Sukses

8 Tips Menggunakan Toilet Umum dengan Aman, Perhatikan Kebersihan

Tips menggunakan toilet umum dengan aman harus diterapkan setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta Tips menggunakan toilet umum dengan aman perlu diketahui setiap orang. Pasalnya, hal ini dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah kecehatan. Memperhatikan kebersihan saat menggunakan toilet umum menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan.

Hal ini disebabkan karena toilet umum digunakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, kamu tidak akan pernah tahu berapa banyak kuman dan bakteri yang telah berkembang di dalamnya. Bakteri streptocococcus, staphylococcus, hepatitis A, hingga bakteri lainnya bisa muncul dari penggunaan toilet kotor.

Oleh karena itu, tips menggunakan toilet umum dengan aman harus diterapkan setiap orang. Menerapkan berbagai tips ini dapat menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit akibat penggunaan toilet umum yang kotor.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/11/2020) tentang tips menggunakan toilet umum dengan aman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Menggunakan Toilet Umum dengan Aman

Cari Toilet yang Paling Bersih

Tips menggunakan toilet umum dengan aman yang pertama tentunya mencari bilik yang paling bersih. Kamu harus melihat terlebih dahulu toilet atau bilik mana yang paling bersih, jangan asal langsung masuk dan terburu-buru.

Biasanya, kebanyakan orang memilih bilik yang paling jauh dari pintu masuk toilet. Jadi kamu bisa menggunakan bilik pertama sebagai pilihan terbaik.

Jangan Keluarkan Barang Bawaan saat di Toilet

Jangan keluarkan barang bawaan kamu saat sedang menggunakan toilet umum, atau bahkan meletakkannya di lantai. Hal ini karena kuman dan kotoran dari sepatu akan berpindah ke barang tersebut dan akhirnya bisa berpindah ke tangan. 

Gantunglah tas di gantungan yang tersedia bila ada. Apabila tidak ada, tetaplah sebisa mungkin memegang barang bawaan kamu. Bila memungkinkan, titiplah pada keluarga atau teman sebelum pergi ke toilet umum.

3 dari 5 halaman

Tips Menggunakan Toilet Umum dengan Aman

Gunakan Tisu saat Menekan Tombol Siram

Pada tombol penyiraman toilet duduk terdapat banyak sekali bakteri. Hal ini karena sudah banyak tangan-tangan yang memegangnya. Oleh karena itu, lebih baik bungkus jari kamu dengan tisu toilet, baru kemudian tekan tombol penyiram. Jangan lupa buang tisu di tempat sampah yang sudah tersedia.

Cuci Tangan dengan Air Hangat

Mencuci tangan dengan air hangat merupakan salah satu tips menggunakan toilet umum dengan aman. Hal ini karena mencuci tangan dengan air hangat dapat membunuh kuman dan bakteri. Bilas tangan menggunakan air hangat selama 20 detik agar benar-benar bersih.

4 dari 5 halaman

Tips Menggunakan Toilet Umum dengan Aman

Keringkan Tangan dengan Tisu Kering

Jangan keringkan tangan dengan pengering tangan udara panas. Hal ini disebabkan karena kuman bertahan pada lingkungan udara yang lembap dan panas. Lebih baik gunakan tisu kering atau handuk kertas yang banyak disediakan di toilet. Berhati-hatilah dan pastikan kamu menggunakan tisu baru untuk tangan yang sudah bersih.

Gunakan Tisu saat Menyentuh Pegangan Pintu

Tips menggunakan toilet umum dengan aman berikutnya adalah menggunakan tisu saat menyentuh pegangan pintu. Hal ini mungkin terdengar berlebihan, tapi untuk menjaga kesehatan kamu tentunya harus mengusahakan yang terbaik.

Apalagi, pegangan pintu toilet juga dapat menjadi sarang bakteri. Sebelum meninggalkan toilet, balut tangan dengan tisu toilet atau kertas handuk. Buka pegangan pintu tersebut kemudian langsung buang tisu tersebut ke dalam tempat sampah.

5 dari 5 halaman

Tips Menggunakan Toilet Umum dengan Aman

Gunakan Hand Sanitizer

Selalu bawa hand sanitizer ke mana pun kamu pergi. Hand sanitizer sangat berguna untuk digunakan setelah dari toilet, sebelum makan, dan setelah menggunakan fasilitas publik.

Selalu Bawa Tisu Basah Sendiri

Tips menggunakan toilet umum dengan aman selanjutnya adalah selalu siap untuk membawa tisu toilet atau tisu basah sendiri di tas. Ini menjadi antisipasi jika toilet yang kamugunakan tidak menyediakan atau kehabisan tisu toilet. Tisu yang kamu bawa pasti lebih higienis dibandingkan yang tersedia di toilet umum.

Itulah beberapa tips menggunakan toilet umum dengan aman yang harus kamu terapkan. Selalu perhatikan kebersihan fasilitas publik sebelum kamu menggunakannya. Hal ini sangat penting dalam usaha untuk menjaga kesehatan dari berbagai penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.