Sukses

6 Kebiasaan Baik yang Dapat Bantu Hilangkan Bekas Jerawat, Bisa Diterapkan

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat menarik untuk kamu coba. Pasalnya, perawatan untuk hilangkan bekas jerawat tidak hanya dari luar, namun juga dari dalam dan kebiasaan-kebiasaan sehat yang sering diterapkan. Walaupun butuh proses, namun kebiasaan baik yang diterapkan perlahan mampu hilangkan bekas jerawat.

Jerawat memang menjadi permasalahan wajah yang hampir dialami oleh setiap orang, khususnya wanita. Ragam bentuk perawatan dilakukan untuk menghilangkan jerawat ataupun bekas jerawat. Jerawat ataupun bekas jerawat ini bisa diatasi dengan kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat.

Saat muncul jerawat ataupun bekasnya yang masih betah di wajah, membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dengan kondisi wajahnya. Gaya hidup dan kebiasaan sehat yang diterapkan sehari-hari memiliki pengaruh terhadap kebesihan wajah. Oleh sebab itu tak ada salahnya jika kamu mencoba terapkan kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat.

Kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat ini cukup mudah untuk diterapkan. Kamu hanya perlu menerapkan kebiasaan baik ini dengan rutin.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat, Rabu (4/11/2020).

2 dari 5 halaman

Kebiasaan Baik yang Dapat Bantu Hilangkan Bekas Jerawat

Selain perawatan dari luar dan dari dalam, menerapkan kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat juga sangat penting. Selain mudah diterapkan kebiasaan baik ini juga tidak menimbulkan efek samping, sebaliknya sangat bermanfaat buat diri kamu selain hilangkan bekas jerawat.

1. Mencuci Wajah Secara Rutin

Kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat yang pertama yakni adalah mencuci wajah secara rutin. Kebiasaan satu ini sangat mudah diterapkan, namun masih banyak orang yang terkadang malas mencuci wajah. Rutinitas ini dapat membantu kamu menjaga kebersihan wajah.

Dengan cuci muka secara rutin, kamu dapat mengangkat kulit mati. Selain itu, kamu juga terhindar dari perkembangan bakteri yang menyebabkan infeksi pada bekas jerawat. Dengan begitu, bekas jerawat kamu tidak semakin memburuk dan akan lebih mudah hilang.

2. Tidak Menyentuh Wajah

Kebiasan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat berikutnya yakni tidak menyentuh wajah dengan tangan. Kebiasaan menyentuh wajah memang kerap dilakukan seseorang ketika jerawat sudah muncul. Sisa-sisa bekas jerawat juga kadang dipegang dan mengopeknya dengan tangan. Padahal, kamu tidak bisa menjamin kalau tangan kamu saat itu sedang dalam kondisi bersih.

Tidak menyentuh wajah dengan tangan dapat meminimalkan terjadi peradangan kembali pada bekas jerawat dan mencegahnya terhadap infeksi. Dengan begitu, bekas jerawat yang sudah ada tidak akan memburuk dan dapat berangsur membaik.

3. Cukupi Asupan Air

Mencukupi asupan air merupakan kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat selanjutnya yang bisa coba kamu terapkan. Mencukupi asupan air merupakan salah satu bentuk perawatan dari dalam untuk kesehatan tubuh ataupun kesehatan wajah kamu.

Kebiasaan ini mungkin tidak dapat menghilangkan bekas jerawat secara langsung. Namun, kebiasaan baik ini sangat berperan untuk kesehatan kulit kamu.

Bekas jerawat yang tertinggal pada wajah terkadang menimbulkan peradangan. Kulit yang kering atau tidak terhidrasi lebih rentan mengalami inflamasi. Itu sebabnya, pastikan kamu minum 8 gelas air setiap hari agar kulit tetap terjaga kelembapannya. 

3 dari 5 halaman

Kebiasaan Baik yang Dapat Bantu Hilangkan Bekas Jerawat

4. Rutin Makan Buah dan Sayur

Selain cukupi asupan air, kamu juga perlu untuk mencukupi asupan dari buah dan sayur dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur. Sayur dan buah, seperti alpukat, brokoli, lemon, dan tomat, diketahui sebagai salah satu tips alami penyembuhan bekas jerawat.

Vitamin C yang terkandung dalam alpukat dan brokoli mengandung antioksidan penting yang mampu memproteksi kulit dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga mencegah kulit kering dan kasar pada bekas jerawat.

5. Olahraga Rutin

Kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat berikutnya yakni olahraga secara rutin. Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka sirkulasi darah dan suplai oksigen ke kulit dapat berjalan lebih lancar. Olahraga juga dapat mengontrol keseimbangan hormon tubuh, sehingga munculnya jerawat bisa diminimalkan. 

6. Gunakan Gel Penghilang Bekas Jerawat

Kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat selanjutnya yakin rutin menggunakan gel penghilang bekas jerawat. Kebiasaan satu ini merupakan jenis perawatan dari luar yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat kamu.

Kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat satu ini merupakan cara paling ampuh untuk hilangkan bekas jerawat. Umumnya, bekas jerawat menimbulkan hiperpigmentasi dan meninggalkan warna yang lebih gelap setelah jerawat sembuh.

Hiperpigmentasi pada bekas jerawat bisa menyebabkan perubahan warna kulit dan membuat kulit wajah jadi tidak rata. Dalam beberapa kondisi, bila teriritasi, bekas jerawat ini bisa mengalami peradangan.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu bisa menggunakan gel penghilang bekas jerawat yang mengandung niacinamide, Allium cepa dan MPS (Mucopolysaccharide), serta Pionin (Quaternium-73). Ketiganya memiliki kemampuan untuk menyamarkan noda hitam dan tekstur kulit yang tidak rata akibat bekas jerawat. Gel yang memiliki tiga kandungan ini juga punya kemampuan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

Pastikan kamu mengoleskan gel penghilang bekas jerawat ini dengan rutin 2-3 kali sehari. gel tersebut dapat mempercepat pudarnya bekas jerawat. Pastikan kondisi tangan kamu bersih sebelum mengoleskan gel penghilang bekas jerawat ini di wajah kamu.

4 dari 5 halaman

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat

Selain menerapkan kebiasaan baik yang dapat bantu hilangkan bekas jerawat, kamu juga perlu menyadari dan memahami kebiasaan buruk penyebab jerawat yang jarang disadari.

1. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Rutin mencuci wajah memang dapat membantu hilangkan bekas jerawat, namun mencuci wajah terlalu sering juga tidak baik untuk kondisi wajah kamu. Oleh sebab itu kamu harus memahami waktu-waktu yang tepat kapan sebaiknya mencuci wajah yang benar.

Mencuci muka terlalu sering tidak baik, karena dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul. Sebagai gantinya, cuci muka di pagi hari saat bangun dan malam sebelum tidur.

2. Terlalu Keras Menggosok Kulit

Menggosok kulit kamu dengan waslap atau exfoliant yang keras akan menyebabkan iritasi. Hal ini dapat memperburuk kulit dan merangsang pertumbuhan jerawat baru. Untuk mencegah jerawat, cucilah hanya dengan air hangat dan pembersih yang lembut.

3. Tidak Membersihkan Kulit yang Berkeringat

Setelah berolahraga atau berada di bawah terik matahari, kulit kamu mungkin akan cukup banyak berkeringat. Jangan biarkan keringat sampai mengering di kulit. Sebagai gantinya, segera mandi atau cuci kulit kamu segera setelah berkeringat.

4. Cara Mencuci Muka Kurang Tepat

Pastikan kamu selalu mencuci tangan sampai bersih sebelum cuci muka. Bagi kamu yang memiliki rambut panjang atau berponi, ada baiknya mengikat rambut terlebih dahulu sebelum cuci muka. Setelah itu, barulah ke tahap mencuci muka. Gunakan sabun pembersih sesuai dengan jenis kulit kamu.

5 dari 5 halaman

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat

5. Menyentuh Jerawat

Menyentuh wajah dengan tangan kotor merupakan kebiasaan buruk penyebab jerawat yang sangat dilarang. Ini adalah penyebab jerawat yang paling sering dilakukan banyak orang. Bakteri dan berbagai kotoran yang menempel di tangan kamu dapat menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori. Hal inilah yang membuat kulit kamu jadi rentan berjerawat.

Untuk menghindarinya, kurangi kebiasaan menyentuh wajah atau gunakan tisu bersih saat menyentuh jerawat. 

6. Mengupas Kulit dan Memencet Jerawat

Sebisa mungkin hindari kebiasaan ini. Kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan peningkatan radang karena meremas nanah di dalam kulit. Tindakan ini bahkan bisa meninggalkan bekas luka.

7. Menggunakan Ponsel yang Kotor

Kebiasaan buruk penyebab jerawat lainnya adalah menggunakan ponsel yang kotor. Ponsel yang baru selesai dipakai menelepon akan terkena minyak dan keringat. Apalagi jika tekanan pada pipi kemudian memicu jerawat pecah.

8. Terlalu Cepat Menyerah dengan Obat Jerawat

Proses penyembuhan jerawat membutuhkan waktu beberapa minggu. Jerawat tidak dapat segera menghilang hanya dalam satu hari. Jika obat bebas untuk jerawat tidak dapat mengatasi masalah kulit berjerawat dalam waktu 2-4 minggu, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.