Sukses

Tujuan Wawasan Nusantara dan Fungsinya Sebagai Geopolitik Indonesia, Wajib Tahu

Ulasan mengenai tujuan wawasan nusantara serta fungsinya sebagai geopolitik Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bentuk rasa cinta dan bakti terhadap negara Indonesia, sudah semestinya seorang warga negara dapat memahami negaranya sendiri dari berbagai aspek. Agar dapat memahami Tanah Air dengan lebih baik, maka Anda bisa mempelajari tujuan wawasan nusantara.

Dengan mempelajari tujuan wawasan nusantara, bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam hati setiap warga Indonesia. Selain itu, dalam tujuan wawasan nusantara juga dapat menumbuhkan pula jiwa patriotisme.

Wawasan nusantara terdiri dari kata wawawsan dan nusantara. Sedangkan wawasan sendiri merupakan kata yang berasal dari Bahasa Jawa yakni wawas yang berarti pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi. Sedangkan Nusantara mengacu pada Indonesia. 

Maka pengertian dari wawasan nusantara yaki merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang meliputi darat, laut dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan.

Dalam wawasan nusantara terdapat tujuan dan fungsi tertentu. Bagi seorang warga Indonesia, sangat penting untuk memahami apa saja fungsi serta tujuan wawasan nusantara. Berikut ini penjelasan mengenai fungsi dan tujuan wawasan nusantara bagi Indonesia secara umum, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (4/10/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Wawasan Nusantara

Pengertian dari wawasan nusantara sebenarnya terdapat berbagai versi. Salah satunya yakni pengertian wawasan nusantara menurut Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1998, yang menyebutkan jika wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kemudian, ada pula pengertian wawasan nusantara versi W. Usman yang mendefinisikan pengertian wawasan nusantara sebagai cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

Selain itu, pengertian wawasan nusantara juga disebutkan dalam dokumen ketetapan MPR tahun 1999 yang menyebutkan bahwa wawasan nusantara memiliki pengertian sebagai berikut: 

"Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional."

Dalam berbagai versi mengenai pengertian wawasan nusantara di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa wawasan nusantara yakni merupakan cara pandang tentang Indonesia yang beragam dengan orientasi mempertahankan kesatuan untuk tujuan nasional.

 

 

3 dari 5 halaman

Tujuan Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Tujuan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia secara umum dapat Anda temukan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam UUD 1945, tertulis bahwa tujuan kemerdekaan adalah 'Untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.'

Demikian pula dengan tujuan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia yang kemudian di bagi menjadi dua macam, yakni:

Sebagai Geopolitik Indonesia Keluar

Tujuan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia ke luar yakni menjamin kepentingan nasional dalam menghadapi era globalisasi yang semakin mendunia. Selain itu, bangsa Indonesia juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan kerjasama untuk saling menghormati.

Dalam hal ini artinya bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk terus mengamankan serta menjaga kepentingan nasional lainnya yang berhubungan dengan kehidupan internasional dan dalam semua aspek kehidupan. Aspek tersebut meliputi politik, ekonomi, sosial budaya maupun keamanan dan pertahanan. Hal ini demi tercapainya tujuan nasional sesuai tertera dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Sebagai Geopolitik Indonesia ke Dalam

Sedangkan maksud tujuan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia ke dalam yakni sebagai penjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional. Aspek ini meliputi aspek ilmiah maupun aspek sosial. 

Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk terus meningkatkan kepekaan dan berusaha untuk mencegah serta mengatasi sedini mungkin faktor-faktor penyebab timbulnya disintegrasi bangsa. Bangsa Indonesia juga harus terus menerus mengupayakan terjaganya persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan.

4 dari 5 halaman

Fungsi dan Manfaat Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Fungsi Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Fungsi wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia secara umum yakni memiliki peran sebagai motivasi, pedoman, dorongan, serta rambu-rambu guna memastikan semua aturan, kebijaksanaan, ketentuan, tindakan, dan perbuatan guna penyelenggaraan negara di pusat maupun daerah yang melingkupi seluruh rakyat Indonesia.

Kemudian, wawasan nusantara pun berfungsi untuk membentuk, membina persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Wawasan nusantara juga merupakan ajaran dasar nasional yang melandasi kebijakan dan langkah pembangunan Indonesia.

Manfaat Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Dengan menerapkan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia memiliki manfaat sebagai berikut ini:

a. Diterima serta diakuinya konsepsi nusantara diforum internasional.

b. Menjadi salah satu sarana integrasi nasional bangsa Indonesia. 

c. Pertambahan luas wilayah teritorial Indonesia.

d. Penerapan wawasan nusantara melahirkan cara pandang tentang keutuhan wilayah nusantara yang perlu dipertahankan oleh bangsa Indonesia. 

e. Pertambahan luas wilayah sebagai ruang hidup memberikan potensi sumber daya yang besar bagi peningkatan kesejahteraan rakyat di Indonesia.

 

 

 

 

5 dari 5 halaman

Dasar Pemikiran Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Agar lebih mudah memahami mengenai wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia maka Anda bisa memahami dasar pemikirannya terlebih dahulu. Apabila seseorang akan memenangkan suatu perlombaan, maka orang tersebut harus paham dengan medan dan mengetahui strategi terbaik yang harus dilakukan. Sama halnya dengan negara.

Sebuah negara membutuhkan strategi geopolitik guna menentukan kemana arah pembinaan politik nasional akan dijalankan. Hal ini didasarkan kondisi dan situasi geografis dalam mencapai tujuan negara tersebut. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki geopolitik sendiri yang bernama wawasan nusantara.

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya. Bangsa Indonesia sendiri memandang wawasan nusantara sebagai visi dan perwujudan kebhinekaan di Indonesia. 

Hakikat dari wawasan nusantara yakni menyatukan perbedaan yang ada dari batasan wilayah yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga dapat mewujudkan bangsa Indonesia yang bersatu dan utuh untuk mencapai tujuan nasional.

Wawasan nusantara Indonesia dibentuk serta dijiwai oleh pemahaman kekuasaan bangsa Indonesia yang berdasar falsafah Pancasila. Termasuk pandangan geopolitik yang berdasarkan pemikiran kewilayahan kehidupan bangsa Indonesia. Hal tersebut lantaran dasar pemikiran wawasan nusantara terdiri atas filsafat, kewilayahan, sosial budaya, dan kesejarahan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini