Sukses

15 Penyebab Kaki Bengkak dari Ringan Hingga Serius, Pahami Gejalanya

Kaki bengkak bisa disebabkan berbagai alasan.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kaki bengkak bisa dipicu berbagai alasan. Biasanya kaki bengkak bersifat sementara dan tidak perlu dikhawatirkan. Meski begitu, kaki bengkak bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Penyebab kaki bengkak bisa bersifat ringan hingga serius. Mengetahui penyebab kaki bengkak bisa membantu menentukan perawatan yang tepat. 

Beberapa penyebab kaki bengkak seperti cedera ringan, kehamilan, atau efek obat-obatan bisa dengan mudah diobati. Namun, penyebab kaki bengkak lainnya bisa merupakan tanda dari kondisi kesehatan serius yang memerlukan perhatian medis segera.

Jika pembengkakan kaki disertai gejala lain seperti nyeri, demam, sesak napas, atau peradangan, segera lakukan pemeriksaan pada dokter. Pemeriksaan oleh dokter akan membantu mengetahui penyebab kaki bengkak secara pasti. Berikut penyebab kaki bengkak, dirangkum Liputan6.com dari Medical News Today, Selasa(3/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Penyebab kaki bengkak

Edema

Edema adalah istilah medis untuk pembengkakan yang terjadi saat cairan terperangkap di jaringan tubuh. Edema biasa muncul di tungkai dan kaki tetapi juga dapat terjadi di bagian tubuh lain, seperti wajah atau perut.

Tanda penyebab kaki bengkak edema adalah kulit mengkilap dan meregang di atas area yang terkena, kulit tetap berlesung setelah ditekan,ketidaknyamanan dan berkurangnya mobilitas.

Edema bisa hilang dengan sendirinya, atau mungkin ada penyebab mendasar yang memerlukan perawatan medis. Pengobatan rumahan termasuk memakai stoking penyangga, mengurangi asupan garam, dan berbaring sambil mengangkat kaki.

Cedera

Cedera kaki seperti patah tulang, tegang, dan keseleo bisa menjadi penyebab kaki bengkak. Pembengkakan terjadi akibat darah mengalir deras ke area yang cedera.

Untuk mengobati cedera kaki atau pergelangan kaki, seseorang harus mengangkat kaki jika memungkinkan dan mencoba untuk tidak menahan beban pada kaki yang cedera. Menggunakan kompres es atau perban kompresi dapat membantu mengurangi pembengkakan, dan pereda nyeri yang dijual bebas dapat membantu meringankan ketidaknyamanan.

3 dari 8 halaman

Penyebab kaki bengkak

Kehamilan

Gejala umum dari akhir kehamilan adalah pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan ini terjadi karena retensi cairan dan peningkatan tekanan pada vena. Penyebab kaki bengkak lebih rentan terjadi di malam hari dan terutama setelah berdiri sepanjang hari. Kaki bengkak bisa sangat terlihat dari bulan kelima hingga akhir kehamilan.

Untuk mengobati kaki bengkak selama kehamilan, wanita dapat mengangkat kaki jika memungkinkan, memakai alas kaki yang nyaman dan mendukung, dan menghindari berdiri dalam waktu lama. Menghindari panas, garam, dan meningkatkan asupan air dapat membantu mengurangi retensi cairan yang mencegah penyebab kaki bengkak.

Komplikasi kehamilan

Meski merupakan kondisi normal, kaki yang bengkak tiba-tiba dan berlebihan bisa menjadi tanda preeklamsia. Pembengkakan ini juga bisa terjadi di wajah atau tangan. ni adalah kondisi parah yang biasanya terjadi pada paruh kedua kehamilan dan dapat berkembang menjadi eklamsia.

Tanda-tanda preeklamsia meliputi pembengkakan parah, sakit kepala, pusing, mual dan muntah, perubahan penglihatan, dan jarang buang air kecil. Jika seorang wanita hamil mengalami salah satu dari gejala-gejala ini, ia harus segera berkonsultasi dengan dokter atau bidan.

4 dari 8 halaman

Penyebab kaki bengkak

Konsumsi obat tertentu

Minum obat tertentu dapat menjadi penyebab kaki bengkak, terutama jika obat menyebabkan retensi air. Pengobatan yang dapat menyebabkan kaki membengkak meliputi pengobatan hormon seperti estrogen dan testosteron, penghambat saluran kalsium yang membantu mengontrol tekanan darah, steroid, androgenik dan anabolik, dan kortikosteroid, antidepresan, obat anti inflamasi nonsteroid, dan obat diabetes.

Konsumsi alkohol

Alkohol dapat menyebabkan tubuh menahan kelebihan air sehingga menjadi penyebab kaki bengkak. Biasanya bengkak akan hilang dalam beberapa hari. Jika pembengkakan tidak mereda segera, hal itu bisa menjadi tanda adanya gangguan yang lebih serius.

Pembengkakan berulang pada kaki setelah minum alkohol mungkin merupakan tanda masalah mendasar pada jantung, hati, atau ginjal.

5 dari 8 halaman

Penyebab kaki bengkak

Cuaca panas

Saat cuaca panas, kaki bisa membengkak karena pembuluh darah mengembang untuk mendinginkan tubuh. Proses ini dapat menyebabkan cairan bocor ke jaringan sekitarnya. Cairan juga bisa terkumpul di pergelangan kaki dan kaki.

Minum banyak air dan memakai sepatu yang pas dan nyaman yang memungkinkan ventilasi dapat membantu mencegah kaki bengkak dalam cuaca hangat.

Gaya hidup

Beberapa faktor gaya hidup juga bisa menjadi penyebab kaki bengkak. Faktor-faktor tersebut antara lain memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak, kelebihan berat badan, dan memakai sepatu yang tidak pas. Berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko kaki bengkak.

Infeksi

Infeksi dapat menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. POrang dengan neuropati diabetes atau kondisi saraf kaki lainnya lebih rentan terhadap infeksi kaki. Jadi orang dengan diabetes harus tetap waspada terhadap setiap perubahan pada bagian tubuh ini, seperti munculnya lecet dan luka.

Infeksi juga bisa disebabkan oleh luka seperti lecet, luka bakar, dan gigitan serangga. Infeksi juga bisa disertai nyeri, kemerahan, dan iritasi. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi.

6 dari 8 halaman

Penyebab kaki bengkak

Pembekuan darah

Penggumpalan darah terjadi ketika darah gagal mengalir ke seluruh tubuh dengan benar, menyebabkan trombosit saling menempel. Jika gumpalan darah berkembang di pembuluh darah tungkai, ini dapat mencegah darah kembali ke jantung. Hal ini bisa menjadi penyebab kaki dan pergelangan membengkak.

Kondisi yang terkait dengan ini adalah trombosis vena dalam. Ini adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah utama kaki. Gejala trombosis vena dalam adalah bengkak di satu kaki, rasa sakit atau ketidaknyamanan di kaki, demam ringan, dan perubahan warna di kaki. Jika mengenali tanda ini, segeralah mencari perhatian medis.

Insufisiensi vena

Insufisiensi vena terjadi ketika darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan baik. Ini karena katup rusak yang menyebabkan darah bocor ke pembuluh dan retensi cairan di kaki bagian bawah, terutama di sekitar kaki dan pergelangan kaki.

Tanda-tanda insufisiensi vena meliputi kaki sakit, perubahan kulit seperti pengelupasan, varises, bisul, dan infeksi. Seseorang yang mengalami tanda-tanda insufisiensi vena harus membuat janji dengan dokternya sesegera mungkin.

7 dari 8 halaman

Penyebab kaki bengkak

Lymphedema

Lymphedema terjadi ketika cairan limfatik berkumpul di jaringan akibat masalah dengan pembuluh getah bening. Jika pembuluh getah bening rusak atau tidak ada, cairan limfatik dapat menumpuk dan menyebabkan infeksi, penyembuhan luka yang lambat, dan bahkan kelainan bentuk. Ini dapat menjadi penyebab kaki bengkak.

Selain pembengkakan pada kaki, tanda-tanda limfedema meliputi infeksi berulang, gangguan gerak, nyeri, sesak, dan penebalan kulit.

Penyakit ginjal

Orang dengan ginjal yang tidak berfungsi dengan baik punyak kemungkinan tidak dapat mengeluarkan cairan yang dapat menumpuk di dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan pembengkakan kaki. Penyakit ginjal mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun sampai parah. Tanda adanya penyakit ginjal adalah lebih jarang buang air kecil, sesak napas, mengantuk atau kelelahan, nyeri atau tekanan di dada, kejang, mual, hingga koma.

8 dari 8 halaman

Penyebab kaki bengkak

Penyakit hati

Penyakit hati dapat menghambat produksi albumin. Albumin adalah protein yang membantu menghentikan kebocoran darah dari pembuluh darah. Kekurangan albumin berarti darah bisa bocor, menyebabkan cairan menggenang di tungkai dan kaki, yang bisa menyebabkan pembengkakan.

Gejala penyakit hati meliputi kulit dan mata menguning, urin gelap, mudah memark, kehilangan selera makan, kulit gatal, kekurangan energi, tinja pucat, berdarah, atau berwarna tar.

Gagal jantung

Pembengkakan pada kaki bisa jadi merupakan tanda penyakit jantung atau gagal jantung. Jika jantung rusak, tubuh tidak dapat memompa darah ke jantung secara efisien. Gagal jantung sisi kanan dapat menyebabkan tubuh menahan garam dan air, mengakibatkan kaki bengkak.

Selain pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan kaki, gejala gagal jantung meliputi sesak napas, detak jantung cepat, kelemahan, kelelahan, batuk atau mengi, perut bengkak, dahak putih atau merah, retensi cairan, mual atau muntah, dan sulit berkonsentrasi. Jika seseorang mengalami salah satu gejala di atas, mereka harus segera mencari pertolongan medis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini