menelan hasil imbang dari pertandingan tersebut, dengan skor akhir 3-3. Pelatih Milan, Pioli, menyatakan rasa tidak senangnya selama pertandingan berlangsung. Dirinya juga menolak berkomentar perihal keputusan wasit tersebut. 

Pasca pertandingan tersebut, muncul kabar jika Giacomelli dan kepala VAR Nasca tidak akan memimpin pertandingan di Serie A lagi selama sebulan. Mereka akan mendapatkan skorsing sebelum akhirnya bertugas di kasta kedua Liga Italia Serie B.

Menurut wasit senior Italia, Nicola Rizzoli, ketika menjadi tamu di Sky Italia, sempat menawarkan beberapa pandangan menarik mengenai insiden tersebut, serta penalti yang diberikan pada Rossoneri.

“Hukuman untuk Roma? Dalam hal ini penyerang yang membuat kontak, pemain AC Milan Bennacer mengantisipasi posisi dengan benar. Wasit salah menilai, VAR harus turun tangan,” ujarnya. “Dalam kasus itu, wasit lebih sibuk menangani protes daripada berbicara dengan VAR. Ini memperpanjang waktu analisis," sambung Rizzoli mengomentari laga panas Liga Italia itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peran VAR

Perihal penalti yang diberikan Milan, Rizzoli menambahkan, “itu adalah kontak permainan, dinamika normal. Jika bek tidak memukul penyerang saat dia menendang, hampir tidak ada penalti. Di sini VAR harus turun tangan.”

"Kita tidak boleh lupa bahwa sepak bola adalah olahraga kontak. Apakah itu kompensasi untuk kontak Bennacer-Pedro? Sama sekali tidak, pemikiran seperti itu tidak bisa dipercaya,” tambahnya.

3 dari 5 halaman

Tidak Ada Kontak

Kinerja wasit Giacomelli yang menjadi sorotan saat dirinya memutuskan memberi hadiah penalti kepada AS Roma. Hadiah penalty tersebut diberikan setelah momen duel antara Ismael Bennacer dengan Pedro di kotak terlarang.

Pada tayangan ulang, sebenarnya terlihat jika tidak ada kontak berarti yang terjadi antara Bennacer dengan Pedro. Walau demikian, wasit Giacomelli tetap teguh dengan keputusannya setelah meninjau VAR.

4 dari 5 halaman

Insiden Kedua

Insiden kedua sendiri terjadi saat pemain bertahan Roma, Gianluca Mancini dianggap melanggar Hakan Calhanoglu di kotak terlarang. Namun, sekali lagi di dalam tayangan ulang terlihat, jika tidak ada kontak berarti di antara keduanya.

5 dari 5 halaman

Klasemen Liga Italia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini